Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan kekagumannya pada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. 

"Menarik, rumah pribadi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Bekasi akan digusur untuk proyek jalan tol. Padahal dialah yang menjadi pimpinan pembuatan jalan. Dulu diberitakan ada pejabat daerah yang membelokkan rencana jalan tol agar tak melewati tanah pribadinya. Hormat untuk Pak Basuki,"tulis Mahfud di akun Twitter, Rabu 15 Mei 2019.

betapa sederhananya gaya hidup Pak Basuki. Sejak mahasiswa dulu, termasuk saat studi di USA, ibadahnya kenceng, termasuk rajin salat tahajud untuk selalu bermunajat kepada Allah.

Pria bergelar profesor tersebut mendapat kabar itu saat berbuka bersama di rumah dinas menteri PUPR, Selasa (14/5/2019) sore kemarin, yang langsung dishare di Twitternya


"Saat berbuka bersama di rumah dinas Menteri PUPR kemarin sore saya dapat cerita dari teman-temannya, betapa sederhananya gaya hidup Pak Basuki. Sejak mahasiswa dulu, termasuk saat studi di USA, ibadahnya kenceng, termasuk rajin salat tahajud untuk selalu bermunajat kepada Allah. Dia adalah pejabat yang rendah hati," Tulisnya.

Tidak hanya itu, di akun tersebut Mahfud MD juga memuji kerendahan hati Basuki Hadimuljono meskipun sudah menjadi pejabat pemerintahan.

Karya Menteri Basuki

Selain seorang yang rendah hati, Menteri Basuki Hadimuljono juga telah mewujudkan beberapa karya atau hasil kerja yang luar biasa selama menjabat di kabinet era Jokowi, diantaranya adalah. 

1. Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat (2015)

2. Jembatan Ir Soekarno di Manado, Sulawesi Utara (2015)

3. Jembatan Merah Putih di Ambon, Manado (2015)

4. Bendungan Jatigede, Jawa Barat (2015)

5. Bendungan Nipah, Jawa Timur (2015)

6. Bendungan Bajul, Jawa Timur (2017)

7. Jalan Tol Semarang-Tegal (2016-2018)

Dan masih banyak proyek lain, baik yang belum disebutkan dan yang sampai saat ini masih tahap pengerjaan.

Dan masih banyak proyek lain, baik yang belum disebutkan dan yang sampai saat ini masih tahap pengerjaan.

Menteri yang gemar bermusik dan fotografi tersebut diibaratkan Presiden Jokowi sebagai Daendels modern. Jika dulu Daendels menyambungkan jalan di Pulau Jawa dari Anyer hingga Panarukan, Basuki mampu menyambungkan jalan tol dari Merak hingga Banyuwangi.