UNTUK INDONESIA
Mengenal Kanker Ginjal yang Menyerang Vidi Aldiano
Penyanyi solo Vidi Aldiano mengidap kanker ginjal, kenali pencegahan dan pengobatan penyakit tersebut.
Penyanyi solo Vidi Aldiano mengidap kanker ginjal (Foto: Instagram/@vidialdiano)

Jakarta - Penyanyi solo Vidi Aldiano baru saja memberikan kabar penyakit kanker ginjal yang dialaminya. Pria kelahiran 29 tahun itu sedang menjalani operasi di Singapura pada Jumat, 13 Desember 2019. 

Diketahui melalui manajernya, kanker yang diderita pria berusia 29 Maret 2019  itu sudah tahap stadium 3. Vidi juga meminta doa untuk kelancaran proses pengobatannya melalui akun Instagram pribadi @vidialdiano

Penyakit mematikan ini memang tidak mengenal usia dan secara tiba-tiba menyerang organ tubuh. Awalnya, penderita kanker ginjal tidak merasakan adanya gejala apa pun. 

Namun pada stadium lanjut, biasanya penderita mulai memberikan tanda-tanda gejala tanpa disadari. Berikut Tagar memberikan ulasannya. 

  • Demam
  • Keluar keringat pada malam hari
  • Kekurangan darah
  • Penurunan berat badan
  • Tekanan darah tinggi
  • Nyeri dan bengkak di sekitar punggung bawah sampai pinggang
  • Berubahnya warna urine menjadi kecokelatan
  • Pembengkakan pembuluh darah sekitar testis pada pria
  • Kelenjar di bagian leher membengkak
  • Batuk berdarah, hal ini jika kanker telah menyebar ke paru-paru
  • Nyeri tulang, jika kanker telah menyebar ke tulang.

Bagi mereka yang mengidap penyakit kanker ginjal, biasanya dokter akan menanyakan gejala tersebut dialami oleh mereka atau tidak. Setelah itu, baru dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan diagnosis.

Umumnya terdapat beberapa pemeriksaan untuk hal ini seperti tes urine, tes darah, USG, CT Scan, MRI, dan Biopsi. Melalui metode-metode tersebut, dokter bisa menyimpulkan apakah pasien mengalami kanker ginjal atau bukan.

Penyebab Kanker Ginjal

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kanker ginjal itu sendiri. Tetapi dokter mendeteksi kanker dimulai ketika DNA dalam sel ginjal bermutasi. Karena mutasi inilah sel ginjal itu menjadi tidak terkendali, dan akhirnya membentuk tumor yang dapat menyebar ke seluruh organ ginjal atau bagian tubuh lainnya.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker ginjal, diantaranya:

  1. Merokok
  2. Obesitas
  3. Hipertensi
  4. Efek samping cuci darah jangka panjang
  5. Memiliki anggota keluarga sesama penderita kanker ginjal
  6. Faktor genetik keluarga

Pengobatan Kanker Ginjal

Pengobatan penyakit ini dilakukan berdasarkan ukuran atau diameter kanker ginjal dan penyebaran sel di dalam tubuhnya. Berikut beberapa pengobatan kanker ginjal. 

1. Operasi

Biasanya pengidap kanker ginjal melakukan pengobatan dengan cara pengangkatan ginjal melalui operasi. Dalam proses ini bisa saja dilakukan operasi seluruh ginjal, jaringan ikat sekitar ginjal, kelenjar adrenal, atau kelenjar getah bening.

Ada dua macam operasi kanker ginjal, yaitu nefrektomi parsial dan nefrektomi radikal. Nefrektomi parsial itu suatu prosedur operasi pengangkatan sebagian ginjal yang berubah menjadi sel kanker. Biasanya prosedur ini dilakukan bila tumor kurang dari 4 centimeter.

Nefrektomi radikal, yaitu operasi pengangkatan seluruh organ ginjal yang terdapat sel kanker. Jika prosedur ini dilakukan, pasien akan hidup dengan satu ginjal. 

2. Arterial embolozitation

Prosedur ini berfungsi untuk mengecilkan tumor serta menghalang pembuluh darah utama mengalirkan darah ke ginjal. Tindakan ini dilakukan supaya tumor tidak mendapatkan oksigen yang dibawa oleh darah dan zat lain, Dengan begitu, tumor tidak akan berkembang. 

3. Terapi radiasi

Pengobatan ini menggunakan energi radiasi tinggi untuk membunuh sel kanker.Terapi tersebut juga dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit terutama ketika sel kanker sudah menyebar ke tulang.

4. Kemoterapi

Kemoterapi suatu istilah yang sering diketahui tentang pengobatan penyakit kanker. Namun, sebenernya prosedur ini tidak terlalu ampuh untuk melawan sel kanker ginjal. Pada metode ini menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker. 

5. Immunoterapi

Pengobatan ini paling mutakhir yang telah menunjukan beberapa keberhasilan di dalam dunia pengobatan untuk melawan kanker ginjal. Metode yang digunakan melibatkan penggunaan protein hewan seperti interferon, sunitinib, dan bevacizumab. Pengobatan ini memanfaatkan imun tubuh untuk melawan sel kanker. 

Pencegahan Kanker Ginjal

Pencegahan terhadap penyakit ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti:

- Berhenti merokok

- Menjaga berat badan

- Menjaga tekanan darah

- Gunakan alat pelindung diri di lingkungan kerja yang rentan terhadap zat yang mengancam kesehatan []

Baca juga:

Berita terkait
Vidi Aldiano Idap Penyakit Kanker Ginjal
Vidi Aldiano mengungkapkan berita mengejutkan dengan pengakuannya telah mengidap penyakit kanker ginjal.
Pentingnya Pap Smear di Pencegahan Kanker Serviks
Pap smear masih menjadi kegamangan tersendiri bagi sejumlah perempuan menikah. Padahal langkah medis ini penting untuk cegah kanker serviks
Kisah Perjuangan Intan Khasanah Sembuh dari Kanker
Intan Khasanah sebagai pejuang kanker getah bening berhasil melalui tantangan hingga kini sehat normal.
0
Waspada Info Hoaks Penculikan Anak di Surabaya
Polrestabes Surabaya mengonfirmasi jika sampai saat ini belum ada kasus penculikan anak di Surabaya dan meminta warga untuk menyaring informasi.