7 Manfaat Teh Mint untuk Kesehatan, Ampuh Mengatasi Maag

Mengatasi Maag, menghilangkan bau mulut, dan meningkatkan energi, berikut manfaat meminum Teh Peppermint untuk kesehatan.
Ilustrasi Teh Peppermint. (Foto: Tagar/Yogajournal)

Jakarta – Teh Peppermint merupakan teh herbal yang dibuat dari daun peppermint. Peppermint sendiri merupakan ramuan aromatik hasil persilangan antara watermint dan spearmint asli Eropa dan Asia. Selain untuk penyedap rasa, Teh herbal ini digunakan sebagai obat.

Teh yang mengandung mentol, menthone, dan limonene ini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, rasa mintnya yang menyegarkan menjadikan teh ini populer untuk dikonsumsi di seluruh dunia

Berikut beberapa manfaat minum Teh Peppermint yang Tagar rangkum dari laman Boldsky:

1. Meredakan Sakit Maag

Peppermint telah lama digunakan sebagai obat untuk meredakan masalah pencernaan seperti kembung, sakit perut, dan mual. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa peppermint mampu melemaskan sistem pencernaan dan dapat meredakan sakit perut. Oleh karena itu, meminum teh peppermint dapat meredakan masalah pencernaan seperti Maag.

2. Nafas Segar

Membantu menjaga nafas tetap segar karena memiliki sifat antibakteri yang membantu membunuh bakteri penyebab penyakit plak gigi dan gusi. Oleh karena itu,  digunakan sebagai penyegar nafas untuk mencegah bau mulut, seperti pada obat kumur, pasta gigi dan permen karet.

Peppermint membantu menjaga nafas tetap segar karena memiliki sifat antibakteri yang membantu membunuh bakteri penyebab penyakit plak gigi dan gusi. Oleh karena itu, Peppermint digunakan sebagai penyegar nafas untuk mencegah bau mulut, seperti pada obat kumur, pasta gigi dan permen karet.

3. Mengatasi Hidung Tersumbat

Jika mengalami hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu dan alergi, Teh peppermint dapat membantu meningkatkan aliran udara hidung mu. 

Peppermint mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan flu serta infeksi saluran pernapasan bagian atas lainnya. Oleh karena itu, menghirup uap dari teh peppermint yang mengandung mentol dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

4. Meredakan Sakit Kepala

Mengandung mentol yang membantu meningkatkan aliran darah dan memberikan sensasi dingin yang membantu mengurangi rasa sakit, sehingga meminum teh  dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan nyeri atau sakit kepala.

Peppermint mengandung mentol yang membantu meningkatkan aliran darah dan memberikan sensasi dingin yang membantu mengurangi rasa sakit, sehingga meminum teh peppermint dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan nyeri atau sakit kepala.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh peppermint tidak mengandung kafein, jadi meminumnya sebelum tidur dapat membantumu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, peppermint juga berperan sebagai pelemas otot, yang berarti mengonsumsi teh peppermint akan membantumu melemaskan otot sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

6. Sumber Energi

Dengan meminum teh peppermint, anda dapat meningkatkan energi serta mengurangi rasa lelah. Hal tersebut dapat terjadi karena peppermint mengandung mentol, dengan menghirup aroma dari teh peppermint akan membantu Anda meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari.

7. Meredakan Nyeri Haid

Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat ekstrak peppermint dalam meredakan nyeri haid. Peppermint yang mengandung mentol dapat membantu meredakan nyeri haid dan kram, oleh karena itu meminum teh peppermint dapat mengurangi nyeri saat haid.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Teh, Hubungan Antara Pikiran, Tubuh dan Jiwa
Beberapa jenis teh dan manfaatnya bagi pikiran, tubuh dan jiwa.
Efek Kebanyakan Minum Kopi dan Teh Bagi Ibu Hamil
Kebanyakan ibu hamil pasti belum mengetahui efek yang ditimbulkan akibat konsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Berikut penjelasannya.
Fakta atau Hoaks Minum Teh Sembuhkan Covid-19
Pesan berantai soal kandung teh dapat menyembuhkan Covid-19 beredar lewat WhatsApp.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.