Mantan Bos Ferrari Domenicali Jabat CEO Formula 1

Domenicali juga akan menjadi presiden F1 bersama dengan Carey untuk memimpin pembenahan olahraga balap mobil ini.
Mantan bos Ferrari Stefano Domenicali. (Foto: Scuderia Ferrari)

Jakarta - Mantan bos Ferrari Stefano Domenicali akan menggantikan jabatan Chase Carey sebagai chief executive officer (CEO) balap mobil Formula 1 (F1). Domenicali akan secara resmi menjabat mulai Januari 2021.

Melansir laman Reuters, Sabtu, 26 September 2020, Domenicali yang juga mantan pembalap Italia ini juga akan menjadi presiden F1 bersama dengan Carey untuk memimpin pembenahan olahraga balap mobil ini.

Menanggapi terpilihnya Domenicali sebagai CEO F1, kepala tim Red Bull, Cristian Horner mengatakan bahwa penunjukkan Domenicali akan sangat tepat dan bagus untuk keberlangsungan olahraga balap tersebut.

"Setelah berkompetisi melawan dia ketika menjadi kepala tim Ferrari, dia memiliki integritas yang tinggi, dia adalah seorang pembalap, seorang pesaing, dia memahami bisnisnya,” kata Horner

Domenicali adalah ketua dan kepala eksekutif pembuat mobil sport Italia, Lamborghini, dan juga mengepalai komisi kursi tunggal FIA. Dia juga sempat menjabat sebagai bos tim Ferrari untuk periode 2008 sampai dengan 2014.

Stefano DomenicaliMantan bos Scuderia Ferrari Stefano Domenicali. (Foto: Times of India)

Penunjukkan Domenicali sebagai pemimpin F1 menempatkan tiga mantan bos Ferrari di jabatan tertinggi Formula 1. Ada Jean Todt yang menjabat sebagai presiden FIA dan juga Ross Brawn yang menjabai sebagai direktur pelaksana F1 untuk olahrga motor, dan terakhir adalah Domenicali sebagai CEO F1.

Menjabatnya mantan orang Ferrari di F1 membuat penggemar dan rival dari Ferarri takut akan adanya keberpihakan dalam menjalankan balapan. Namun banyak dari mereka mengharapkan kerja profesional dari masing-masing individu terhadap keberlangsungan F1.

"Tapi menurut saya tidak ada bias atau cinta tertentu terhadap Ferrari dari salah satu individu tersebut. Saya yakin Stefano akan berhati-hati dalam ketidakberpihakannya," ujar Horner.

Hal senada juga diucapkan oleh kepala teknis tim Mercedes-Benz James Allison. Dia mengatakan penunjukkan Domenicali sebagai pemimpin baru F1 merupakan langkah yang sangat tepat.

"Saya pikir kami akan berada di tangan yang aman dengan Stefano di kemudi,” kata Allison yang juga mantan karyawan Ferrari.[]

Berita terkait
Mobil Ferrari Ini Bisa Tampung 8 Penumpang
Mobil limusin garapan Ferrari ini bernama Ferrari 360 Modena Limusin dan dijual seharga Rp 4,1 miliar.
Pembalap Ferrari Sebut Ferrari SF1000 Lebih Gesit
Pebalap tim Ferrari, Charles Leclerc, merasa mobil SF1000 lebih gesit di tikungan dan akan mampu menjadi penantang utama bagi saingannya
Wah, Diam-Diam Karawang Bakal Produksi Pelek Ferrari
Sebuah perusahan nasional bidang otomotif diketahui telah membukukan kesepakatan bisnis dengan perusahaan pembuat pelek asal Italia
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.