UNTUK INDONESIA
Menu Berbuka Puasa yang Sehat Pengganti Es Teh Manis
Menu berbuka puasa, tak harus dengan es teh manis untuk mengusir dahaga. Berikut menu berbuka puasa yang sehat pengganti es teh manis.
Ilustrasi Sup. (Foto: Pixabay/Couleur)

Jakarta - Menu berbuka puasa, tak harus dengan es teh manis untuk mengusir dahaga. Ada banyak pilihan bisa dijadikan hidangan berbuka puasa yang tentunya memiliki nutrisi tinggi. 

Ketika berbuka puasa dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Sedangkan untuk melepas dahaga, air putih menjadi pilihan terbaik.

Jika Anda ingin menyediakan hidangan yang manis, jangan memilih es teh manis untuk menjadi santapan saat berbuka puasa. Kurma dan buah-buahan bisa menjadi rekomendasi sebagai menu andalan selama menjalankan ibadah ramadan ini. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah menu berbuka yang tepat menggantikan es teh manis.

1. Kurma

KurmaIlustrasi Kurma. (Foto: Pixabay/jackmac34)

Kurma menjadi menu andalan saat berbuka puasa. Selain mengandung gula alami yang baik, buah ini sangat bermanfaat untuk mengisi energi yang hilang selama puasa. 

Kurma kaya akan mineral, seperti kalium, tembaga, dan mangan yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung serat yang berguna menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2. Buah-buahan 

Buah-buahanIlustrasi Buah-buahan. (Foto: Pixabay/diapicard)

Buah-buahan juga menjadi salah satu menu berbuka yang baik untuk tubuh lantaran mengandung banyak air untuk mengisi cairan yang hilang selama puasa. Kandungan vitamin dan mineral dari buah juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalani ibadah puasa. 

Tak hanya menyegarkan, buah-buahan juga bisa diolah menjadi beragam menu berbuka yang sehat. Misalnya, Anda bisa memilih buah yang paling disukai untuk dijadikan smoothies dengan tambahan yogurt sebagai menu berbuka puasa yang sehat dan segar, atau mengonsumsi yogurt rendah lemak dengan topping buah kering.

3. Sup

SupIlustrasi Sup. (Foto: Pixabay/Couleur)

Sup juga salah satu makanan yang ideal disajikan untuk berbuka puasa.

Selain menghangatkan perut, olahan satu ini juga bisa dikreasikan dengan memasukkan berbagai bahan sehat ke dalamnya, seperti sayur-sayuran dan tahu.

4. Nasi Merah dan Makanan Sumber Karbohidrat

Nasi MerahIlustrasi Nasi Merah. (Foto: Pixabay/Jirreaux)
Nasi merah, roti gandum, atau mie yang terbuat dari gandum juga sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Sebab, makanan tersebut mampu meningkatkan energi tubuh sekaligus membantu memenuhi kebutuhan serat dan mineral.

Selain itu, kandungan gula yang didapatkan dari karbohidrat kompleks ini juga bisa bertahan lebih lama di dalam tubuh. Sehingga, rasa lemas tidak akan menghampiri selama berpuasa.

5. Daging

DagingIlustrasi Daging. (Foto: Pixabay.com/gate74)

Selain dari gula dan karbohidrat, energi yang hilang saat berpuasa juga bisa didapatkan dari protein. Sehingga tetap dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan protein dari berbagai sumber, salah satunya daging.

Pilihlah daging yang sehat, seperti daging sapi tanpa lemak, dada ayam tanpa kulit, dan ikan. Menambah asupan protein bisa juga dengan mengonsumsi susu dan kacang-kacangan. []

Baca juga:

Berita terkait
Makanan Sahur Sehat untuk Cegah Lemas Saat Puasa
Perlu asupan tertentu saat sahur agar badan tak lemas kala puasa. Dari yang praktis hingga yang dikreasikan dengan makanan lain.
Hindari Makanan Tinggi Garam Selama Berpuasa
Selama berpuasa di bulan suci Ramadan, umat Muslim diingatkan untuk menghindari makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi.
Makanan Terlarang Penderita Sakit Maag Selama Puasa
Para ahli kesehatan mengingatkan penderita maag kronis tidak menyantap makanan yang terlalu asam dan pedas saat berbuka puasa dan sahur.
0
Menu Berbuka Puasa yang Sehat Pengganti Es Teh Manis
Menu berbuka puasa, tak harus dengan es teh manis untuk mengusir dahaga. Berikut menu berbuka puasa yang sehat pengganti es teh manis.