Malioboro Yogyakarta Tetap Buka saat Malam Tahun Baru

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menegaskan Malioboro tetap buka saat malam pergantian Tahun Baru 2021.
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat memberikan keterangan pers tentang Malioboro saat malam Tahun Baru 2021. (Foto: Tagar/Evi Nu Afiah)

Yogyakarta - Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menegaskan tidak ada penutupan total di sejumlah titik sentral seperti Tugu, kawasan Malioboro sampai Titik Nol Kilometer saat pergantian tahun baru.

“Malioboro tidak tutup saat malam tahun baru. Jadi silakan datang ke Yogyakarta untuk berlibur,” kata Haryadi kepada wartawan saat jumpa pers di Kawasan Malioboro, Rabu, 30 Desember 2020.

Namun pihaknya akan melakukan penutupan jalan kalau kondisi kawasan Tugu, Malioboro dan sekitarnya mulai padat. penutupan bersifat kondisional. “Nek longgar ya dibuka, nek ora ya tutup (kalau longgar ya dibuka kalau enggak (padat) ditutup,” ucapnya.

Baca Juga:

Dia sekaligus menepis penutupan seolah-olah wilayah Malioboro lockdown seperti yang sudah beredar di media sosial. Kabar tersebut tidak benar. Wisatawan dipersilakan datang ke Yogyakarta dengan memenuhi persyaratan yang berlaku.

Malioboro tidak tutup saat malam tahun baru. Jadi silakan datang ke Yogyakarta untuk berlibur.

Syarat yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun daerah yakni menunjukkan identitas kesehatan. Rapid test Antigen atau PCR dengan masa berlaku yang masih aktif. “Saya tidak ingin warga saya tertular Covid-19, begitupun wisatawan yang mau berkunjung ke sini. Jadi saling jaga agar semuanya tetap aman,” ujarnya.

Disinggung soal penutupan di titik sentral seperti Tugu dengan pagar-bagai besi milik Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Haryadi menjawab tidak ada tujuan khusus terkait hal tersebut. “Kenapa Titik Nol, Tugu dipagari, ya rapopo (ya tidak apa-apa),” kata dia. 

Baca Juga:

Haryadi mengatakan, nantinya para pedagang di kawasan Malioboro akan tutup di jam tertentu saat tahun baru besok. Pedagang diimbau untuk tutup lebih awal pukul 18.00 WIB. “Tempat usaha tutup jam 6 sore. Tapi Malioboronya enggak,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, beredar isu penutupan sementara di sejumlah wisata ikon Kota Gudeg saat malam tahun baru besok. Penutupan sebagai antisipasi pencegahan kerumunan yang berimbas pada penambahan kasus virus corona di Yogyakarta. Terlebih angka kasus positif di Yogyakarta yang kian melambung setiap harinya. []

Berita terkait
Kata Sultan HB X soal Tugu - Malioboro Tutup Saat Tahun Baru
Rencana penutupan Malioboro, Tugu Pal Putih dan Alun-alun Utara Kota Yogyakarta menguat saat malam Tahun Baru. Begini respons Sri Sultan HB X.
Alasan Stadion Sultan Agung Bantul Yogyakarta Masih Ditutup
Stadion Sultan Agung, kebanggaan warga Bantul Yogyakarta, hingga saat ini masih ditutup gerbangnya. Warga ada yang suka ada pula yang mengeluh.
Sri Sultan HB X Tutup Hotel Jika Tamu Positif Corona
Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan akan menutup hotel di Yogyakarta jika ada tamu menginap positif Covid-19 saat liburan Natal dan Tahun Baru.
0
11 Orang Terduga Teroris Merauke, Jaringan Pengebom Gereja Makassar
Polri berhasil menangkap total 11 terduga teroris di Marauke yang merupakan anggota jaringan Anharut Daulah dan terlibat pengeboman Makassar.