UNTUK INDONESIA
Waspada Klaster C-19 dari UKM di Kabupaten Bantaeng
Akibat berkerumun dan tidak jaga jarak, dikhawatirkan akan muncul klaster baru Covid-19 di Kabupaten Bantaeng. Ini penyebabnya.
Ribuan pelaku UKM memadati halaman kantor Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Rabu, 21 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Bantaeng - Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan kini menghadapi kondisi yang rawan, dikhawatirkan akan munculnya klaster Covid-19 dari kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Pantauan Tagar selama tiga hari berturut-turut halaman kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan kantor Dinas Koperasi, dan Perdagangan dipenuhi lautan manusia.

Susah dihindari, tidak berdesakan tidak dapat antrian siapa yang mau menunggu lama.

Tepatnya mulai Senin, 19 Oktober hingga Rabu, 20 Oktober 2020. Keramaian tersebut dipicu adanya penerimaan bantuan untuk para pelaku UKM. Yang prosedur penerimaannya dilakukan di dua kantor tersebut.

"Susah dihindari, tidak berdesakan tidak dapat antrian siapa yang mau menunggu lama," kata Suhaemi, salah satu warga yang ditemui Tagar, Rabu, 21 Oktober 2020.

Adanya gelombang manusia tanpa menerapkan protap kesehatan diantaranya jaga jarak tersebut diduga karena tak ada koordinasi dengan satuan tugas setempat.

Meskipun pihak internal kantor berupaya untuk terus mengumumkan agar warga memperhatikan posisi, jaga jarak dan tidak berkerumun. Namun hal tersebut terlihat tidak efektif.

Terbukti lautan manusia yang dipenuhi pelaku UKM berkerumun memadati halaman kantor seolah tak lagi peduli pada hidup di masa pandemi.

"Iya kita cuma pakai masker saja, tapi banyak saya lihat tidak pakai masker juga," ujar Suhaemi. []

Berita terkait
Disdukcapil Bantaeng Kerja Lembur Layani Masyarakat
Selama Pandemi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bantaeng bekerja non stop dalam melayani masyarakat.
Kronologi Lansia Bantaeng di Hipnotis, Kehilangan Ratusan Juta
Ini kronologi Lansia di Kabupaten Bantaeng dihipnotis seorang pria. Akibatnya Lansia tersebut kehilangan uang dan puluhan gram emas yang dipakainya
Lima Kali Berturut-turut Bupati Bantaeng Terima Penghargaan WTP
Lima kali berturut-turut Bupati Bantaeng terima piagam penghargaan WTP.
0
Ma'ruf Amin: Pesantren Harus Jadi Pusat Pemberdayaan Ekonomi
Wakil Presiden, Maruf Amin ingin mengembangkan pesantren di Tanah Air menjadi pusat pemberdayaan ekonomi.