Kerap Dicegat Orang, Nadiem Makarim Curhat ke Maudy Ayunda

Maudy Ayunda berbincang dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, melalui video call.
Mendikbud Nadiem Makarim memberikan pengarahan kebijakan penyesuaian pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, 7 Agustus 2020 (Foto: Youtube Kemendikbud)

Jakarta - Belum lama ini aktris Maudy Ayunda berbincang dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, melalui video call. Sang menteri pun menceritakan pengalamannya saat dicegat orang di jalan atau restoran.

Belakangan, potongan perbincangan tersebut diunggah ulang oleh Maudy Ayunda melalui akun Instagram miliknya pada Jumat, 27 November 2020.

Dalam rekaman video keduanya tampak sibuk membahas tentang dunia pendidikan di Indonesia. Mendadak sang menteri menghela napas panjang ketika pelantun Perahu Kertas itu menanyakan aktivitas keseharian Nadiem setelah menjabat sebagai menteri.

"Aku penasaran deh dari sebelum Mas Menteri menjabat jadi menteri, apa yang sekarang dari aktivitas keseharian yang paling mengejutkan, dari pekerjaan ini?" kata Maudy Ayunda dalam video tersebut, dikutip Tagar pada Sabtu, 28 November 2020.

"Huh.........pertanyaan yang bagus..." ujar Nadiem Makariem, menjawab pertanyaan tersebut sembari menghela napas panjang.

Nadiem Anwar MakarimMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Tagar/dok. Kemendikbud)

Pendiri Gojek Indonesia itu melanjutkan cerita, baginya tampil menjadin seorang menteri di hadapan publik adalah sesuatu hal baru. Ia bahkan mengaku harus beradaptasi dengan jabatan baru tersebut.

Nadiem dengan terang-terangan mengaku kepada Maudy Ayunda bahwa kehidupan yang begitu disorot saat ini sangat berbeda dari sebelumnya.

"Iya benar, banyak orang kenal saya waktu di gojek tapi nggak seperti ini (disorot publik) gitu loh," ucap Nadiem.

Namun, hal yang paling membuat Nadiem kaget adalah ketika dirinya bepergian ke sebuah restoran dan dicegat oleh orang.

"Mungkin yang paling mengagetkan adalah sebenarnya adaptasi yang dibutuhkan secara personal untuk menjadi pejabat publik. Konsep hubungan dengan masyarakat, sosial media nggak bisa keluar ke jalanan, saya ke restoran, apa-apa dicegat orang, gitu," ujarnya.

Nadiem juga sempat kaget ketika masuk ke dunia pemerintahan. Terlebih, ia pernah menjadi sosok biasa dan akhirnya masuk sebagai pemangku kebijakan.

"Kadang-kadang bawaannya kan skeptis ya sama pemerintah. Tapi waktu saya masuk ke Kemendikbud, saya belajar banyak banget orang-orang bagus di dalam Kemendikbud, dan bukan cuma bagus, orang-orang hebat gitu. Tapi banyak dari mereka yang mungkin belum dimerdekakan untuk mencapai hidup mereka," kata Nadiem Makarim.

Kekagetan Nadiem tak sampai disitu, bahkan ketika ia mengunjungi guru di daerah Dia kaget ternyata mereka memiliki hati luar biasa dan pemikiran kritis untuk pembelajaran buat anak-anak. Nadiem Makarim sangat bersyukur akan hal tersebut.

Kendati demikian, semua hal itu ia jadikan sebagai motivasi. Ia berusaha untuk memaksimalkan orang-orang terbaik yang ada di pemerintahan.

"Ternyata di dalam birokrasi kita, kadang orang luar, anak muda skeptis nih, tapi sebenarnya island of talent itu banyak sekali di pemerintah dan tinggal di buka kuncinya," tutur Nadiem. []

Berita terkait
Yuki Kato dan Luna Maya Hadir di Film Mulan Bahasa Indonesia
Yuki Kato, Luna Maya dan Dion Wiyoko tampil sebagai pengisi suara di film live-action Mulan dalam versi dubbing bahasa Indonesia.
Perjalanan Karier Lyodra Ginting hingga Juara Indonesian Idol
Lyodra Margaretha Ginting lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 21 Juni 2003. Ia merupakan penemang ajang Indonesian Idol X.
Alfin Award, Alumni FH Unpad Beri Beasiswa di Kapal Pesiar
Alumnus Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Alfin Frans, memberikan beasiswa pendidikan kepada empat orang mahasiswa di atas Kapatl Pesiar.
0
Hari Sepeda Dunia, Anies Ajak Warga Gowes Sepeda ke Kantor
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga Ibu Kota untuk berkendara menggunakan sepeda dalam memperingati Hari Bersepeda Sedunia.