Pemerintah Kota Makassar

Mengenal Rupee, Mata Uang Negara India

Rupee yang kita simpan di saku kita memiliki masa lalu yang aneh atau membingungkan.
Mata uang negara India, Rupee. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Asal kata “Rupee” adalah dari kata Sansekerta ‘Rupya’ yang berarti berbentuk, dicap, koin dan juga dari kata Sansekerta “raupya” yang berarti perak. Rupee yang kita simpan di saku kita memiliki masa lalu yang aneh atau membingungkan.

Sejarah rupee India menelusuri kembali ke India kuno, sekitar abad ke-6 SM. India Kuno adalah salah satu penerbit koin paling awal di dunia, bersama dengan negarawan Cina dan negara Lydia. Koin India pertama dicetak oleh Mahajanpadas (Kerajaan Republik India kuno) yang dikenal sebagai Purana, Karshapanas atau Panas.

Koin-koin ini terbuat dari perak dan berat standar tetapi dengan bentuk yang tidak beraturan dan tanda yang berbeda seperti Saurashtra memiliki banteng berpunuk, Dakshin Panchala memiliki Swastika dan Magadha memiliki beberapa simbol.

Kemudian kaisar Maurya pertama Chandragupta Maurya datang dengan Koin Bertanda Punch yang dicetak dari perak, emas, tembaga, atau timah. Raja-raja Kushan Indo-Yunani memperkenalkan kebiasaan Yunani dalam mengukir potret pada koin. Chanakya, perdana menteri kaisar Maurya pertama menyebutkan pencetakan koin seperti Rupyarupa (perak), Suvarnarupa (emas), Tamararupa (tembaga) dan Sisarupa (timah).

Sultan Turki Delhi telah menggantikan desain kerajaan raja-raja India dengan kaligrafi Islam pada abad ke-12. Mata uang itu terdiri dari emas, perak dan tembaga yang dikenal sebagai Tanka dan koin bernilai lebih rendah yang dikenal sebagai Jittals. Kesultanan Delhi juga berusaha untuk membakukan sistem moneter dengan mengeluarkan koin dengan nilai yang berbeda.

Kekaisaran Mughal dari tahun 1526 M mengkonsolidasikan sistem moneter untuk seluruh kekaisaran. Di era ini, evolusi rupee terjadi ketika Sher Shah Suri mengalahkan Humayun dan mengeluarkan koin perak 178 gram yang dikenal sebagai Rupiya dan koin ini tetap digunakan selama periode Mughal, era Maratha dan British India.

Ketika British East India Company mendirikan dirinya di India pada tahun 1600-an, Rupiya perak Sher Shah tetap populer. Meskipun banyak upaya untuk memperkenalkan pound sterling di India, Rupiya semakin populer dan bahkan diekspor sebagai mata uang ke koloni Inggris yang lainnya.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga:

Berita terkait
Mengenal Peso, Mata Uang Negara Filipina
PHP biasanya disebut dengan piso, nama Filipina. Karena negara itu adalah koloni Amerika Serikat sebelumnya.
Mengenal Franc Swiss, Mata Uang Swiss dan Sejarahnya
Franc Swiss terbagi menjadi 10, 20, 50, 100, 200, 1000 Franc. Kode ISO untuk mata uang ini adalah CHF.
Jadi Mata Uang Digital yang Mahal, Begini Sejarah Bitcoin
Bitcoin merupakan salah satu mata uang kripto yang paling cukup popular akhir-akhir ini. Begini sejarahnya yang perlu diketahui.
0
Mengenal Rupee, Mata Uang Negara India
Rupee yang kita simpan di saku kita memiliki masa lalu yang aneh atau membingungkan.