UNTUK INDONESIA
Menkes China: Virus Corona Lebih Berbahaya dari Sars
Virus corona ternyata penularannya terjadi pada masa inkubasi sebelum gejala muncul. Hal ini membuat penyebaran virus sulit untuk dibendung.
Virus Corona. (Foto: thestar.com)

Jakarta - Virus corona baru yang telah menginfeksi hampir 2.000 orang ternyata penularannya terjadi pada masa inkubasi sebelum gejala muncul. Hal ini membuat penyebaran virus sulit untuk dibendung, kata seorang pejabat kesehatan China.

Virus corona yang gejalanya mirip infeksi pernafasan akut berat (Sars) ini telah menewaskan 56 orang. "Kemampuan penyebaran virus tampaknya semakin menguat," kata Menteri Kesehatan China Ma Xiaowei kepada wartawan, seperti diberitakan dari BBC News, Minggu, 26 Januari 2020.

Terkait penyebaran virus yang semakin meluas, beberapa pemerintah kota di China memberlakukan pembatasan perjalanan yang sangat ketat. Kota Wuhan, di Provinsi Hubei yang menjadi sumber wabah telah dikarantina.

Seorang pejabat menyebutkan bahwa penjualan semua satwa liar dilarang yang berlaku sejak Minggu 26 Januari 2020. Hal ini terkait dugaan hewan liar sebagai penyebab penyebaran virus corona. Namun sejauh ini otoritas yang berwenang belum secara resmi mengidentifikasikan bahwa hewan liar sebagai mediator penyebaran virus.

Virus CoronaPintu gerbang utama Masjid Nanxiapo, Beijing, terpasang pengumuman ditiadakannnya aktivitas masyarakat di tempat-tempat umum termasuk kegiatan shalat Jumat untuk menghindari meluasnya wabah virus corona yang telah merengggut puluhan nyawa di Kota Wuhan, Jumat 24 Januari 2020. Kunjungan ke objek wisata, tempat peribadatan, dan perayaan Tahun Baru Imlek di China juga ditiadakan sejak 24 Januari 2020 pukul 00.00 waktu setempat. (Foto: Antara/M. Irfan Ilmie)

Masa inkubasi virus corona pada manusia terbilang relatif cepat. Seorang pejabat menyebutkan proses inkubasi berkisar satu hingga 14 hari.

Dikatakan bahwa pada masa inkubasi, seseorang belum bisa merasakan gejala terjangkit virus. Meskipun orang itu belum mengetahui kalau dirinya terjangkit, bisa saja ia menjadi penyebar virus ke orang lain.

Kemampuan penularan virus corona semakin kuat.

Beda dengan Sars (wabah coronavirus mematikan yang juga melanda China tahun 2002-2003) dan Ebola hanya menular ketika gejalan muncul. Wabah seperti ini relatif lebih mudah diidentifikasi dan mengisolasi orang yang terjangkit dan memantau siapa saja yang berhubungan dengannya)/

"Menghentikan "penyebar virus tanpa gejala" semacam itu akan membuat pekerjaan otoritas Cina jauh lebih sulit," kata pejabat kesehatan itu.

Ini menakutkan. Kami mendengar virus dapat bertahan selama dua minggu dalam tubuh manusia tanpa menunjukan tanda-tanda orang itu sakit.

Masih ada sejumlah pertanyaan penting yang sejauh ini sulit dipecahkan. Seberapa besar seorang terinfeksi selama periode inkubasi. Apakah ada pasien di luar China yang menyebarkan virus corona ini sebelum ia terinfeksi? Dan, mengapa Komisi Kesehatan Nasional China menyatakan bahwa kemampuan penularan virus corona ini semakin kuat?

Cerita warga Inggris yang terjebak di Wuhan

Setelah pemerintah mengisolasi kota Wuhan, banyak warga negara asing terkurung. Salah satunya Sophie dari Inggris.

"Kami sudah terkurung selama empat hari. Kami mengetahui tentang virus pada 31 Desember. Itu semakin buruk. Sekarang benar-benar buruk," katanya kepada BBC News.

Virus CoronaVirus Corona. (Foto: axios.com)

Kata Sophie lagi,"Ini menakutkan. Kami telah mendengar virus dapat bertahan selama dua minggu dalam tubuh manusia tanpa menunjukkan tanda-tanda orang itu sakit."

"Keluarga sangat khawatir dengan kondisi kami," ucap Sophie lagi.

Yin Yu, penduduk lokal bercerita kesulitan mencari angkutan umum karena tidak beroperasi. Menurutnya mereka yang membawa mobil secara suka rela membawa orang yang sakit ke rumah sakit penuh sesak.

"Tidak ada mobil, jadi kami bertanggungjawab membawa orang ke rumah sakit. Kami membawanya kembali, setelah itu kami akan mendapatkan disinfektan. Semuanya gratis," ucap Yin Yu kepada kantor berita AFP.

"Kami baik-baik saja," kata Zhang Lin, pengemudi lain. Katanya lagi,"Pasti ada seseorang yang melakukan ini. Kami dari Wuhan, dan bahkan kalian (jurnalis) ada di sini untuk membantu kami. Warga negara kami juga harus keluar untuk melakukan ini. Ini tugas kami."[]

Baca Juga:


Berita terkait
Empat Tips Cegah Penyebaran Virus Corona
Penyebaran Virus Corona sangat meresahkan masyarakat Indonesia, bagaimana trik menghadapinya? Berikut Tagar rangkumkan.
Waspada, Pengidap Virus Corona Bertambah di Malaysia
Kementerian Kesehatan Malaysia melaporkan pengidap virus corona bertambah. Berikut penjelasannya.
Heboh Corona, 150 Warga China Melancong ke Sumbar
Sebanyak 150 turis asal China berwisata ke Sumatera Barat, di tengah merebaknya isi virus corona.
0
KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Suap Lapas Sukamiskin
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas izin keluar Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.