Mamuju Tengah Diguncang Gempa 5,1 SR, Tak Berpotensi Tsunami

BMKG Majene belum memastikan apakah ada kerusakan rumah warga akibat gempa bumi magnitudo 5,1 yang mengguncang Mamuju Tengah pagi tadi.
Ilustrasi - Gempa Bumi. (Foto: pixabay/Tumisu)

Mateng - Gempa bumi magnitudo 5,1 kembali mengguncang Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar), sekira pukul 06.41 WIB, Sabtu, 7 November 2020. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=4,8.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,98 LS dan 119,33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km arah Barat Daya Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

Getaran sangat dirasakan dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Berdasarkan keterangan BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Mamuju. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik. 

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di daerah Mamuju Tengah III-IV MMI, Mamuju dan Pasangkayu III MMI.

Baca juga:

"Getaran sangat dirasakan dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono melalui keterangan tertulisnya kepada Tagar.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi magnitudo 5.1 yang mengguncang Mateng tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ucapnya.[]

Berita terkait
Dinas Koperasi Mamuju Bantah Adanya Pemotongan Banpres UMKM
Dinas Koperasi Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), bantah adanya dugaan pemotongan Banpres UMKM
Polisi Tetapkan Tersangka Penyalahgunaan BLT di Mamuju
Salah gunakan BLT, polisi tetapkan seorang pejabat di Kelurahan Rangas Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju sebagai tersangka.
Setubuhi Siswi SMA, Guru di Mamuju Sulbar Ditangkap Polisi
Salah satu guru yang juga ASN di salah satu SMK di Kabupaten Mamuju ditangkap polisi karena setubuhi siswi SMA. Ini kronologinya
0
Naomi Osaka Mundur Dari Grand Slam Prancis Terbuka 2021
Naomi Osaka, petenis Jepang peringkat dua dunia, menolak konferensi pers setelah pertandingan akhirnya mengundurkan diri dari Prancis Terbuka