Mengulas 5 Manfaat Wortel untuk Kecantikan

Tidak hanya baik untuk kesehatan, wortel ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk perawatan dan kecantikan. Inilah manfaatnya.
Ilustrasi - Manfaat Wortel untuk Kecantikan. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Wortel adalah salah satu sayuran yang rendah kalori. Memiliki nama latin Daucus carota, sayuran ini merupakan salah satu sumber serat alamai. 

Sayuran ini vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B6, likopen, beta karoten, hingga antosianin. P

Wortel dikenal dapat menjaga kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, khasiat wortel lainnya adalah dapat menyeimbangkan gula darah, menjaga tekanan darah, dan lainnya. 

Tidak hanya baik untuk kesehatan, wortel ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk perawatan dan kecantikan. Seperti kulit berminyak, meregenerasi kulit, dan lain-lain. 

Untuk mendapatkan hal tersebut, wortel dapat dikonsumsi secara langsung ataupun digunakan sebagai masker. Berikut 5 manfaat wortel bagi kecantikan.


1. Kulit Berminyak dan Kering

Manfaat wortel yang pertama adalah dapat mengatasi kulit berminyak dan kering. Wortel dipercaya dapat mengatasi pori-pori besar serta berminyak. Untuk mengatasi kulit kering, Anda bisa membuat masker wortel dengan mentimun. Dengan masker ini, kulit Anda akan menjadi lembab.

Cara membuatnya mudah dan praktis. Siapkan 2 sendok wortel yang sudah dihaluskan, 1 sendok mentimun yang sudah dihaluskan, dan 1 sendok sour cream. Campurkan semua bahan tersebut dan aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci wajah dengan air hangat dan keringkan wajah.


2. Meregenerasi Sel Kulit Mati

Salah satu kandungan yang terdapat pada wortel adalah vitamin A. Kandungan vitamin ini dapat membantu regenerasi sel kulit mati. Sehingga kulit akan nampak lebih sehat, halus, dan bercahaya.


3. Menyamarkan Flek Hitam

Mencampurkan wortel, olive oil, dan madu, dapat menghilangkan flek hitam pada wajah. Aplikasikan masker tersebut, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan treatment ini secara rutin untuk hasil yang lebih cepat dan memuaskan.


4. Mencegah Penuaan

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada wortel bersifat antioksidan yang dapat menghambat proses penuaan. Untuk dapat mencegah penuaan dini dengan wortel, Anda bisa mengkonsumsi wortel secara langsung ataupun menggunakan masker wortel dengan rutin.


5. Mengencangkan Kulit

Kandungan vitamin C pada wortel dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Dengan meningkatnya kolagen dalam tubuh menjadikan kekenyalan dan kekencangan kulit terjaga dengan baik.

(Ni Nyoman Mastika Mega Puspita)

Berita terkait
Manfaat Garam untuk Kecantikan Kulit dan Wajah
Pasalnya, garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat yang membandel.
Ragam Manfaat Timun untuk Kesehatan Wajah
Penggunaan kosmetik seperti skincare menjadi pilihan yang kian menjamur dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
5 Manfaat Cleansing Milk Pembersih Wajah yang Mencerahkan
Cleansing milk atau susu pembersih merupakan salah satu produk perawatan kulit untuk membersihkan kotoran dan make-up secara menyeluruh.
0
Mengulas 5 Manfaat Wortel untuk Kecantikan
Tidak hanya baik untuk kesehatan, wortel ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk perawatan dan kecantikan. Inilah manfaatnya.