Guys, Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Bagi Kesehaan

Buah naga merupakan jenis buah-buahan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. karena hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis saja.
Ilustrasi – Buah naga. (Foto: Tagar/Pexels/Aleksandar Pasaric)

Jakarta – Buah naga merupakan jenis buah-buahan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. karena hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis saja. Memiliki bentuk yang terlihat cukup unik dan mudah dikenali, tidak mengherankan jika banyak orang yang mengenal dan menyukai buah berkulit yang kulitnya menyerupai sisik naga ini.

Di balik keunikannya, buah bercita rasa lezat ini ternyata juga mengandung segudang manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Memiliki beragam kandungan dan nilai gizi yang cukup tinggi, berikut 5 manfaat mengonsumsi buah naga bagi kesehatan.


1. Meningkatkan sistem imun

Buah naga mengandung vitamin C dan karotenoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Memiliki kadar antioksidan yang kuat, kandungan tersebut mampu menetralkan radikal bebas sehingga dapat mengurangi terjadinya risiko kanker.

Selain itu, vitamin C dan karotenoid juga mampu melindungi sel darah putih dari kerusakan sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi.


2. Meningkatkan zat besi

Zat besi adalah mineral utama yang harus dicukupi agar Anda dapat terhindar dari anemia, risiko gangguan kesehatan janin, serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat.

Selain mengonsumsi daging merah, sayuran hijau, makanan laut, dan kacang-kacangan, Anda juga dapat memperoleh zat besi dari buah berkulit merah ini.

Buah naga mengandung zat besi yang memainkan perat penting dalam pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Dalam satu porsinya, buah naga mengandung 8 persen asupan harian yang direkomendasikan. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih baik.


3. Kaya akan magnesium

Selain zat besi, buah naga juga mengandung sumber padat magnesium yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Dalam setengah cangkirnya, buah naga menyediakan lebih dari 10 persen asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Oleh karena itu, buah naga sangat baik untuk dikonsumsi karena magnesium dapat membantu tubuh Anda dalam proses pemecahan makanan menjadi energi, membentuk dan memelihara tulang, menciptakan DNA, serta membuat saraf menjadi lebih sehat.


4. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Nutrisi merupakan faktor penting untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Agar terhindar dari risiko gangguan dan hambatan tumbuh kembang janin, ibu hamil harus rajin memantau dan menjaga segala macam nutrisi yang masuk dan dibutuhkan oleh tubuh.

Buah naga mengandung zat besi yang mampu membantu perederan sel darah merah dalam tubuh dan kalsium serta vitamin C yang mampu perkuat gigi dan tulang si janin. 

Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin B yang dapat mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi sehingga cocok dikonsumsi bagi ibu hamil.


5. Kaya akan serat

Makanan berserat tidak hanya didapatkan dari gandum, bayam, biji-bijian, dan rumput laut saja, namun juga buah. Salah satu buah yang kaya akan serat adalah buah naga.

Wanita direkomendasikan untuk mengonsumsi 21-25 gram serat per hari, sementara pria direkomendasikan untuk mengonsumsi 30-38 gram serat per harinya. 

Dalam satu cangkir buah naga, terkandung 7 gram serat yang bisa menjadi sumber makanan. Oleh karena itu, buah naga merupakan sumber serat yang sangat baik untuk dikonsumsi

Kandungan serat yang ada di dalam buah naga berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, serta mencegah terjadinya konstipasi. 

Bahkan, penelitian menunjukan bahwa serat juga berperan penting untuk melindungi diri dari penyakit jantung, menjaga berat badan, dan mampu mencegah diabetes tipe 2.

(Eka Cahyani)


Berita terkait
5 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan
Daun kelor mengandung semua unsur asam amino esensial yang penting bagi kesehatan tubuh.
Ini Ragam Manfaat Jika Kami Punya Asuransi Kesehatan
Bagi yang belum mengetahui apa saja benefitnya, berikut akan kami ulas secara lengkap manfaat asuransi kesehatan.
5 Manfaat Yogurt untuk Anak
Bakteri yang ada di dalam yoghurt adalah bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan.
0
Guys, Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Bagi Kesehaan
Buah naga merupakan jenis buah-buahan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. karena hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis saja.