UNTUK INDONESIA
Mobil Esemka Bakal Diburu Para Pelaku UKM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi selaku pemegang merek Esemka.
Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, pada Jumat, 6 September 2019. Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. (Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho).

Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi selaku pemegang merek Esemka yang memasarkan mobil yang diproduksinya pada Jumat, 6 September 2019.

Esemka pertama yang akan dipasarkan model Bima 1.2 dan 1.3, yang keduanya datang untuk bersaing di segmen kendaraan niaga ringan sebagai pikap dengan banderol off the road Rp 95 juta.

Ketua Umum Komite Nasional Dewan UKM Indonesia Irwan Wijaya HS, mengungkapkan, Esemka sangat menarik untuk kelas kendaraan niaga dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Terlebih untuk para pelaku usaha-usaha di daerah.

"Sebenarnya kita ingin ada karya anak bangsa, setelah ada Esemka ini, kita dari dewan UKM mempelajari spesifikasinya dan kami lakukan survei. Hasilnya memang sesuai dengan kriteria UKM di Indonesia," ucap Irwan di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 6 September 2019.

Irwan mengatakan Esemka Bima memiliki kesesuaian dengan apa yang dibutuhkan para pengusaha menengah di daerah. Secara daya beli juga cocok.

Esemka Bima dinilai bukan yang bisa dijadikan mobil pengangkut, namun juga sebagai kendaraan toko bahkan dijadikan usaha sebagai transportasi umum di desa-desa.

Irwan menilai dari data inventarisasi yang dimiliki dewan UKM, potensi penyerapan Bima di sektor UKM Indonesia bisa mencapai 13.000 unit.

"Potensi Esemka Bima ini dari inventarisasi yang kami lakukan itu mencapai 13.000 unit. Jadi ini khusus dari kebutuhan UKM saja, karena nanti unitnya bisa kita kembangkan menjadi mobil toko dan lain sebagainya," kata Irwan. []


Berita terkait
Kami Bangga Rakit Mobil Esemka
Tagar menyambangi areal pabrik tempat mobil Esemka dirakit, menemui beberapa orang untuk bertanya mengenai dampak proyek mobil swasta tersebut.
Komponen Esemka Lemparan China?
Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya merespons tuduhan mobil pabrikan China. Berikut profil komponen pemasok Esemka.
Esemka Bima Resmi Diluncurkan, Cuma Segini Harganya
Selain meresmikan pabrik, kunjungan ini juga sekaligus menjadi peluncuran dua varian mobil Esemka, yaitu Bima 1.2L dan Bima 1.3L.
0
Leher Kakek di Sulsel Nyaris Putus Ditebas Parang
Seorang kakek berusia 90 tahun di Kabupaten Takalar Sulsel diduga dibunuh oleh tetangganya sendiri.