Mengenal Tanda-tanda Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi tentu berbahaya untuk kesehatan karena bisa memicu terjadinya penyakit diabetes. Berikut tanda-tanda kadar gula meningkat.
Ilustrasi cek gula darah. (Foto: 6abc.com)

Jakarta - Kadar gula darah yang tinggi tentu menjadi masalah yang berbahaya untuk kesehatan. Namun, ada berbagai tanda-tanda yang perlu diwaspadai saat kadar gula sedang meningkat.

Tingginya kadar gula menjadi berbahaya karena bisa memicu terjadinya penyakit diabetes. Sehingga, dengan mengetahui tanda-tanda meningkatnya kadar gula, Anda bisa mencegah masalah kesehatan tersebut sejak dini, sehingga tubuh tetap sehat nantinya.

Dilansir dari laman Self.com, berikut Tagar ulas mengenai tanda-tanda kadar gula tinggi yang perlu diwaspadai.

1. Sering Buang Air Kecil

Terlalu banyak mengonsumsi air menjadi hal normal jika setelahnya sering buang air kecil. Namun, jika kondisi tersebut terjadi dengan sering dan dalam waktu berdekatan perlu diwaspadai. Sebab, ini menjadi pertanda gula darah Anda sedang meningkat.

2. Sering Haus

Sering buang air kecil yang menjadi penyebab cepat merasakan haus adalah normal. Umumnya, jika mengalami gejala diabetes, Anda akan merasakannya selalu meski sudah mengonsumsi air dengan jumlah yang banyak.

3. Sakit Kepala

Sakit kepala juga menjadi pertanda gula darah sedang meningkat. Orang yang kadar gulanya tinggi cenderung mengalami dehidrasi, sehingga mengakibatkan sakit kepala timbul. Meski sakit kepala juga bisa menjadi gejala penyakit lainnya, tak ada salahnya memeriksakan kadar gula darah Anda.

4. Cepat Lelah

Serupa dengan anemia, cepat lelah nyatanya juga menjadi pertanda kadar gula darah tinggi. Sebab, kondisi ini seringkali terjadi saat gula darah meningkat melewati batas normal.

5. Rabun

Kadar gula yang tinggi bisa mempengaruhi perubahan dan penurunan fungsi bagian tubuh salah satunya mata rabun. Dikutip Cleveland Clinic, ini terjadi akibat glukosa yang terjebak di antara lensa mata, sehingga nantinya pandangan menjadi buram.

Nah, itulah beberapa tanda kadar gula darah sedang tinggi atau meningkat. Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, Anda bisa mencegah terjadinya penyakit diabetes sehingga tubuh tetap sehat nantinya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Hubungan Seks Saat Hamil Tua Lancarkan Persalinan
Berhubungan intim atau seks saat hamil tua nyatanya bisa membantu memperlancar proses persalinan. Berikut penjelasannya.
Fakta atau Mitos Aborsi Membuat Wanita Mandul
Banyak orang yang belum mengetahui apakah aborsi bisa menyebabkan kemandulan di kemudian hari atau tidak. Berikut penjelasannya.
Mengenal Ciri-ciri Usus Mengalami Masalah Kesehatan
Menjaga kesehatan usus sangatlah penting karena organ tubuh ini memiliki pengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Berikut ciri usus bermasalah.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan