UNTUK INDONESIA

Manfaat Menggunakan Tangga Bagi Kesehatan

Menaiki tangga dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar, termasuk pengurangan stres dan kemungkinan mengobati insomnia.
Ilustrasi menggunakan tangga. (Foto: Todaycom)

Jakarta - Kebanyakan orang pasti lebih memilih untuk menggunakan lift karena menawarkan kenyamanan dan kecepatan. Namun, ternyata ada manfaat bagus yang Anda lewatkan jika tidak memilih untuk menggunakan tangga.

Menaiki tangga dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar, termasuk pengurangan stres dan kemungkinan mengobati insomnia.

Kegiatan ini merupakan pilihan yang baik untuk orang yang tidak banyak bergerak, pemula, atau untuk siapa pun karena memilih untuk naik tangga menawarkan begitu banyak keuntungan.

Mengutip informasi dari laman Health Digest, ternyata lebih sering naik tangga tidak hanya mengubah tubuh, tetapi juga dapat membantu untuk tetap sehat.

Naik tangga sendiri merupakan olahraga ringan yang tidak terlalu membebani tubuh sehingga lebih mudah dilakukan dan bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Latihan naik tangga adalah salah satu bentuk kardio. Jadi, dengan menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas, Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan peredaran darah.

Menurut informasi dari laman Verywell Health, ada beberapa alasan mengapa Anda harus menaiki tangga setiap hari. Salah satu efek yang akan ditimbulkan adalah dapat membakar kalori.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa naik tangga dapat membakar lebih banyak kalori daripada joging. Menuruni tangga juga bisa membakar kalori sehingga sepadan dengan perjalanan dua lantai.

Jika sedang ingin menurunkan berat badan, Anda dapat memasukkan kegiatan ini dalam daftar rutinitas sehari-hari. Selain itu, dengan memilih kegiatan ini sebagai olahraga rutin disertai dengan diet sehat, berat badan pun bisa turun dalam waktu empat minggu.

Selain itu, perubahan lain yang akan didapatkan saat memilih untuk menggunakan tangga yaitu terletak pada tubuh bagian bawah. Hal ini dikarenakan semua otot di kaki sangat dibutuhkan untuk naik turun tangga. Mulai dari glutes dan hamstring hingga paha depan dan betis.

Bahkan dengan menaiki tangga pun otot perut (ABS) akan ikut beraksi karena ketika melakukan kegiatan ini disertai dengan postur yang baik, otot inti menjadi aktif.

Menurut laman Livestrong, dengan mengambil dua langkah sekaligus dapat mengintensifkan latihan.

Selain itu sebagai tambahan, langkah yang diambil dalam menaiki tangga dapat membantu memperkuat otot glute dan menghasilkan tush yang lebih kencang. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
10 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan Tubuh
Berikut manfaat biji chia bagi kesehatan yang telah terbukti oleh sains, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.
Delapan Manfaat Mandi di Malam Hari
Terdapat beberapa manfaat dari mandi malam, seperti dirangkum Tagar berikut ini.
Lima Dampak Negatif Bagi Kesehatan Akibat Begadang⁣
Ini penyakit yang bakal menyerang tubuh jika keseringan begadang di malam hari.
0
Video: Wawancara Pakar tentang Peta Besar Kelompok Teroris di Indonesia
Nonton video di sini, wawancara dengan pakar tentang peta besar kelompok teroris di Indonesia, pergerakan mereka, tempat persembunyian mereka.