UNTUK INDONESIA
Mengalami Diare Saat Berpuasa, Kok Bisa?
Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban seluruh umat Islam. Hanya saja, ketika berpuasa selalu ada gangguan yang tak terduga.
Ilustrasi diare. (Foto: premierhealth.com)

Jakarta - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban seluruh umat Islam. Hanya saja, ketika berpuasa selalu ada gangguan yang tak terduga khususnya dalam kesehatan, seperti gangguan pencernaan atau diare.

Banyak faktor yang menyebabkan sebagian orang mengalami diare saat berpuasa. Mereka yang mengalami buang air secara terus menerus, mungkin tidak menerapkan pola makan yang tepat saat sahur dan berbuka. Padahal, kemampuan usus untuk bekerja mencerna makanan berkurang karena puasa.

Sebenarnya, mengalami diare saat puasa adalah hal yang wajar terjadi. karena tubuh sedang menyesuaikan perubahan pola makan yang berbeda dari biasanya. Tapi, yang jadi masalah ketika kondisi tersebut mengganggu dan membuat tidak nyaman terlebih selama berpuasa.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar ulas mengenai faktor-faktor pemicu diare saat berpuasa.

1. Makan Pedas saat Sahur dan Berbuka

Meskipun nikmat dan meningkatkan nafsu makan, nyatanya mengonsumsi makanan pedas saat sahur dan berbuka puasa bisa menjadi salah satu penyebab diare. Kenapa begitu, karena kandungan capsaicin yang berasal dari lada dan cabai ternyata membuat usus kecil iritasi, sehingga perut mulas dan anus terasa panas seperti terbakar.

Selain itu, capsaicin juga mengaktifkan reseptor tubuh yang menyebabkan makanan bergerak ke usus besar lebih cepat. Kondisi ini pun mengakibatkan seseorang menjadi sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air.

2. Makanan Berlemak dan Berminyak

Makanan berminyak memiliki kandungan lemak yang tinggi. Jika mengonsumsi secara berlebihan saat sahur dan berbuka bukan tidak mungkin seseorang akan mengalami diare.

Hal tersebut lantaran perut menjadi lamban dalam mencerna atau mengosongkan makanan dari lambung. Dampaknya seseorang akan mengalami mual, muntah, dan sakit perut.

Apalagi, bagi sebagian orang yang memiliki riwayat gangguan pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), Celiac, Crohn, menyantap makanan berminyak dan berlemak bisa memicu timbulnya sakit perut hingga diare.

3. Makanan Berbumbu Tajam

Mengonsumsi makanan yang berbumbu tajam, seperti mengandung rempah-rempah dan santan ternyata juga meningkatkan risiko mengalami diare saat berpuasa.

Untuk itu, yang memiliki riwayat gangguan pencernaan disarankan menghindari makanan berbumbu tajam, seperti gulai, rendang, dan opor saat sahur maupun berbuka.

4. Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, atau minuman bersoda juga bisa menyebabkan diare muncul saat berpuasa. Sebab, sistem pencernaan tidak bisa bekerja terlalu berat untuk menyerap air dan garam.

Kalau berlebihan mengkonsumsi minuman berkafein saat sahur dan berbuka, kemungkinan besar Anda akan mengalami diare saat puasa. Ingin terhindar dari diare, maka sebaiknya kurangi konsumsi minuman berkafein atau justru tidak mengkonsumsinya sama sekali.

5. Mengidap Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa adalah masalah pencernaan yang terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna laktosa, yakni salah satu bentuk gula yang terdapat pada susu dan produk olahannya.

Ketika tubuh sesorang tidak menghasilkan cukup enzim laktase untuk mencerna laktosa, perut tidak akan bisa mengolah laktosa menjadi energi. Laktosa yang tidak tercerna itu lantas memunculkan beragam gejala gangguan pencernaan, termasuk diare.

Maka, pengidap intoleransi laktosa harus menghindari atau membatasi konsumsi susu seperti susu sapi atau kambing, produk olahan susu seperti keju, es krim, yoghurt, dan mentega. 

Selain itu, mereka juga disarankan memperhatikan makanan lain yang mengandung laktosa seperti kue, biskuit, cokelat, permen, bumbu salad, kentang goreng siap saji, sup instan kemasan, daging olahan, serta roti atau sereal saat berpuasa. []

Berita terkait
Tips Berpuasa Ramadan Bagi Penderita Maag Kronis
Bagi sebagian orang yang menderita penyakit maag, mungkin ragu untuk menjalani ibadah puasa. Namun, ada panduang yang mesti dilakukan.
Tips Cegah Kelelahan Selama Bulan Puasa
Beberapa tips untuk mencegah tubuh lelah selama menjalani ibadah puasa Ramadan. Di antaranya melakukan tidur siang dan mengurangi makan pedas.
Tips Ampuh Mencegah Asam Lambung Naik Selama Puasa
Asam lambung bisa terjadi selama puasa karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam waktu yang cukup lama.
0
Mengalami Diare Saat Berpuasa, Kok Bisa?
Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban seluruh umat Islam. Hanya saja, ketika berpuasa selalu ada gangguan yang tak terduga.