Memiliki Banyak Kebaikan, Inilah Manfaat Sholat Tahajud

Manfaat sholat tahajud sangat luar biasa untuk seorang muslim. Bahkan, sholat tahajud dianggap sebagai ibadah sholat sunnah yang paling istimewa.
Sholat Dhuha (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Manfaat sholat tahajud sangat luar biasa untuk seorang muslim. Bahkan, sholat tahajud dianggap sebagai ibadah sholat sunnah yang paling istimewa. 

Telah disebutkan di dalam Al-Qur’an bahwa Sholat Tahajud dapat membuat orang yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah SWT.

Lantas apa saja sih manfaat dari sholat tahajud, berikut adalah penjelasannya.


1. Doa akan terkabul

Manfaat sholat tahajud yang pertama adalah akan dikabulkan doa-doanya oleh Allah SWT. Apalagi bila seseorang melaksanakannya di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).


2. Membuat tubuh lebih sehat dan dicegah dari perbuatan dosa

Dalam buku “Penakluk Subuh” oleh Muhammad Iqbal dijelaskan, manfaat sholat tahajud dapat membuat tubuh lebih sehat, dicegah dari perbuatan dosa, dan dihapus kesalahan, seperti sabda Rasulullah saw. berikut ini.


"Lakukanlah sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR. Tirmidzi).


3. Mendapatkan ridha Allah SWT

Manfaat orang yang sholat tahajud akan mendapatkan ridha Allah SWT. sebagaimana tercantum dalam hadis berikut. “Tiga orang yang diridhai Allah SWT. yaitu seorang yang pada tengah malam bangun dan sholat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk sholat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah.” (HR. Abu Ya'la).


4. Jembatan untuk masuk surga dan amalan yang akan membantu di akhirat

Terdapat sebuah hadis yang mengatakan tentang manfaat sholat tahajud yang luar biasa untuk umat manusia apabila menjalankannya. Manfaat itu adalah menjadikan sebuah jembatan untuk masuk ke surga.

Berikut bunyi hadis yang dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud. 

“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).


5. Diberi ketenteraman hati dan pikiran

Manfaat sholat tahajud yang dilakukan secara konsisten dapat membawa ketenteraman hati dan pikiran. Sholat tahajud adalah waktu untuk berkomunikasi kepada Allah SWT dimana umat muslim dapat mencurahkan segala isi hati dan memohon pertolongan kepada Allah SWT. 

Kedekatan antara Allah SWT. dan orang yang sholat tahajud niscaya dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dalam menghadapi kehidupan yang dinamis ini.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika melaksanakan sholat Sunnah yang dapat memberikan sejuta manfaat baik di dunia maupun di akhirat, semoga kita termaksud orang yang taat kepada Allah SWT.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Tiga Saat Tepat Salat Tahajud Agar Doa Terkabul
Terdapat 3 waktu terbaik salat Tahajud agar doa terkabul, di sepertiga malam pertama, kedua, dan terakhir.
Tata Cara, Niat dan Doa Sholat Hajat
Urutan kedua dalam tata cara sholat hajat ialah membaca do’a iftitah setelah takbiratul ikhram. Berikut bunyi dari do’a iftitah.
Keutamaan Membaca Doa Qunut saat Sholat Subuh
Meski begitu keutamaan menunaikan sholat subuh berjamaah banyak sekali. Karena di sholat subuh ada tambahan bacaan doa qunut.
0
Memiliki Banyak Kebaikan, Inilah Manfaat Sholat Tahajud
Manfaat sholat tahajud sangat luar biasa untuk seorang muslim. Bahkan, sholat tahajud dianggap sebagai ibadah sholat sunnah yang paling istimewa.