Vokasi Kemdikbud

Mengenal Jenis Teh Premium Asal Nusantara

Berbagai jenis teh asal Nusantara memiliki kombinasi rasa dan aroma yang unik sehingga menjadikan rasanya berbeda dengan teh lainnya.
Ilustrasi - Teh premium asal Nusantara. (Foto: Tagar/Pexels/Asnida Riani)

Jakarta – Kebiasaan minum teh sudah lama melekat pada orang Nusantara, tak mengherankan banyak orang yang menyukai teh daripada yang lainnya, oleh sebab itu Anda harus mengenal jenis teh premium yang berasal dari Nusantara.

Ketua Dewan Teh Indonesia, Rachmad Gunadi menyebut teh Indonesia memiliki kombinasi rasa dan aroma yang unik yang menjadikan rasanya berbeda dari teh lainnya.

Tak kalah dengan teh-teh impor, Indonesia pun memproduksi beragam jenis teh premium. Adapun teh putih, teh kuning, teh merah, teh hijau premium, teh melati premium, juga teh merah Tambi.


  • Teh hijau premium

Baik teh hijau maupun teh hitam sebenarnya berasal dari daun teh yang sama yakni, camellia sinensis. Yang membedakan proses pengolahannya. Teh hitam akan dioksidasi selama beberapa jam sebelum dikeringkan, sedangkan teh hijau langsung dikukus setelah dipetik.

Menyandang nama premium berarti teh dibuat dari campuran teh murni dari pemetikan di waktu tertentu. Perbedaan wilayah tanam juga memberikan citarasa berbeda. Terbukti secara ilmiah, teh hijau mampu mencegah kanker, meningkatkan kesehata jantung, juga membantu menurunkan berat badan.


  • Teh kuning (yellow tea)

Seduhan berwarna kuning terang membuat teh kuning mudah dikenali. Berdasarkan Times of India, warna kuning ini tidak alami. Warna kuning diperoleh dari proses yang disebut sealed yellowing. Polifenol teh katekin terlebih dahulu dioksidasi hingga timbul semburat kuning, baru kemudian diolah lebih lanjut untuk mempertahankan warna dan aroma daun.

Mungkin namanya tidak sepopuler teh hijau atau teh hitam, tetapi bicara soal manfaat teh jenis ini tidak kalah dengan teh hijau. Jika dikonsumsi rutin, teh kuning bisa membantu menurunkan ukuran pinggang juga kadar kolesterol tubuh.


  • Teh putih (white tea)

jadi salah satu jenis teh premium di Indonesia. Sesuai namanya, teh putih memiliki hasil seduhan berwarna putih pucat hingga kekuningan.Teh putih alias white tea jadi salah satu jenis teh premium di Indonesia. Sesuai namanya, teh putih memiliki hasil seduhan berwarna putih pucat hingga kekuningan.

Produksinya begitu kecil sebab teh putih hanya menggunakan pucuk teh. Biasanya dua daun teratas yang diambil. Teh putih bakal lebih baik lagi jika kondisi daun masih menggulung.

Teh satu ini memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kepala Pusat Studi Biofarmaka Tropika dari LPPM IPB, Irmanida Batubara berkata teh putih mengandung antioksidan hingga 16 persen. Sedangkan, rata-rata teh asal Indonesia memiliki kandungan antioksidan sebesar 13 persen.


  • Teh merah (red tea)

Istilah red tea bisa merujuk ke beberapa jenis teh termasuk teh roiboos dari Afrika juga teh kembang sepatu, di Asia, teh merah diasosiasikan dengan teh hitam.

Hanya saja ini tidak sepenuhnya aneh. Menghimpun informasi dari berbagai sumber, teh merah juga menggunakan teh hitam dalam prosesnya. Di kawasan Gunung Halimun, Jawa Barat, teh dibuat dengan proses oksidasi fermentasi penuh sehingga rasa pahitnya berkurang.


  • Teh melati premium

Rasanya jenis teh satu ini akrab di lidah orang Indonesia. Teh melati menawarkan teh dengan aroma melati yang menyegarkan. Sebelum akhirnya sampai di berbagai belahan dunia, teh melati kali pertama meraih popularitas di masa pemerintahan dinasti Ming.

Selain rasa dan aromanya yang memikat, teh melati rupanya membawa aneka manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan Boldsky, teh melati bisa membantu menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi otak, menyehatkan jantung juga menurunkan risiko diabetes.

Itulah beberapa jenis teh yang harus Anda coba jika Anda ingin merasakan nikmatnya secangkir teh asal Nusantara. []

Berita terkait
10 Jenis Teh Herbal Berkhasiat Baik untuk Kesehatan
Berikut Tagar rangkumkan 10 jenis teh herbal yang memiliki khasiat baik untuk tubuh, dikutip dari laman Healthline.
Teh Jahe Cincau, Minuman Tepat Temani Pergantian Tahun
Hawa dingin kerap menyelimuti pergantian tahun. Tubuh butuh yang kehangatan. Teh jahe cincau jadi teman yang tepat. Ini resep dan cara bikinnya.
5 Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan
Rutin meminum air lemon menjadi kebiasaan banyak pelaku hidup sehat karena khasiat yang terkandung dalam sebuah lemon memiliki sejumlah manfaat.
0
Mengenal Jenis Teh Premium Asal Nusantara
Berbagai jenis teh asal Nusantara memiliki kombinasi rasa dan aroma yang unik sehingga menjadikan rasanya berbeda dengan teh lainnya.