8 Nutrisi Terbaik untuk Pertumbuhan Rambut

Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan 8 nutrisi terbaik untuk pertumbuhan rambut yang lebih sehat.
Ilustrasi rambut sehat. (Foto: Freepik)

Jakarta - Rambut yang sehat sudah pasti menjadi idaman semua orang. Banyak yang memandang rambut sehat sebagai tanda kesehatan atau kecantikan. Seperti bagian tubuh lainnya, rambut membutuhkan beragam nutrisi agar sehat dan tumbuh dengan baik.

Faktanya, kekurangan nutrisi bisa berkaitan dengan kerontokan rambut. Selain itu, faktor-faktor seperti usia, genetika, dan hormon juga mempengaruhi pertumbuhan rambut. Namun, asupan nutrisi yang optimal adalah kuncinya.

Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan 8 nutrisi terbaik untuk pertumbuhan rambut yang lebih sehat:

Ilustrasi Rambut SehatIlustrasi Rambut Sehat. (Foto: Pixabay/DzeeShah)

1. Vitamin A

Semua sel membutuhkan vitamin A untuk pertumbuhan, termasuk rambut. Vitamin A juga membantu kelenjar kulit membuat zat berminyak yang disebut sebum. Sebum melembabkan kulit kepala dan membantu menjaga kesehatan rambut.

Jika kekurangan vitamin A, dapat mengakibatkan beberapa masalah termasuk rambut rontok. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin A juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Jadi, konsumsi secukupnya.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin A antara lain ubi jalar, wortel, labu, bayam, dan kangkung. Vitamin A juga dapat ditemukan pada produk hewani seperti susu, telur, dan yogurt. Minyak hati ikan kod adalah sumber yang sangat baik.

2. Vitamin B

Salah satu vitamin paling terkenal untuk pertumbuhan rambut adalah vitamin B yang disebut biotin. Studi mengaitkan kekurangan biotin dengan rambut rontok pada manusia. Vitamin B lainnya dapat membantu membuat sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut. Proses ini penting untuk pertumbuhan rambut.

Anda bisa mendapatkan vitamin B dari banyak makanan termasuk biji-bijian, almond, daging, ikan, makanan laut, dan sayuran hijau.

Selain itu, makanan hewani adalah satu-satunya sumber vitamin B12 yang baik. Jadi jika Anda mengikuti pola makan vegetarian atau vegan, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi rambut dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan akibat radikal bebas dapat menghalangi pertumbuhan dan menyebabkan rambut jadi menua.

Selain itu, tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat protein yang disebut kolagen, bagian penting dari struktur rambut. Vitamin C juga membantu tubuh untuk menyerap zat besi dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Sumber vitamin C yang baik antara lain stroberi, paprika, jambu biji, dan jeruk.

4. Vitamin D

Kadar vitamin D yang rendah terkait dengan alopecia, istilah teknis untuk rambut rontok. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D bisa membantu membuat pori-pori kecil di kulit kepala tempat rambut baru dapat tumbuh. Vitamin D dianggap berperan dalam memproduksi rambut.

Tubuh dapat memproduksi vitamin D melalui kontak langsung dengan sinar matahari. Sumber makanan yang baik untuk vitamin D termasuk ikan berlemak, minyak ikan kod, dan beberapa jenis jamur.

5. Vitamin E

Mirip dengan vitamin C, vitamin E merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan oksidatif. Dalam sebuah penelitian, orang dengan rambut rontok mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 34,5 persen setelah diberi suplemen vitamin E selama 8 bulan. Biji bunga matahari, almond, bayam, dan alpukat adalah sumber vitamin E.

6. Zat Besi

Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke sel-sel di tubuh. Ini menjadikannya mineral penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan rambut.

Kekurangan zat besi yang mengakibatkan anemia merupakan penyebab utama rambut rontok. Ini sangat umum terjadi pada wanita. Makanan tinggi zat besi termasuk kerang, tiram, telur, daging merah, bayam, dan lentil.

7. Zinc

Zinc berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Ini juga membantu menjaga kelenjar minyak di sekitar folikel bekerja dengan baik. Rambut rontok adalah gejala umum dari kekurangan zinc.

Studi menunjukkan suplemen zinc dapat mengurangi kerontokan rambut. Namun, ada beberapa laporan bahwa terlalu banyak mengonsumsi suplemen zinc juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Maka agar lebih aman, lebih baik untuk mendapatkan zat zinc dari makanan utuh seperti tiram, daging sapi, bayam, bibit gandum, biji labu, dan lentil.

8. Protein

Rambut hampir seluruhnya terbuat dari protein. Mengonsumsi protein yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kekurangan protein dapat menurunkan pertumbuhan rambut dan bahkan menyebabkan kerontokan rambut.

Jadi, jika ingin rambut sehat dan terus tumbuh dengan baik, disarankan untuk mengonsumsi nutrisi-nutrisi di atas. Sumber nutrisi yang didapat dari makanan adalah yang terbaik untuk pertumbuhan rambut.

Namun, jika kurang mendapatkan cukup nutrisi dari makanan, suplemen pun dapat membantu. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Deretan Makanan Sebabkan Lemak Perut Menumpuk
Berikut Tagar rangkumkan 8 makanan yang harus dihindari agar tidak menambah lemak perut.
Deretan Makanan dengan Banyak Energi untuk Tubuh
Berikut Tagar rangkum sejumlah makanan yang dapat memberi anda banyak energi yang dikutip dari laman Healtline.
Jenis Makanan dan Minuman Bantu Redakan Stres
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan dan minuman pereda stres dan dapat ditambahkan ke diet anda:
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan