UNTUK INDONESIA
Nelayan Hilang, Pantai Logending Telan Korban Lagi
Pantai Logending Kebumen kembali menelan korban. Setelah mahasiswi asal Banyumas, ombak pantai juga menggulung nelayan Cilacap.
Petugas Basarnas Cilacap dan unsur SAR lain melakukan pencarian nelayan hilang di Pantai Logending, Kebumen. Sebelumnya, mahasiswi asal Banyumas juga hilang di pantai tersebut dan saat ini juga masih dicari. (Foto: Basarnas Cilacap)

Kebumen - Belum jelas keberadaan mahasiswi asal Banyumas yang hilang diterjang ombak, Sabtu, 12 September 2020, Pantai Logending di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kembali menelan korban. Seorang nelayan hilang tenggelam setelah perahunya terbalik kena gelombang laut. 

Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengungkapkan nelayan tersebut diketahui beridentitas Rimin, 40 tahun, warga Desa Banjarsari RT 06 RW 02, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Nahas yang menimpanya terjadi di sekitar pintu masuk Pelabuhan Pantai Logending.  

"Kejadian pada siang tadi, sekitar pukul 12.50 WIB," kata dia, Senin, 14 September 2020. 

Satu orang terbawa ombak dan tenggelam. Sampai saat ini korban masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Nyoman menuturkan bermula dari Rimin dan rekannya, Edi Suyatno, 25 tahun, nelayan asal Desa Banjarharjo, RT 06 RW 02, Kecamatan Nusawungu, Cilacap, yang hendak pulang usai melaut. Tiba di lokasi kejadian, perahu yang mereka tumpangi dihantam ombak besar dari arah belakang. 

Perahu terbalik dan kedua korban terjebur ke air. Korban Edi mampu bertahan dan diselamatkan petugas search and rescue (SAR) gabungan yang tengah mencari mahasiswi Banyumas. Sedangkan Rimin hilang ditelan gulungan ombak.    

"Satu orang berhasil diselamatkan oleh tim SAR yang kebetulan sedang melakukan pencarian di perairan Pantai Logending. Korban selamat langsung dibawa ke Puskesmas Demangsari. Satu orang terbawa ombak dan tenggelam. Sampai saat ini korban masih dalam pencarian tim SAR gabungan," tutur Nyoman.

Nyoman menambahkan pihaknya berencana mengirim satu regu tambahan dari Cilacap ke Pantai Logending. Mereka akan membantu melakukan pencarian korban nelayan, sekaligus membantu pencarian hari ketiga terhadap mahasiswi Banyumas.

Baca juga: 

Selain penyisiran sepanjang bibir pantai, tim SAR gabungan juga melacak keberadaan para korban menggunakan perahu jukung katir dan perahu karet. Nelayan setempat turut terlibat membantu pencarian. 

Diberitakan sebelumnya, Ika Listiyani, 20 tahun, warga Pekuncen, Banyumas, hilang tenggelam di Logending, akhir pekan kemarin. Saat asyik berswafoto, datang ombak besar dan langsung menggulung mahasiswi Universitas Harapan Bangsa Purwokerto tersebut. []  

Berita terkait
Swafoto di Logending, Mahasiswi Banyumas Tenggelam
Mahasiswi asal Banyumas hilang tenggelam diterjang gelombang laut saat asyik swafoto di Pantai Logending Kebumen.
Nelayan Kebumen Ditemukan Meninggal di Laut Cilacap
Perahu nelayan Kebumen terbalik setelah diterjang ombak di laut Cilacap. Satu selamat dan satu lainnya ditemukan meninggal dunia.
Kapal Terbalik, Nelayan Hilang di Perairan Purworejo
Kapal terbalik karena dihantam ombak di perairan Purworejo. Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian nelayan yang hilang, diduga tenggelam.
0
Kompetisi Amatir Liga 3 DIY Ditiadakan
Kompetisi sepak bola amatir di Yogyakarta untuk tahun 2020 tidak digulirkan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY. Pandemi menjadi pertimbangan.