Menkominfo Pastikan Akses Internet di Layanan Kesehatan

Menkominfo Johnny G Plate memastikan komitmen pemerintah dalam melakukan akselarasi penyediaan akses internet di fasilitas layanan kesehatan.
Konferensi Pers Virtual Kementerian ATR/BPN, Akselerasi Penyediaan Akses Internet di Puskesmas dan Rumah Sakit di Indonesia (Foto:Tagar/dok.kominfo.go.id)

Jakarta - Menkominfo Johnny G Plate memastikan komitmen pemerintah dalam melakukan akselarasi penyediaan akses internet di fasilitas layanan kesehatan di seluruh Indonesia.

Hal itu demi mendukung mendukung perluasan dan peningkatan kualitas infrastruktur telekomunikasi di bidang kesehatan dalam penanganan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Layanan akses internet ini akan mencakup rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang belum memiliki akses internet atau yang sudah tersedia namun kualitasnya belum memadai,” ujarnya di Jakarta, Rabu, 14 Oktober 2020.

Johnny menyebut, ketersediaan akses internet diharapkan dapat mendukung program-program kesehatan masyarakat untuk jangka panjang.

Pemerintah berharap bahwa ketersediaan akses internet dapat mendukung program-program kesehatan masyarakat untuk jangka panjang.

Baik penurunan angka kematian ibu dan bayi, mencegah stunting, mendukung program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, dan peningkatan layanan kesehatan melalui telemedicine.

“Pemerintah berharap bahwa ketersediaan akses internet dapat mendukung program-program kesehatan masyarakat untuk jangka panjang. Poin terakhir ini sekaligus mendukung agenda pemerintah dalam Percepatan Transformasi Digital Nasional, sesuai dengan arahan Presiden Bapak Joko Widodo,” kata dia.

Saat ini Kementerian Kominfo sedang menyusun Roadmap Indonesia Digital. “Dimana salah satu program yang termuat dalam roadmap tersebut adalah peningkatan akses layanan kesehatan,” katanya.

Beberapa inisiatif yang masuk dalam Roadmap Indonesia Digital khususnya sektor kesehatan hingga tahun 2024 antara lain:

Selain penyediaan akses internet, Menteri Kominfo menyarakan Pemerintah juga terus melakukan peningkatan literasi digital dan penyiapan talenta digital untuk mendukung pemanfaatan teknologi di bidang kesehatan.

“Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, dan stakeholders terkait juga terus meningkatkan koordinasi dalam penyediaan aplikasi, platform, dan konten digital di sektor kesehatan,” jelasnya.[]

Baca juga:

Berita terkait
Menkominfo: Pemerintah Bilang Hoaks Ya Dia Hoaks!
Menkominfo mengklaim bahwa hoaks versi pemerintah jangan dibantah lagi.
Bantahan Pihak Kemenkominfo Soal Kapasitas CEIR
Dirjen Sumber Daya, Perangkat Pos dan Informatika, Kemenkominfo Ismail membantah informasi soal kapasitas mesin CIER.
Kominfo Buka Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy
Kemkominfo menggelar pelatihan digital yakni sebuah program bernama Digital Enterpreneurship Academy Digital Talent Scholarship 2020.
0
Penundaan Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 Dikesampingkan
Ketua panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020, Jepang, mengesampingkan pembatalan pesta olahraga musim panas di Tokyo