Menko PMK: PPKM Darurat Diperpanjang Hingga Akhir Juli 2021

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan PPKM Darurat di perpanjang hingga akhir Juli 2021 untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia.
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Tagar/Sek Kabinet)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia  (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat di perpanjang hingga akhir Juli 2021. 

"Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti di Sukoharjo, sudah diputuskan Bapak Presiden PPKM Darurat dilanjutkan sampai akhir Juli," kata Muhadjir Effendy menjawab pertanyaan wartawan tentang PPKM Darurat Jumat, 16 Juli 2021. 

Dengan perpanjangan ini, kata Muhadjir, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa akan ada risiko yang diseimbangkan. Selain meningkatkan disiplin warga untuk protokol kesehatan, juga penyaluran bansos.


Karena itu bansos itu tidak mungkin ditanggung negara sendiri oleh pemerintah gotong royong masyarakat.


Namun untuk bansos ini, lanjut Muhadjir, pemerintah tidak bisa memikulnya sendiri, ia meminta semua pihak saling gotong royong untuk menyalurkannya. 

"Karena itu bansos itu tidak mungkin ditanggung negara sendiri oleh pemerintah. Gotong royong masyarakat. Termasuk civitas akademika UGM di bawah Pak Rektor, saya mohon gerakan untuk membantu mereka-mereka yang kurang beruntung akibat PPKM ini," ujarnya.

"Saling bantu, saling bergandeng tangan mengulurkan tangan, termasuk sedekah masker karena bagaimanapun bagi masyarakat di bawah, masker barang yang mahal, tidak mungkin kita meminta kesadaran melulu tanpa upaya kita membantu mereka," ungkap Muhadjir. []

Berita terkait
Muhadjir Effendy: Pemerintah Jamin Pengelolaan Dana Haji Berjalan Baik
Menko PMK mengatakan, pengelolaan dana haji dilaksanakan dengan sangat profesional, prudent, penuh kehati-hatian dan semuanya aman.
Muhadjir Effendy Ingin Sanksi Tegas Bagi Pelanggar Aturan Rokok
Menko PMK menyatakan perlunya menetapkan sanksi tegas bagi siapapun yang melanggar aturan merokok baik pelajar, mahasiswa juga tenaga pendidik.
Muhadjir Effendy Yakin Tri Rismaharini Tepat Jabat Mensos
Muhadjir Effendy mengatakan dirinya yakin Tri Rismaharini orang yang tepat pada posisi di Kementerian Sosial saat ini.
0
Menko PMK: PPKM Darurat Diperpanjang Hingga Akhir Juli 2021
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan PPKM Darurat di perpanjang hingga akhir Juli 2021 untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia.