UNTUK INDONESIA
NasDem Sudah Tentukan Kriteria Calon Pilpres 2024
Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan partainya telah menyiapkan kriteria calon presiden yang akan diusung di pilpres 2024.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat membuka Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat, 8 November 2019. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan partainya telah menyiapkan kriteria calon presiden yang akan diusung di pemilihan presiden (pilpres) 2024, meski belum menyiapkan nama yang akan diusung.

"Kriteria pertama, elektabilitasnya tinggi karena kalau tinggi maka dia didukung rakyat," ucap Irma di sela-sela Kongres Ke-8 Partai NasDem di JI Expo, Jakarta, Sabtu, 9 November 2019 seperti dilansir dari Antara.

Kriteria kedua menurut dia, calon yang akan diusung partainya harus memiliki kapasitas, kapabilitas, dan akuntabilitas. Misalnya, akuntabilitas itu terkait moral seorang yang akan dicalonkan partainya.

Kongres II NasDemGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (keempat dari kanan), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua dari kanan) dan sejumlah petinggi partai NasDem di Kongres II NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat 8 November 2019. (Foto: Tagar/Fernando P)

Irma mengatakan partainya memang sudah melihat-lihat siapa saja sosok yang bisa ikut kontestasi pilpres 2024, namun masih terlalu jauh untuk memutuskan siapa calonnya saat ini.

"Semua parpol pasti punya frame dan agenda untuk pemilu 2024, namun politik itu kan dinamis dan selalu berubah tergantung situasinya, situasinya hari ini seperti apa, maka parpol ikuti perubahan tersebut," ujarnya.

Dengan demikian, Irma membantah kehadiran tiga gubernur yang hadir dalam Kongres NasDem sebagai langkah awal pemetaan politik untuk pilpres 2024. Tiga gubernur itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Misalnya, kenapa NasDem mengundang Anies, karena lokasi Kongres NasDem di Jakarta dan yang bersangkutan merupakan Gubernur DKI Jakarta. Sehingga wajar, jika pihaknya mengundang Anies untuk memberikan sambutan.

Menurutnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pernah menyampaikan kepada Anies bahwa kinerja yang dilakukan sebagai Gubernur DKI Jakarta baru 50 persen. Karena itu Surya Paloh berharap agar Anies segera meningkatkan kinerjanya menjadi 60 persen, 70 persen, dan diakhir periodenya mencapai 80 persen.

"Itu bagian dari penghormatan karena kita ingin membangun yang namanya partai role model ke depan. Jangan kemudian kita berseberangan terus kita harus kelihatan berperang, tidak begitu," kata dia. []

Berita terkait
Gerindra Ungkap Status Anies di Kongres NasDem
Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Muhammad Taufik mengungkapkan status Anies Baswedan datang dan membuka Kongres II NasDem.
NasDem Minta Jokowi Bicara Arah Politik di Kongres
Sekjen NasDem Johnny G Plate berharap kepada Presiden Jokowi memberikan arahan politik kepada seluruh kader NasDem saat kongres.
NasDem Undang Jokowi dan PDIP ke Kongres
Partai NasDem mengundang Jokowi-Maruf ke kongres. Termasuk partai mitra, Partai Buruh Australia.
0
Sketsa Wajah Pelaku Penyiraman Air Keras
Polda Metro Jaya telah menyebar sketsa wajah seorang pria yang diduga sebagai pelaku penyiraman cairan kimia terhadap dua pelajar SMPN 229 Jakarta.