UNTUK INDONESIA

Muhadjir Effendy Yakin Tri Rismaharini Tepat Jabat Mensos

Muhadjir Effendy mengatakan dirinya yakin Tri Rismaharini orang yang tepat pada posisi di Kementerian Sosial saat ini.
Kegiatan serah terima jabatan Menteri sosial RI dari Muhadjir Effendy kepada Tri Rismaharini pada Rabu, 23 Desember 2020. (Foto:Tagar/Tangkapan layar YouTube Kemensos RI)

Jakarta – Muhadjir Effendy melalui kegiatan serah terima jabatan Menteri Sosial RI kepada Tri Rismaharini mengatakan dirinya yakin bahwa Risma merupakan orang yang tepat untuk menjabat sebagai Menteri Sosial.

Untuk itu saya yakin betul Bu Risma orang yang tepat betul untuk berada diposisi Kementerian Sosial sekarang ini.

Melalui sambutannya, Muhadjir mengatakan bahwa Risma bukanlah sosok yang asing bagi kita semua. Risma yang sebelum menjabat sebagai Menteri Sosial ini merupakan seorang Wali Kota Surabaya dan menurutnya Risma merupakan sosok yang ahli dalam menangani masalah pada bidang sosial.

“Beliau lah yang sangat fenomenal yaitu membersihkan Surabaya dari komplek-komplek pelacuran. Terutama pelacuran terbesar di Asia Tenggara yaitu komplek Dolly dan masih banyak sekali torehan-torehan prestasi beliau. Penghargaan formal maupun penghargaan yang informal yang telah diraih” ucap Muhadjir dari Gedung Aneka Bhakti, Kementerian Sosial RI pada Rabu, 23 Desember 2020.

Kegiatan serah terima jabatan Menteri Sosial RI dari Muhadjir Effendy kepada Tri Rismaharini ini diadakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan disiarkan secara langsung melalui YouTube Kemensos RI.

Muhadjir yang sebelumnya ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Sosial Ad Interim ini miliki harapan yang banyak akan kehadiran Risma di Kementerian Sosial agar dapat memberikan suasana yang lebih baik.

“Kalau selama ini Kementerian Sosial sudah baik, saya berharap menjadi lebih baik dan yang tidak kalah penting untuk jangka pendek ini harus bisa membangkitkan rasa percaya diri dari seluruh jajaran Kementerian Sosial, harus tidak boleh mengalami demoralisasi tetapi harus bangkit” ujarnya.

Karena Muhadjir mengatakan, tumpuan harapan rakyat Indonesia khususnya dalam menghadapi Covid-19 ini ada pada tangan Kementerian Sosial.

“Untuk itu saya yakin betul Bu Risma orang yang tepat betul untuk berada diposisi Kementerian Sosial sekarang ini.” Kata Muhadjir.

Pada kesempatan tersebut Muhadjir pun mengatakan bahwa Kementerian Sosial merupakan salah satu Kementerian yang miliki peranan penting dalam penanggulangan kemiskinan di Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden untuk program 5 tahun kedepan yakni pembangunan sumber daya manusia, penyederhanaan birokrasi, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi dan transformasi ekonomi.

Baca juga:

Maka dari itu, komitmen serta konsistensi menurutnya sangat diperlukan dalam mengemban tugas sebaik-baiknya. Muhadjir pun katakan hal lain yang tidak kalah penting yakni program prioritas dari Kementerian Sosial seperti segera melakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk mendukung target zero poverty yang perlu dilakukan reformasi tata kelola DTKS dalam jangka waktu 2020-2024.

“Sebagai langkah awal yang akan dilakukan yaitu inventarisasi data dan sistem pendataan program lintas Kementerian dan Lembaga terutama yang berada di bawah Kemenko PMK dengan melibatkan tim penanggulangan kemiskinan daerah dalam proses pengolahan data penduduk miskin perbaikan skema committee peace targeting dan pemanfaatan pusat layanan terpadu untuk pendataan penduduk.” ucap Muhadjir Effendy. []

Berita terkait
23.700 Penyandang Disabilitas Dapatkan Bansos ASPD Kemensos
Kementerian Sosial salurkan bansos kepada 23.700 penyandang disabilitas di seluruh Indonesia melalui Bansos ASPD.
Kemensos Beri Akses Penuh Proses Hukum Juliari Batubara di KPK
Kementerian Sosial berjanji akan membuka akses informasi untuk bekerja sama penuh dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Kemensos Telah Salurkan BST Rp 27,5 M di Kabupaten Malang
Telah capai tahap ke-8, Kemensos sudah menyalurkan BST sebesar Rp 27,5 di Kabupaten Malang.
0
Sandiaga - M Lutfi - Erick Thohir, 3 Sahabat Jadi Menteri Jokowi
Sandi, Erick, dan Lutfi juga merupakan pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Kini mereka jadi menteri Jokowi.