UNTUK INDONESIA
Gempa Banten 5,2 Magnitudo Tak Berpotensi Tsunami
Gempabumi yang terjadi pada Kamis pagi dirasakan hingga ke sejumlah wilayah di Jawa Barat.
Gempabumi 5,2 magnitudo di Banten. (Foto:Tagar/Twitter @BMKG)

Banten - Gempa berkekuatan 5,2 magnitudo mengguncang Banten dan sebagian wilayah di Jawa Barat pada Kamis pagi, 5 November 2020. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Mengutip informasi yang dirilis BMKG melalui akun Twitter resmi mereka, gempa terjadi pada pukul 05.21 WIB dengan titik pusat gempa berada di koordinat 7.57 Lintang Selatan, 106.05 Bujur Timur, dan berada di kedalaman 10 kilometer di bawah laut.

"#Gempa Mag:5.2, 05-Nov-20 05:21:49 WIB, Lok:7.57 LS, 106.05 BT (Pusat gempa berada di Laut 74 km BaratDaya Bayah, Banten), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) IV Panggarangan, II-III Sukabumi, II Pelabuhan Ratu #BMKG," cuit akun @infoBMKG, dikutip Tagar pada Kamis, 5 November 2020.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi terkait dampak kerusakan maupun korban jiwa. Meski begitu, BMKG mengatakan gempa juga dirasakan di sejumlah wilayah lain termasuk Panggarangan, Palabuhanratu, Sukabumi dan Tangerang.

Baca juga : Gempa 4 Magnitudo Getarkan Bandung Malam Ini

Baca juga : Lakukan Hal-hal Berikut Ketika Terjadi Gempa

Gempa berstatus skala MMI (Modified Mercalli Intensity) II, yang artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"#Gempa Mag:5.2, 05/11/2020 05:21:49 (Pusat gempa di Laut 74 km BaratDaya Bayah), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) IV Panggarangan, II-III Sukabumi, II Pelabuhan Ratu , II Tangerang , #BMKG," kata mereka. []

Berita terkait
Malam Ini Gempa Magnitudo 4.9 SR Guncang Nias Selatan
Gempa tektonik dengan magnitudo M=4.9 SR dilaporkan mengguncang Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa, 3 November 2020, pukul 23:52 WIB.
Lakukan Hal-hal Berikut Ketika Terjadi Gempa
Ketika terjadi gempa lakukan hal-hal berikut, seperti berlindung di bawah meja dan jangan menyalakan api ketika tertimbun.
Gempa 4 Magnitudo Getarkan Bandung Malam Ini
Gempa mengguncang wilayah Bandung, Jawa Barat. Lindu berkekuatan 4 magnitudo dirasakan pada malam ini.
0
Gempa Banten 5,2 Magnitudo Tak Berpotensi Tsunami
Gempabumi yang terjadi pada Kamis pagi dirasakan hingga ke sejumlah wilayah di Jawa Barat.