Menstruasi Tidak Teratur? Ini 5 Makanan Lancarkan Menstruasi

Menstruasi tidak lancar dan tidak teratur adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat. Ini makanan untuk melancarkan.
Ilustrasi - Buah dan Sayuran Pelancar Menstruasi. (Tagar/ Pixabay)

Jakarta - Menstruasi tidak lancar dan tidak teratur, adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Umumnya, siklus menstruasi terjadi setiap 28 hari atau normalnya terjadi 21 hari hingga 35 hari. Selain itu, cara mempercepat menstruasi juga dilakukan bagi mereka yang memiliki kondisi yang penting.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada beberapa jenis makanan pelancar menstruasi yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Apalagi makanan pelancar menstruasi ini mudah ditemukan.

Nah, apa saja makanan pelancar menstruasi? Lengkapnya, berikut 5 makanan pelancar menstruasi yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.


1. Ikan salmon

Selain lezat, ikan salmon juga masuk sebagai jenis makanan pelancar menstruasi. Hal ini berkat tingginya kalsium dan vitamin D pada salmon. Tidak hanya baik untuk tulang, namun kandungan tersebut dapat menstabilkan hormon yang akan melancarkan menstruasi.

Menariknya lagi, adanya kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon juga sangat bermanfaat saat sedang datang bulan. Selain baik untuk jantung, kandungan asam lemak omega-3 juga sekaligus meringankan ketegangan otot selama menstruasi.


2. Kunyit

Salah satu bumbu dapur ini tidak hanya bermanfaat untuk menambah cita rasa makanan. Akan tetapi, juga menjadi salah satu makanan yang dapat membantu kamu agar cepat haid. Hal ini karena di dalam kunyit terdapat kandungan untuk merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim.

Maka dari itu, kunyit dipercaya dapat memengaruhi tingkat estrogen dan progesteron sehingga dapat merangsang menstruasi.


3. Nanas

Nanas adalah salah satu makanan pemicu menstruasi yang paling banyak digunakan. Buah ini mengandung enzim yang disebut bromelain, yang dapat melembutkan lapisan rahim. 

Menstruasi dimulai saat rahim mulai melepaskan lapisannya, dan nanas dapat membantu mempercepat proses ini dan memperlancar menstruasi. Penting untuk diperhatikan bahwa nanas juga dikenal dapat meningkatkan sel darah merah dan putih, yang meningkatkan aliran darah dan dapat membuat menstruasi kamu lebih berat.


4. Kacang

Kacang merupakan makanan kaya magnesium yang membantu tingkatkan kadar serotonin dan mengurangi retensi air. Karena menstruasi dapat menyebabkan ketidaknyamanan maka makan kacang dapat memperlancar haid yang sedikit.

Magnesium berfungsi sebagai bahan alami pelemas otot dari kram perut yang kerap kamu rasakan ketika menstruasi. Selain itu, kacang sendiri merupakan kombinasi serat serta magnesium yang hebat dan dapat diaplikasikan dalam salad, sup ataupun cemilan yang sehat.


5. Vitamin C

Terakhir makanan untuk melancarkan menstruasi adalah Vitamin C salah satu jenis vitamin yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Perlu diketahui bahwa tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C dengan sendirinya.

Di dalam vitamin C terdapat kandungan asam askorbat yang dianggap dapat meningkatkan kadar estrogen serta kontraksi rahim.

Hal ini yang membuat makanan dengan kandungan vitamin C dapat membantu agar cepat menstruasi . Sebagian makanan yang kaya akan vitamin C adalah buah jeruk, buah beri, brokoli, tomat, paprika, buah kiwi, dan bayam.

(Emilya Rahmawati)

Berita terkait
5 Buah-buahan yang Baik untuk Diet
Buah merupakan makanan rendah kalori dan tinggi serat yang dapat membantu menurunkan berat badan.
5 Buah untuk Cegah Sembelit dan Melancarkan BAB
Sembelit dapat dicegah dengan mengatur pola makan, salah satunya dengan mengkonsumsi buah.
Guys, Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Bagi Kesehaan
Buah naga merupakan jenis buah-buahan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. karena hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis saja.
0
Menstruasi Tidak Teratur? Ini 5 Makanan Lancarkan Menstruasi
Menstruasi tidak lancar dan tidak teratur adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat. Ini makanan untuk melancarkan.