Keutamaan Membaca Doa Qunut saat Sholat Subuh

Meski begitu keutamaan menunaikan sholat subuh berjamaah banyak sekali. Karena di sholat subuh ada tambahan bacaan doa qunut.
Ilustrasi berdoa (FoIlustrasi berdoa (Foto:Taga/ Pexels)to:Taga/ Pexels)

Jakarta - Berbeda dengan sholat fardhu lainnya, sholat subuh memiliki keistimewaan dan juga tantangan tersendiri. Dimana umat muslim diwajibkan bangun pagi guna menunaikan ibadah subuh. 

Meski begitu keutamaan menunaikan sholat subuh berjamaah banyak sekali. Karena di sholat subuh ada tambahan bacaan doa qunut yang memiliki banyak manfaat.

Membaca doa qunut saat sholat subuh adalah sunnah, yakni barang siapa yang melakukan amalan ini maka mendapat pahala, tetapi apabila tidak dilakukan tidak apa-apa. Bacaan doa qunut mencangkup kebaikan dunia dan akhirat, mendatangkan banyak berkah, menjauhkan dari mudarat dan masih banyak lagi.

Sebelum mengetahui lebih lanjut, Berikut adalah bacaan Qunut dalam tulisan latin, dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia:

Allah hummah dinii fiiman hadait. Wa’aa finii fiiman ‘aafait. Watawallanii fiiman tawal-laiit. Wabaariklii fiimaa a’thait. Waqinii syarramaa qadhait. Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik. Wainnahu laayadzilu man walait. Walaa ya’izzu man ‘aadait. Tabaa rakta rabbanaa wata’aalait. Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait. Astaghfiruka wa’atuubu ilaik. Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Artinya:

"Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. 

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya."

Berikut Kekutamaan Dan Manfaat Doa Qunut :


1. Memberikan Petunjuk

Dalam bacaan doa qunut, ada lafaz yang memiliki arti sebagai suatu permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar diberi petunjuk. Kalimat atau lafaz tersebut bisa dianggap sebagai kata-kata tawasul. Jika membaca doa qunut ketika sholat subuh itu artinya kita memohon petunjuk dari Allah SWT.



2. Memberikan Perlindungan

Doa qunut dipercaya dapat menolak apa yang ditakutkan dan menghasilkan apa yang diharapkan seorang muslim. Terdapat kalimat di dalam doa qunut “wa’aafinii fii man’afaiit” yang memiliki arti “Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba-Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan”.

Kalimat tersebut mengartikan bahwa Allah SWT memberikan perlindungan kepada hamba-Nya dengan mengasihi keselamatan untuk hambanya.


3. Meningkatkan Rasa Syukur Atas Nikmat yang Diberikan

Dalam doa qunut Allah SWT menunjukan dan menjelaskan bahwasannya Allah senantiasa menganugerahkan kebaikan berbentuk berkah untuk setiap hamba-Nya. Sedikit atau banyaknya jumlah nikmat yang diberika oleh Allah SWT untuk setiap hamba-Nya akan menjadi berkah tersendiri.

Nikmat dan berkah yang diberikan Allah kepada hamba-Nya akan benar-benar bisa dirasakan jika seseorang bisa mensyukurinya.


4. Terhindar dari Penyakit

dalam doa qunut ada lafal “wa’aafini dii man hadaiit” yang berarti member perlindungan berbentuk keselamatan. Bentuk keselamatan yang dimaksud adalah kesehatan, dimana setiap hamba Allah yang bertakwa akan mendapatkan perlindungan dari berbagai penyakit.

Doa qunut apabila dilakukan saat berjamaah, maka imam dianjurkan untuk membaca qunut secara nyaring atau dikeraskan serta diikuti oleh para makmum yang mengamini. Kedua tangan juga dianjurkan diangkat seperti melakukan doa pada umumnya.

Tidak hanya dilakukan dengan berdiri,saat membaca doa qunut telapak tangan dianjurkan menghadap ke atas seperti selayaknya doa pada umumnya.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Doa Selamat Dari Wabah Corona dalam Buddha
Banyak orang di dunia yang memanjatkan doa kepada Tuhan menurut kepercayaannya masing-masing agar diberikan perlindungan, termasuk agama Budha.
Doa Kelancaran Rezeki Umat Khatolik
Itulah beberapa doa untuk kelancaran rezeki, semoga kita selalu mendapatkan rezeki yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Esa.
Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu
Tujuan wudhu yaitu mensucikan diri dari segala najis atau kotoran di anggota badan dengan basuhan air bersih.
0
Keutamaan Membaca Doa Qunut saat Sholat Subuh
Meski begitu keutamaan menunaikan sholat subuh berjamaah banyak sekali. Karena di sholat subuh ada tambahan bacaan doa qunut.