UNTUK INDONESIA
Mourinho Pungkasi Debat Panjang Ronaldo Vs Messi
Persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tak perlu diperdebatkan. Pelatih Jose Mourinho menilai mereka saling memotivasi menjadi terbaik.
Persaingan Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan) tak perlu diperdebatkan. Pelatih Jose Mourinho menilai mereka sesungguhnya saling memotivasi menjadi terbaik. (Foto: goal.com)

Jakarta - Cristiano Ronaldo versus Lionel Messi, siapa yang terbaik. Siapa pun membawa argumen kuat saat menyebut Ronaldo lebih baik ketimbang Messi. Begitu pula sebaliknya. Namun mantan manajer Manchester United, Jose Mourinho, menyebut bila keduanya saling memotivasi sehingga sama-sama menjadi yang terbaik. 

Pelatih Portugal Fernando Santos menyebut Ronaldo yang terbaik di dunia. Pujian itu diberikan setelah Ronaldo memborong empat gol saat Portugal menghancurkan Lithuania 5-1 di kualifikasi EURO 2020, Rabu 11 September 2019. 

Sebaliknya, itu tak berlaku bagi fans Messi dan pelatih Argentina Lionel Scaloni. Kapten Barcelona itu tetap yang terbaik di dunia. 

Mereka sesungguhnya menjadikan satu sama lain sebagai motivasi dan bersaing secara positif. Bila saat ini hanya ada satu saja di antara mereka, bisa jadi Ronaldo atau Messi yang memenangi pemain terbaik dunia sampai 10 kali

Namun berbeda dengan Mourinho. Dalam program On the Touchline dari jaringan televisi Russian Today (RT), pelatih asal Portugal ini menilai keduanya tidak bisa diperbandingkan. Dirinya memuji Ronaldo dan Messi ketimbang memilih salah satu di antara mereka yang terbaik. 

Pasalnya mereka meraih sukses secara individu dan klub. Messi dan Ronaldo bergantian saling mengalahkan dalam perebutan Pemain Terbaik Dunia (Ballon d'Or). Keduanya sama-sama memegang rekor karena lima kali memenangi Ballon d'Or

Persaingan juga berlangsung untuk sektor pemasukan. Keduanya selalu saling mengalahkan sebagai pemain dengan pemasukan tertinggi. Namun tidak ada yang memungkiri bila mereka sama-sama tajir. Bahkan Ronaldo sudah disebut-sebut mendapat gelontoran triliunan rupiah dari kontrak baru dengan apparel Nike. 

"Menurut saya, mereka beruntung tetapi juga tidak beruntung berada di generasi yang sama. Mereka beruntung karena bisa berkompetisi satu sama lain," kata Mourinho yang dikutip Sport Bible

"Mereka sesungguhnya menjadikan satu sama lain sebagai motivasi dan bersaing secara positif. Bila saat ini hanya ada satu saja di antara mereka, bisa jadi Ronaldo atau Messi yang memenangi pemain terbaik dunia sampai 10 kali," ujarnya. 

Mencapai Puncak

Mantan pelatih Chelsea dan Real Madrid ini menilai Ronaldo tidak akan mencapai puncak seperti sekarang ini bila tidak ada Messi. Begitu pula sebaliknya. Lever persaingan mereka pun sudah makin tinggi.

Jadi tidak salah bila pada 2009 lalu Ronaldo memilih hengkang dari Man United untuk bergabung dengan Madrid agar bisa bersaing langsung dengan Messi. Bila pemain berusia 34 ini kemudian pindah ke Juventus, persaingannya dengan Messi pun belum berakhir.

Dengan persaingan yang tinggi, mereka yang berada di bawah seperti Neymar, Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann harus bekerja keras untuk mengejar duo bintang itu. 

"Kini, mereka menjadikan level persaingan kian tinggi. Karena sudah sangat tinggi, ini butuh motivasi yang luar biasa. Pemain yang di belakang mereka, saya menyebutnya sebagai 'monster kecil'. Pasalnya butuh motivasi yang sangat tinggi dari Neymar, Mbappe dan Griezmann untuk mencapai level mereka," kata Mourinho. 

Sikap Mourinho yang memuji Messi dan Ronaldo tanpa memilih salah satu yang terbaik mendapat dukungan dari fans keduanya. Tak sedikit yang memuji analisis mantan pelatih Inter Milan ini. 

Bahkan penjelasan Mourinho dinilai memungkasi perdebatan panjang siapa yang terbaik di antara keduanya. Apalagi sebelumnya, pendukung Ronaldo dan Messi sudah terpolarisasi. 

Ini bukan yang pertama Mourinho mengomentari persaingan Ronaldo dan Messi. Sebelumnya, dia mengatakan hal sama di beIN SPORTS. Apa yang disampaikan pun mendapat tanggapan positif dari fans dua pemain itu. []

Berita terkait
Menangkan Portugal, Ronaldo Ingin Terus Cetak Gol
Portugal masih bergantung kepada Cristiano Ronaldo yang memborong 4 gol saat menang 5-1 atas Lithuania di kualifikasi EURO 2020.
Kontrak Baru Nike, Ronaldo Raup Triliunan Rupiah
Bintang Juventus Cristiano Ronaldo disebut-sebut mendapat bayaran 162 juta euro atau Rp 2,5 triliun dalam kontrak barunya dengan apparel Nike.
Barca Kembali Tanpa Trio Messi, Suarez dan Dembele
Barcelona tak bisa menurunkan skuat terbaik karena Lionel Messi dan Luis Suarez masih absen saat menghadapi Osasuna, Sabtu 31 Agustus 2019.
0
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.