UNTUK INDONESIA
Nenek 74 Tahun di Simalungun Sembuh dari Covid-19
Nenek usia 74 tahun di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, dinyatakan sembuh dari Covid-19.
Bupati Simalungun JR Saragih dalam keterangannya kepada wartawan, Senin, 4 Mei 2020. (Tagar/Jonatan Nainggolan)

Simalungun - N boru Sinambela, warga Kelurahan Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, dinyatakan sembuh dari Covid-19. Dia menjalani perawatan selama sebulan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Perdagangan.

Tampak di rumah sakit, ia dijemput pihak keluarga. Tidak terlalu banyak kata terlontar dari perempuan usia 74 tahun itu.

Selain mengucap syukur atas kesembuhannya, dia tak lupa menyampaikan terima kasih kepada tim medis yang telah merawatnya melalui obat-obatan, menenangkan pikiran, hingga sampai diperbolehkan pulang ke rumah.

"Terima kasih dokter, perawat, bapak bupati. Sehat-sehat kita semua," katanya, saat ditemui di kediamannya, Senin, 4 Mei 2020.

Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan, bertambahnya pasien sembuh merupakan suatu kemajuan luar biasa. Sebelumnya juga beberapa pasien sudah dinyatakan sembuh dari hasil kerja keras tim medis.

"Pasien yang sembuh, sudah kita swab empat kali, hasilnya negatif. Hari ini kita dampingi dan pulangkan kepada keluarga," kata Saragih yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun.

Kita senang akhirnya pasien Covid-19 bisa sembuh

Saragih menyampaikan, meski sudah dinyatakan sembuh pasien tetap harus menjaga protokol kesehatan.

"Pasien sudah bisa seperti biasa melakukan aktivitasnya dengan catatan tetap menjaga jarak, rajin mencuci tangan, hindari keramaian, dan jika ke luar rumah tetap menggunakan masker," ujar bupati dua periode itu.

Pasien Sembuh Covid SimalungunPasien sembuh, N boru Sinambela, Senin, 4 Mei 2020. (Foto: Tagar/Jonatan Nainggolan)

Camat Bandar Amon Charles Sitorus, menambahkan pihaknya ikut mendampingi kepulangan N boru Sinambela. Di rumahnya, pasien tersebut diberikan ulos dan boras tenger, yakni beras yang melambangkan semangat dan dijauhkan dari hal yang tidak baik.

"Kita harap sang suami juga bisa sembuh. Kita senang akhirnya pasien Covid-19 bisa sembuh. Nanti kita minta sama kepala lingkungan dan tokoh masyarakat agar menjelaskan kepada masyarakat mengenai kondisi pasien yang sembuh ini," ujarnya.

Sementara itu, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun Akmal Siregar, mengatakan setelah satu orang warga Dusun Sidodadi, Desa Balimbingan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, dinyatakan positif Covid-19, petugas melakukan rapid test terhadap 700 warga Kecamatan Tanah Jawa pada Sabtu, 2 Mei 2020.

Selain rapid test massal, petugas melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Dusun Sidodadi. Dusun itu pun saat ini diisolasi mandiri. Tujuannya, kata dia, sebagai langkah upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Dari rapid test, ada 9 reaktif corona, terdiri dari 3 perempuan dan 6 laki-laki. Mereka sudah dirawat di RSUD Perdagangan. Kita juga sudah menyalurkan sembako kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri," tukasnya.

Dari data Posko Covid-19 Kabupaten Simalungun pada 4 Mei 2020, jumlah PDP 25 orang, ODP 26 orang dan pasien sembuh sebanyak 11 orang. []

Berita terkait
Positif Covid-19 di Sumut Tambah, 1 dari Simalungun
Jumlah pasien suspek Covid-19 di Sumatera Utara mengalami peningkatan.
3 PDP Covid-19 di Simalungun Sembuh
Tiga warga Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 dinyatakan sembuh.
Arist: Dinsos Simalungun Jangan Persulit Adopsi Bayi
Arist Merdeka Sirait meminta Dinas Sosial Simalungun tidak mempersulit calon orang tua bayi yang dibuang di area perkebunan.
0
Nenek 74 Tahun di Simalungun Sembuh dari Covid-19
Nenek usia 74 tahun di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, dinyatakan sembuh dari Covid-19.