Deretan Makanan dengan Banyak Energi untuk Tubuh

Berikut Tagar rangkum sejumlah makanan yang dapat memberi anda banyak energi yang dikutip dari laman Healtline.
ilustrasi olahraga. (Foto: Pixabay/skeeze)

Jakarta - Kekurangan energi bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari dan membuat anda kurang produktif. Energi sendiri merupakan kemampuan untuk melakukan usaha atau melakukan perubahan.

Manusia membutuhkan energi untuk bergerak, bernapas, bekerja, atau melakukan kegiatan. Maka dari itu tak heran jika jenis dan jumlah makanan yang anda makan memainkan peran penting dalam menentukan tingkat energi sepanjang hari.

Walaupun semua makanan memberikan energi, namun beberapa makanan mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan tingkat energi.

Dengan mengonsumsi makanan yang baik dan cukup, tubuh manusia bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Berikut Tagar rangkum sejumlah makanan yang dapat memberi anda banyak energi yang dikutip dari laman Healtline:

Pisangbuah pisang (Foto: Tagar/stevepb/pixabay.com)

1. Pisang

Buah pisang mungkin menjadi salah satu makan terbaik untuk energi. Pisang merupakan sumber karbohidrat kompleks, kalium, dan vitamin B6 yang sangat baik, semua kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan tingkat energi anda.

Nas MerahNasi Beras Merah. (Foto: Pixabay/EzBom)

2. Nasi Merah

Nasi merah merupakan makanan yang sangat bergizi. Nasi merah juga lebih baik dibandingkan nasi putih. Satu setengah cangkir beras merah mengandung 2g serat dan menyediakan sebagian besar dari asupan harian, mineral yang membantu enzim memecah karbohidrat dan protein untuk menghasilkan energi.

Tidak hanya itu, berkat kandungan seratnya, beras merah mempunyai indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, hal tersebut dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan tingkat energy yang stabil sepanjang hari.

KopiKopi, minuman berkafein. (Foto: Tagar/Pixabay)

3. Kopi

Kopi mungkin menjadi minuman favorit untuk dikonsumsi. Kopi yang kaya akan kafein dapat dengan cepat melewati aliran darah ke otak dan menghambat aktivitas adenosine, neurotransmitter yang menenangkan sistem sarah pusat. Akibatnya, produksi epinefrin -hormone yang merangsang tubuh dan otak meningkat.

Tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi lebih dari 400 mg kafein atau sekitar 4 cangkir kopi per hari.

Goji BerryManfaat buah goji berry untuk awet muda. (Foto: hummingbirdwholesale.com/)

4. Goji Berry

Goji berry mengandung antioksidan sehat. Aktioksidan sendiri dikenal karena kemampuannya untuk melawan peradangan dan radikal bebas. Goji berry juga telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok.

Selain dikemas dengan antioksidan, vitamin, dan mineral, buah ini juga dikenal sebagai sumber serat yang baik. Goji berry juga dapat mengontrol gula darah dalam tubuh dan menjaga kesehatan agar terhindar dari kanker.

Ilustrasi JerukIlustrasi Jeruk. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

5. Jeruk

Buah jeruk terkenal kaya akan kandungan vitamin C, satu jeruk dapat menyediakan 106 persen RDI untuk vitamin C. selain itu, jeruk mengandung senyawa antioksidan yang bisa melindungi dari stress oksidatif. Perlindungan antioksidan yang diberikan oleh jeruk dapat mengurangi kelelahan.

StroberiStroberi. (Foto: Pixabay/robertobarresi)

6. Stroberi

Stroberi merupakan buah penambah energi yang baik. Buah ini memberikan karbohidrat, serat, dan gula yang dapat meningkatkan tingkat energi. Sementara itu, stroberi juga dapat membantu melawan peradangan, dan melawan kelelahan serta memberikan energi.

Teh HijauIlustrasi. (Foto: Pixabay/rawpixel)

7. Teh Hijau

Teh hijau terkenal dengan segudang manfaat kesehatannya, memiliki antioksidan yang tinggi dapat membantu mencegah stress oksidatif dan peradangan.

Sama halnya dengan kopi, teh hijau mengandung kafein yang dapat meningkatkan tingkat energi.

Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa L-theanine yang bisa memoderasi efek kafein, seperti kecemasan, kegugupan, dan menghasilkan dorongan energi. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
12 Jenis Makanan Bantu Menyehatkan Kulit
Berikut Tagar rangkumkan 12 makanan terbaik yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit, dikutip dari laman healtline.
7 Jenis Makanan Khas Natal dari Berbagai Negara
Berikut Tagar rangkumkan 7 jenis makanan khas Natal di berbagai negara.
Lima Kebiasaan yang Dapat Memicu Kerusakan Kulit Wajah
Berikut ini Tagar rangkumkan sederet kebiasaan yang menjadi penyebab kerusakan pada kulit wajah.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.