UNTUK INDONESIA
Lovely, Makeup Artist Cilik Bocah SD Asal Magelang
Lovely Natasha Xafeira Elysia namanya. Bocah SD asal Magelang ini punya talenta luar biasa di dunia makeup.
Lovely Natasha Xafeira Elysia dengan perlengkapan meriasnya. (Foto: Tagar/Ambar)

Magelang - Terlahir sebagai perempuan, tak menjamin seorang wanita ahli dalam merias diri. Tapi bagaimana ceritanya seorang anak yang masih berusia sembilan tahun sudah lihai dalam memoles wajah orang lain. 

Lovely Natasha Xafeira Elysia adalah anak tersebut. Bocah sekolah dasar (SD) asal Magelang, Jawa Tengah ini tengah viral di media sosial lantaran aksinya merias seorang model dalam kompetisi rias di Solo, 15 Januari 2020. Kemampuannya pun disejajarkan dengan makeup artist (MUA) profesional. 

Rabu, 22 Januari 2020, Lovely nampak beraktivitas seperti biasa. Pelajar kelas IV SD Terpadu Maarif Gunungpring, Muntilan, Magelang itu mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan tertib. Ia terlihat bercengkerama dengan teman sekelas, bermain, dan bercanda seperti anak seusianya.

Namun siapa sangka, meski masih berusia belia, Lovely menyimpan bakat luar biasa dalam merias wajah. Hal itu terungkap setelah foto dirinya tengah mengikuti kompetisi makeup di Solo jadi perhatian publik jagat maya. 

Dalam kompetisi tersebut, bocah itu berhasil masuk 10 besar pemenang dari keseluruhan peserta sebanya 214 orang. Lovely mampu menyingkirkan ratusan peserta lainnya lantaran hasil riasan tangannya yang dinilai sangat bagus, bak MUA profesional.

Berbagi tawaran kerjasama pun terus berdatangan sejak saat itu. "Saya enggak menyangka bisa viral seperti itu," ujar Lovely lugu kepada Tagar.

Sejak kecil, Lovely memang sudah menyukai dunia rias merias. Bukan hal yang mengherankan. Sebab ia lahir, tumbuh dan besar di lingkungan yang mendukung. Ibunya, Intan Chrysta, seorang fotografer sekaligus perias yang saban hari mendandani wajah seseorang agar lebih terlihat cantik.

Lovely juga kerap didandani oleh ibunya saat saat ikut lomba modeling ataupun kompetisi serupa lainnya. Sejak itu, anak gadis kelahiran 9 Maret 2010 tersebut mulai tertarik dunia makeup.

"Kalau tertariknya mulai usia lima tahun. Lalu udah mulai makeup sendiri usia tujuh tahun," tutur sulung dari dua bersaudara itu.

Bocah perempuan manis berhijab ini mengaku sosok ibunya lah yang menjadi motivasi dirinya menyukai dunia makeup. Ibunya pula yang kemudian melatih kemampuan Lovely sampai berkembang seperti saat ini.

Tidak melalui teori, Intan langsung mengajari Lovely dengan praktik merias wajah. Baik wajah dirinya sendiri maupun wajah orang lain yang dijadikan model riasan.

Saya cita-cita mau jadi perias.

Lovely Magelang2Lovely saat mempraktikkan kemampuan meriasnya. (Foto: Tagar/Ambar)

Keahlian merias tersebut tidak didapatkan Lovely dalam waktu singkat. Butuh praktik berkali-kali sampai riasannya dirasa sempurna. "(Merias) enggak ganggu sekolah, karena bisa bagi waktu. Seringnya habis sekolah kalau pas pulangnya siang," ujar Lovely yang mengidolakan selebgram Tasya Farasya itu.

Saat ditanya cita-citanya, Lovely bahkan secara tegas ingin menjadi seorang MUA profesional. "Saya cita-cita mau jadi perias," ujar dia mantap.

Sementara itu, Intan Chrysta mengakui putri pertamanya tersebut memang telah menyukai dunia makeup sejak kecil. "Mulai usai lima tahun dia sudah bisa merias tapi untuk diri sendiri. Kemudian usia tujuh tahun sudah belajar merias tapi masih yang rias biasa, belum detail," ungkap Intan.

Melihat minat anaknya tersebut, Intan mendukung dengan cara mengajak Lovely setiap kali dirinya merias pengantin maupun model. Dia menyebutkan, Lovely pernah membantu merias pager ayu. Juga membantunya merias penari.

Tak ingin bakat dan minat anaknya luntur, Intan terus menggembleng kemampuan Lovely. Berbagai kompetisi merias di dalam maupun luar kota kemudian diikuti.

"Lovely pernah ikut kompetisi merias di Yogja, Temanggung. Pesertanya pemula dan profesional jadi satu. Terakhir di Solo itu, kompetisi merias untuk pemula dan pelajar di Solo," terang Intan.

Sejak awal, Intan terus menekankan kepada Lovely agar bersaing dengan penuh semangat dan percaya diri. Meskipun kerap dipandang sebelah mata lantaran masih belia, namun hasil akhir yang akan menentukan baik tidaknya riasan para peserta.

"Saya tekankan saat lomba jangan mikir untuk menang. Menang itu bonus. Yang penting selesai tepat waktu dan selesai merias," katanya.

Pemilik Lovely Makeup Borobudur itu mengaku tidak menyangka juga kalau anaknya berhasil masuk 10 besar pemenang kompetisi di Solo. Haru dan bangga dirasakannya saat kemudian mengetahui bahwa Lovely menjadi viral dan dikenal banyak orang.

Terlepas dari itu, Intan lega lantaran Lovely menuruni minat dan bakatnya dalam dunia makeup. Sehingga usahanya berupa wedding makeup dapat terus dipertahankan.

"Saya bersyukur sekali karena sekarang ini kan nyari kerja susah. Sekarang orangtua sudah ada modal, anak tinggal melanjutkan. Jadi apa salahnya anak belajar sejak dini," imbuh Intan. []

(Solikhah Ambar)

Baca juga: 

Berita terkait
Rahasia Makeup Joker Badut Psikopat
Nicki Ledermann beserta tim makeup adalah orang yang bertugas menangani riasan Joker. Ini adalah kolaborasi tim dan akting Joaquin Phoenix.
Tips Makeup ala Artis Drama Korea
Makeup ala perempuan Korea Tampilan yang fresh namun tidak berlebihan.
Empat Bahaya Makeup di Usia Dini
Kaum wanita pastinya setuju jika Makeup merupakan kebutuhan wajib, namun tetap saja menyimpan beberapa risiko dalam penggunaannya.
0
Momen Ahmad Dhani Cium Pipi Maia Estianty
Ahmad Dhani cium Maia Estianti pecahkan suasana hingga membuat para penonton berteriak histeri di dalam MNC Studio, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.