5 Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan

Rutin meminum air lemon menjadi kebiasaan banyak pelaku hidup sehat karena khasiat yang terkandung dalam sebuah lemon memiliki sejumlah manfaat.
Ilustrasi - Manfaat lemon. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta – Selain air putih, rutin meminum air lemon menjadi kebiasaan banyak pelaku hidup sehat, karena air lemon memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Lemon terkenal dengan manfaat sehatnya, terutama karena tinggi vitamin C. Banyak pelaku hidup sehat pun terbiasa mengawali hari dengan minum air lemon.

Di balik rasanya yang asam menyegarkan, minum air lemon punya manfaat kesehatan yang tidak perlu diragukan. Menurut dokter naturopati, Laura Neville manfaat minum air lemon sebagai berikut.


1. Bangkitkan energi

Manfaat minum air lemon untuk kesehatan adalah membangkitkan energi. Hal ini karena vitamin C pada lemon membantu penyerapan zat besi yang kalau kurang konsumsinya bisa sebabkan pusing.

Vitamin B pada lemon juga membantu produksi energi, kata Neville. Anda bisa menghaluskan satu potong lemon dengan kulitnya di blender. Tambahkan sedikit air jika dibutuhkan. Kemudian bekukan cairan ini dalam kotak es batu. Gunakan saat ingin membuat smoothies sayuran tinggi vitamin B.


2. Menstabilkan nafsu makan

Minum air lemon bisa mencegah rasa lapar muncul lebih cepat karena sifatnya yang menyeimbangkan kadar gula darah. Neville menyebut pektin jenis serat larut pada lemon yang memberi manfaat ini.

Caranya siapkan 1/2 lemon, peras habis airnya. Kemudian campurkan ke dalam secangkir air hangat dan tambahkan lemon zest atau sedikit madu.


3. Atasi kembung

Manfaat minum air lemon juga bisa untuk atasi penyakit pencernaan dan kembung yang kerap menyertainya. Asam sitrat pada lemon bisa membantu asam lambung pada tubuh dalam mencerna makanan.

Air lemon juga merupakan sumber potasium yang bagus. Mineral ini membantu mengontrol kadar natrium, berpotensi mengurangi kembung yang dipicu garam.


4. Lindungi sel tubuh

Vitamin C pada lemon juga bersifat sebagai antioksidan ampuh yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kondisi ini mungkin jadi penyebab kanker dan penyakit jantung.

Vitamin C juga berperan dalam proses sintesis kolagen yang bantu proses penyembuhan dari sakit lebih cepat. Kalau bosan dengan air lemon, Anda bisa mengkreasikan perasan lemon dalam beragam masakan.


5. Cegah batu ginjal

Penyakit batu ginjal juga bisa dicegah dengan rutin konsumsi air lemon. Citrine, garam dalam asam sitrat, bersifat mengikat kalsium yang membantu menghalangi pembentukan batu ginjal.

Fakta menariknya, penyakit batu ginjal kronis sering diobati dengan potasium sitrat, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa lemon juga dapat melakukan tugas itu.

Itulah mengapa air lemon baik untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh. []

Berita terkait
Lemon dan Empat Makanan Sehat Pelancar Buang Air Besar
Susah buang air besar (BAB) kerap menjadi permasalahan bagi setiap orang.
Mencium Aroma Lemon Tubuh Lebih Langsing
Sebuah penelitian memperlihatkan mencium aroma lemon ternyata bisa membuat seseorang merasa lebih langsing.
Madu dan Lemon Resep Cantik Alyssa Soebandono
Artis Alyssa Soebandono sangat menyadari betapa pentingnya menggunakan produk-produk kecantikan berbahan dasar alami.
0
5 Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan
Rutin meminum air lemon menjadi kebiasaan banyak pelaku hidup sehat karena khasiat yang terkandung dalam sebuah lemon memiliki sejumlah manfaat.