UNTUK INDONESIA

Mandi di Sungai Tambra, Remaja Purbalingga Hilang Tenggelam

Remaja asal Maribaya hilang tenggelam saat mandi di Sungai Tambra, Karangtengah, Kertanegara, Purbalingga
Tim SAR dan warga melakukan pencarian seorang remaja yang hilang tenggelam di Sungai Tambra, Purbalingga. (Foto: Tagar/Istimewa)

Purbalingga - Tim SAR gabungan berkumpul di Desa Karangtengah Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, guna mencari warga hilang, Minggu pagi, 29 November 2020. Mereka mendapat laporan seorang remaja yang tenggelam di Sungai Tambra.

Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengungkapkan pihaknya kembali mendapat laporan yang mengabarkan seorang remaja hilang tenggelam di sekitar Bendungan Kedungula, kawasan Sungai Tambra, Desa Karangtengah, Kertanegara, Kabupaten Purbalingga. 

"Kami mendapat info pada Sabtu malam, 28 November 2020 sekitar pukul 19.20 WIB dari Giarto, personel SAR Perwira, bahwa telah terjadi pemuda tenggelam di Sungai Tambra, Kabupaten Purbalingga," beber dia, Minggu, 29 November 2020.

Laporan itu menyebutkan korban diketahui bernama Anjar Prasetyo, 14 tahun, warga Desa Maribaya RT 08 RW 02, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga. Kejadian tenggelam berlangsung kemarin sekira pukul 12.30 WIB.

Saat pamannya menengok ke belakang, korban terlihat sudah terseret pusaran air.

Bermula dari Anjar bersama paman dan dua saudaranya yang lain mandi dan main air di Sungai Tambra. Beberapa waktu kemudian, sang paman, Sumedi, 60 tahun, Desa Karangtengah RT 11 RW 03, meminta aktivitas di sungai segera diakhiri lantaran debit air memperlihatkan tanda-tanda naik. 

Mereka selanjutnya beriringan menuju ke pinggir sungai. Saat hendak naik ke daratan, korban diketahui berada di belakang paman dan dua saudaranya. Entah kenapa, tiba-tiba korban terseret derasnya arus sungai. 

"Saat pamannya menengok ke belakang, korban terlihat sudah terseret pusaran air," ujar dia. 

Sumedi spontan berusaha menolong Anjar. Namun arus sungai terlalu cepat untuk membawa korban. Dalam waktu singkat, remaja malang tersebut hilang tenggelam terbawa derasnya air.

Salah satu saudara korban bergegas minta bantuan warga sekitar melakukan pencarian. Bersama tim SAR gabungan dilakukan pencarian awal. Pencarian dilakukan mulai dari titik korban tenggelam hingga sejauh sekitar dua kilometer ke arah selatan atau bawah sungai. Namun hingga petang tak ditemukan jejak korban. 

"Setelah mengetahui berita tersebut kami langsung memberangkatkan satu regu untuk bergabung bersama potensi SAR yang sudah ada di lokasi. Pagi ini sekitar pukul 07.00 WIB pencarian kembali dilanjutkan," katanya.  

Baca juga: 

Dalam proses pencarian ini, selain dari Basarnas, unsur SAR gabungan dari BPBD Purbalingga, Polsek Kertanegara, Koramil Kertanegara, Pemadam Kebakaran Bobotsari, SAR Purbalingga, SAR Perwira, Ubaloka, Rapi dan warga sekitar ikut bergabung.  

"Penyisiran dengan cara sisir sungai dan tubing dari lokasi kejadian dua kilometer ke hilir sungai," imbuh Nyoman.

Sementara itu, di tempat lain, tim SAR gabungan juga masih melakukan pencarian terhadap seorang remaja yang hilang tenggelam di Sungai Serayu, wilayah Desa Gombolharjo, Adipala, Kabupaten Cilacap. Pencarian memasuki hari keempat. []

Berita terkait
Mancing di Serayu Cilacap, Remaja Adipala Hilang Tenggelam
Tiga remaja Adipala, Cilacap, terjebur ke Sungai Serayu saat hendak memancing karena perahunya terbalik. Dua selamat, satu hilang tenggelam.
Remaja Adipala Cilacap Tenggelam di Serayu Belum Ditemukan
Pencarian hari kedua korban tenggelam, remaja asal Adipala, Cilacap, di Sungai Serayu dilanjutkan. Namun hingga petang, korban belum ditemukan.
Remaja Asal Bawen Semarang Tewas Tenggelam di Rawa Pening
Remaja asal Bawen Kabupaten Semarang ditemukan tewas tenggelam di Rawa Pening. Korban tak bisa berenang saat perahunya bocor dan tenggelam.
0
Pemerintah Turun ke Daerah Sosialisasikan UU Cipta Kerja
Pemerintah tengah menyusun aturan pelaksanaan berupa RPP dan RPerpres untuk menindaklanjuti pengesahan Undang-Undang tentang Cipta Kerja.