Menteri PPPA: PHI, Refleksi Perjuangan Perempuan Indonesia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan PHI momentum refleksi perjuangan perempuan Indonesia.
Menteri PPPA, Bintang Puspayoga (Foto:Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan bahwa Peringatan Hari Ibu (PHI) merupakan momentum refleksi perjuangan perempuan Indonesia. 

"Maknanya untuk mengenang pejuang awal perjuangan perempuan Indonesia untuk turut ambil bagian dalam membangun bangsa dan negara," kata dia pada sambutan pelaksanaan puncak peringatan Hari Ibu ke-92, Selasa, 22 Desember 2020. 

Bintang menjelaskan perempuan tak boleh terus menerus ditempatkan pada posisi manusia rentan yang tidak memiliki posisi setara dengan lelaki di mata publik. Lelaki dan perempuan sebaiknya melangkah beriringan dalam mewujudkan kesejahteraan berbangsa dan bernegara. 

"Tidak ada ruang bagi diskriminasi dalam bentuk apapun dengan begitu sudah sepatutnya kita mengedepankan pembangunan bangsa dengan melibatkan seluruh, termasuk perempuan meraih kemerdekaan," katanya. 

PHI ke-92 menurut Bintang merupakan waktu yang tepat untuk mengingat segala bentuk perjuangan perempuan masa lalu dan kenyataan-kenyataan yang ada saat ini. Sebagaimana diketahui budaya patriarki masih mengakar dan menyebabkan ketimpangan-ketimpangan sosial masih sering dialami perempuan Indonesia. 

Budaya patriarki yang memposisikan peran utama perempuan ada di ranah domestik sehingga tidak mampu untuk mengambil peran aktif di ranah publik

"Budaya patriarki yang memposisikan peran utama perempuan ada di ranah domestik sehingga tidak mampu untuk mengambil peran aktif di ranah publik, pemikiran-pemikiran ini berdampak nyata dan membelenggu potensi perempuan," kata Bintang Puspayoga. 

Ia berharap, hari ini perempuan mampu membakar kembali semangat untuk senantiasa membuka diri dalam bereksplorasi. Berdaya saing dan mampu menjadi perempuan Indonesia yang berkarakter. 

"Mari tunjukan ide-ide pemikiran dan kreativitas sebagai senjata pamungkas untuk menghadapi segala tantangan,perempuan berdaya Indonesia maju," kata dia. [] 

Baca juga:

Berita terkait
Puncak PHI, Kementerian PPPA Hadirkan Perempuan Inisiator
Kemen PPPA menghadirkan sejumlah perempuan inisiator Indonesia dalam momentum puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-92.
Upaya Kemen PPPA Maksimalkan Peranan Perempuan Indonesia
Berbagai upaya dilakukan Kementerian PPPA dalam memaksimalkan peranan perempuan di Indonesia agar mampu bersaing dan berkarakter kuat.
Menteri PPPA: Jangan Lupakan Sejarah Perjuangan Perempuan
Menteri PPPA Bintang Puspayoga meminta kepada seluruh pihak agar tidak melupakan perjuangan perempuan Indonesia.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.