5 Manfaat Cleansing Milk Pembersih Wajah yang Mencerahkan

Cleansing milk atau susu pembersih merupakan salah satu produk perawatan kulit untuk membersihkan kotoran dan make-up secara menyeluruh.
Ilustrasi - Cleansing Milk Pembersih Wajah. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Cleansing milk atau susu pembersih merupakan salah satu produk perawatan kulit untuk membersihkan kotoran dan make-up secara menyeluruh. Banyak orang yang menggemari produk ini karena memiliki tekstur yang ringan.

Berkat teksturnya yang ringan, lembut, dan tidak berbusa ini, produk yang juga disebut milk cleanser ini cocok digunakan pemilik kulit kombinasi.

Pada dasarnya fungsi utama dari milk cleanser yaitu membersihkan wajah dengan menghilangkan kotoran, minyak, makeup, dan sel kulit mati. Berdasarkan sejumlah sumber berikut manfaatnya bagi wajah.


1. Melembapkan kulit

Kegunaan lain dari milk cleanser yaitu membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Produk cleansing milk mengandung mineral oil yang memiliki efek melembapkan pada kulit kering. Kandungan pada susu pembersih ini juga dianggap membantu memperlambat penuaan dini.

Proses penuaan sebenarnya terjadi lebih cepat pada tipe kulit yang kering, tetapi mineral oil bisa membantu mencegah risiko ini dan menjaga kelembapan kulit.


2. Mencerahkan kulit

Tahukah Anda banyak orang yang percaya jika mengoleskan susu ke kulit dapat membantu mencerahkan kulit wajah? Banyak produk pencerah kulit yang mengandung asam laktat dari susu yang dipercaya dapat mengobati bintik hitam.


3. Mencegah jerawat

Seperti yang sudah diketahui, kegunaan utama dari milk cleanser yaitu membantu mengangkat pori-pori kulit hingga wajah menjadi bersih.

Manfaat tersebut ternyata membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Cleansing milk yang dapat mengangkat sisa make-up dan kotoran hingga ke dalam pori-pori tentu membantu mencegah beberapa masalah kulit.


4. Mengangkat sel kulit mati

Salah satu manfaat cleansing milk yang sayang dilewatkan, yaitu mengangkat sel kulit mati. Kebanyakan susu mengandung asam laktat, yaitu bagian dari bahan asam alfa hidroksi (AHA) yang banyak dijumpai pada produk perawatan kulit.

Selain itu, asam laktat cukup populer digunakan pada produk pembersih wajah anti-penuaan. Hal ini dikarenakan kandungan aktif susu pembersih dapat mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru.


5. Menenangkan kulit yang sensitif

Bagi pemilik kulit sensitif, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan cleansing milk. Pasalnya, cleansing milk juga menawarkan manfaat untuk menenangkan kulit yang sensitif.

Selain itu, senyawa dengan aroma amonia ini dikenal dapat menetralkan pH yang lebih tinggi dan lebih rendah. Produk dengan tingkat pH netral memiliki tingkat risiko mengiritasi kulit yang lebih rendah. []


Berita terkait
Cara Menetralkan Kulit Wajah Sebelum Ganti Skincare
Mengubah rutinitas skincare secara mendadak bisa menimbulkan masalah pada kulit, apalagi bila Anda memiliki kulit sensitif. Inilah caranya.
Hilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami dengan 6 Bahan Ini!
Flek hitam merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh perempuan. Nah berikut cara hilangkannya dengan bahan alami.
Cara Pakai Setrika Wajah Tanpa Harus ke Klinik Kecantikan
Setrika wajah merupakan alat perawatan wajah yang memanfaatkan gelombang Radio Frequency untuk meningkatkan kolagenisasi. Ini cara pakainya.
0
5 Manfaat Cleansing Milk Pembersih Wajah yang Mencerahkan
Cleansing milk atau susu pembersih merupakan salah satu produk perawatan kulit untuk membersihkan kotoran dan make-up secara menyeluruh.