Nadiem Makarim Beri Pesan Khusus untuk Siswa SMK di Papua

Nadiem Makarim berharap siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua berpikir kewirausahaan guna meningkatkan SDM yang unggul.
Nadiem Makarim. (Foto: Tagar/Surabaya Pagi)

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berharap siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua berpikir kewirausahaan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia yang unggul. 

"Setiap siswa SMK harus berpikir kewirausahaan bagaimana membuat produk untuk dijual sebab dengan cara tersebut siswa SMK dapat meningkatkan perekonomian serta Sumber Daya Manusia yang unggul," kata Nadim di kota Sorong, Kamis, 11 Februari 2021. 

Siswa SMK akan hebat berpikir kewirausahaan tergantung pada kepala sekolah dan para guru sebagai pendidik serta kemampuan siswa untuk maju.

Baca juga: Nadiem: Mewajibkan Murid Non Muslim Pakai Jilbab, Itu Intoleransi

Dia mengatakan bahwa SMK harus terus melakukan pengembangan minat kewirausahaan pada siswa sehingga mereka dapat memanfaatkan potensi yang ada untuk menghasilkan produk untuk dijual. 

Karena itu, kata dia, peran kepala sekolah penting untuk memajukan sekolahnya melalui inovasi pembelajaran, sehingga menciptakan wirausaha kreatif. Ia menjelaskan bahwa SMK dan SMA memiliki metode pembelajaran yang berbeda. 

Khusus SMK siswa dan para guru harus bersama-sama mewujudkan sekolah tersebut suasana kewirausahaan agar bisa menghasilkan produk terbaik untuk kehidupan masyarakat. 

Baca juga: UN 2021 Dihapus, Nadiem Makarim Sampaikan 9 Poin Penting

Sebab SMK harus mempersiapkan tenaga-tenaga yang profesional di bidangnya, agar mampu bersaing secara global. Karena itu, kata dia, guna meningkatkan mutu peserta didik yang terampil dan berkualitas perlu adanya kerjasama dengan semua pihak dalam mempersiapkan tenaga kerja yang profesional di bidangnya. 

“Siswa SMK akan hebat berpikir kewirausahaan tergantung pada kepala sekolah dan para guru sebagai pendidik serta kemampuan siswa untuk maju," ujarnya. []

Berita terkait
Paksa Siswi Pakai Jilbab di Padang, Nadiem: Bentuk Intoleransi!
Mendikbud Nadiem Makarim menyebut aturan siswi diwajibkan memakai jilbab di SMK Negeri 2 Padang merupakan bentuk intoleransi.
Kerap Dicegat Orang, Nadiem Makarim Curhat ke Maudy Ayunda
Maudy Ayunda berbincang dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, melalui video call.
Setahun Nadiem Pimpin Kemendikbud, Komisi X: Perbaiki Komunikasi
Komisi X DPR mengkritik Kemendikbud memperbaiki komunikasinya ke publik dalam momen setahun Nadiem Makarim memimpin.
0
Muhammadiyah: Jauhi Politisasi Pancasila untuk Kepentingan
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meminta agar seluruh masyarakat menjauhi politisasi terhadap Pancasila untuk kepentingan apapun.