5 Bahan Rumahan untuk Atasi Rambut Susah Diatur

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 5 bahan yang dapat membantu memperbaiki rambut yang sulit diatur.
Ilustrasi rambut susah diatur. (Foto: Pexels)

Jakarta - Frizzy hair atau rambut kusut yang sulit diatur hingga mengembang disebabkan oleh rambut yang kering, rusak, dan kurang lempap. Namun, cuaca yang lembap dan basah justru cenderung membuat rambut kusut semakin parah. mungkin sulit untuk dijinakkan.

Hal itu terjadi karena rambut kering mencoba menyerap kelembapan dari udara, menyebabkan setiap kutikula rambut (lapisan luar rambut) membengkak, bukannya rata. Kutikula sendiri terdiri dari sisik yang tumpang tindih dan terpisah. Saat udara lembap, kutikula akan naik dan membuat rambut terlihat kusut.

Apa pun yang bersifat mengeringkan rambut bisa memperparah kekusutan. Ini termasuk sampo yang bersifat basa, produk rambut yang mengandung alkohol, dan alat penata rambut yang menggunakan panas.

Jika ingin rambut terlihat lebih mulus, ada cara rumahan yang dapat mengembalikan kelembapan untuk membantu mengurangi kusut. Manfaat tambahannya adalah peningkatan kelembapan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 5 bahan yang dapat membantu memperbaiki rambut yang sulit diatur:

Cuka ApelCuka apel bahan alami pembersih wajah. (Foto: lifeofpix.com)

1. Cuka Sari Apel

Rambut sehat memiliki tingkat pH asam yang berkisar antara 4,5 dan 5,5. Cuka sari apel adalah asam alfa hidroksi yang sedikit asam. Dikarenakan hal ini, dikatakan bahwa bila dioleskan secara topikal di rambut, dapat bermanfaat untuk menjinakkan rambut kusut dan sulit di atur.

Selain itu, cuka sari apel juga dapat membantu menghilangkan residu produk yang dapat membuat rambut tampak lebih berkilau.

Untuk menggunakan cuka sari apel pada rambut, cukup campurkan 1/3 cangkir cuka sari apel organik dengan 1 liter air hangat. Kemudian gunakan secukupnya di rambut dan biarkan selama 1 hingga 3 menit.

Setelahnya bilas dengan air dingin dan keringkan. Disarankan untuk menggunakan cara ini sebanyak satu atau dua kali seminggu.

Minyak KelapaIlustrasi minyak kelapa. (Foto: keckmedicine)

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa tinggi asam laurat. Saat dioleskan pada rambut, minyak kelapa mudah diserap dan dapat membantu menambahkan kelembapan pada rambut dan mengurangi kehilangan protein.

Cara menggunakannya adalah tuang sedikit minyak kelapa organik ke telapak tangan dan pijat lembut ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan sampo.

Anda juga bisa memakai sedikit minyak kelapa di rambut setelah keramas, atau membiarkannya selama semalaman sebagai masker.

Minyak ArganIlustrasi minyak Argan. (Foto: Allthingshare)

3. Minyak Argan

Minyak argan kaya akan zat pelembab seperti asam oleat dan asam linoleat. Ini juga mengandung antioksidan seperti vitamin E. Banyak yang percaya minyak ini memiliki manfaat perlindungan rambut terhadap panas seperti yang dihasilkan oleh produk penataan rambut atau sinar matahari.

Untuk menggunakan minyak argan, cukup dengan oleskan dan ratakan beberapa tetes ke rambut basah dari kulit kepala hingga ujung sebelum memulai penataaan rambut. Anda juga dapat menggunakan sisir, sikat, atau jari-jari untuk membantu menyebarkannya.

Selain itu, bagi pemilik rambut kering, Anda bisa menggunakan minyak argan sebagai salah satu bagian dari perawatan rambut.

Masker alpukatIlustrasi masker alpukat. (Foto: Tagar/azpagirls)

4. Alpukat

Alpukat mengandung nutrisi baik yang dapat membantu memperkuat rambut seperti vitamin A dan E. Buah ini juga dapat membantu melembapkan dan menjinakkan rambut kusut.

Cara membuat masker dari alpukat untuk rambut cukup mudah. Hancurkan alpukat dan campur dengan 2 hingga 4 sendok makan minyak kelapa sampai mendapatkan konsistensi yang halus seperti masker.

Berikutnya oleskan ke kulit kepala dan rambut. Lalu tutupi rambut dengan topi plastik atau handuk. Diamkan selama 20-30 menit kemudian keramas sampai bersih. Disarankan untuk menggunakan masker rambut ini satu hingga dua kali seminggu.

TelurIlustrasi Telur. (Foto: Pixabay/varintorn)

5. Telur

Telur kaya akan lemak jenuh, biotin, dan vitamin. Tidak banyak bukti yang menghubungkan telur dengan pengurangan rambut kusut. Namun, beberapa orang percaya masker telur dapat membuat rambut lebih sehat, berkilau, dan bebas kusut.

Cara penggunaannya pun mudah. Kocok dua telur sampai berbusa lalu oleskan ke rambut dan kulit kepala. Berikutnya adalah tutupi rambut dengan topi plastik dan biarkan selama 15 menit. Setelahnya, keramas sampai bersih.

Selain itu, Anda juga bisa membuat variasi perawatan ini dengan mencampurkan satu telur dengan minyak kelapa atau minyak argan. Gunakan cara yang sama dan lakukan sebanyak satu atau dua kali seminggu. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Tips Memilih Sampo dengan Bahan Sesuai Jenis Rambut
Berikut tips memilih bahan-bahan dalam sampo yang dibutuhkan oleh jenis rambut tertentu, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.
Cara Mudah Mengatasi Rambut Keriting dan Kusut
Rambut keritingmu sering kusut? Berikut cara mudah mengatasinya secara alami, bisa kamu terapkan dirumah setiap hari lho.
Tips Mewarnai Rambut di Rumah Anti Gagal
Menyemir rambut saat ini sangat populer. Berikut tips menyemir rambut anti gagal.
0
5 Bahan Rumahan untuk Atasi Rambut Susah Diatur
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 5 bahan yang dapat membantu memperbaiki rambut yang sulit diatur.