UNTUK INDONESIA
Empat Tips Cegah Penyebaran Virus Corona
Penyebaran Virus Corona sangat meresahkan masyarakat Indonesia, bagaimana trik menghadapinya? Berikut Tagar rangkumkan.
Virus Corona. (Foto: nypost.com)

Jakarta - Virus Corona telah menelan 41 korban jiwa dan 1.300 kasus secara global. Virus mematikan ini berasal dari kelelawar dan musang. Penyebarannya melalui udara, dan bisa juga karena menyentuh sesuatu yang mengandung air ludah, urin atau feses penderita.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengeluarkan imbauan sebagai langkah pencegahan dan pengawasan soal Virus Corona. 

Penumpang yang datang dari negara lain tak luput dari pengawasan, dilakukan skrining menggunakan kamera pemindai suhu tubuh (Thermal Scanner) dan Surveilans Syndrome. 

Selain itu, Kemenkes juga mengimbau masyarakat untuk melakukan beberapa hal ini sebagai tindakan pencegahan. Berikut Tagar rangkumkan.

1. Gunakan Alat Pelindung Diri

Selalu gunakan alat pelindung diri saat melakukan perjalanan jauh, apalagi ada kemungkinan kontak dengan penderita. Namun, hal ini lebih ditekankan pada awak pesawat, petugas imigrasi, dan petugas kesehatan.

2. Jaga Perilaku Hidup Bersih

Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat saat bepergian. Tutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin, mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, tidak bertukar botol minum atau sejenisnya, dan selalu menjaga kondisi daya tahan tubuh.

3. Periksa Diri

Jika mengalami demam, batuk, atau sesak napas, segera periksa ke petugas kesehatan. Jangan dibiarkan begitu saja.

4. Hindari Tempat Terjangkit Virus Corona

Perjalanan menuju Tiongkok dan Hong Kong harus lebih memperhatikan penyebaran penyakit ini. Diharapkan menghindari tempat-tempat terjangkitnya virus korona. 

Selain itu, harus menghindari kontak langsung dengan penderita yang mengalami demam, batuk, serta sesak napas. []

Berita terkait
Cegah Virus Corona, Heat Scanner Siaga di Silangit
Mencegah penyebaran virus corona Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit menyediakan alat deteksi heat scanner.
Mengenali Virus Corona dan Gejala Penyakit SARS
Penyakit SARS menggegerkan publik karena mengakibatkan kematian. untuk itu perlu mengenali gejala dan penyebabnya.
Garuda Pastikan Tak Jadi Mediator Virus Corona
Direktur Utama Irfan Setiaputra memastikan maskapai Garuda Indonesia tak akan menjadi mediator penyebaran Pneumonia Coronavirus Wuhan.
0
Dapat Stimulus Pemerintah, Garuda Akan Turunkan Harga Tiket
Garuda Indonesia akan menyesuaikan harga tiket pesawat seiring kebijakan stimulus subsidi penerbangan tarif Jasa Penumpang Pesawat Udara.