UNTUK INDONESIA
Empat Bahaya Makeup di Usia Dini
Kaum wanita pastinya setuju jika Makeup merupakan kebutuhan wajib, namun tetap saja menyimpan beberapa risiko dalam penggunaannya.
Ilustrasi anak menggunakan make up. (Foto Instagram/@littleangelbabykidz)

Jakarta - Makeup merupakan kebutuhan wajib bagi seorang wanita. Namun, akan sangat berbahaya digunakan saat usia masih belia. karena kulit yang cenderung lebih sensitif.

Biasanya, salah satu efek yang ditimbulkan oleh penggunaan makeup pada usia dini, yakni terjadinya iritasi kulit dan timbulnya flek hitam di wajah. 

Berikut Tagar merangkum empat bahaya makeup di usia dini:

1. Iritasi Kulit

Di usia dini, seseorang cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif dari kulit orang dewasa. Itulah alasan a mengapa rentan terkena iritasi, disebabkan dari bahan kimia pada makeup.

Kulit wajah akan terlihat memerah dan perih. Pada kasus yang lebih parah bisa membuat wajah berlubang dan tumbuhnya jerawat .

2. Penuaan Dini

Menggunakan makeup di usia dini akan membuat sel kulit wajah sulit bernapas, karena tertutup oleh kosmetik. Kulit menjadi sulit membuat sel kulit baru dan kulit lebih cepat mengalami penuaan.

Selain itu, makeup yang terserap pada wajah berpengaruh pada hormon dalam tubuh dan bisa mempercepat penuaan dari dalam.

3. Kulit Wajah Menjadi Kasar

Makeup mampu merusak kelembaban wajah, jika digunakan terlalu lama. Kulit yang sensitif berubah menjadi kasar serta lebih tebal.

Sehingga kulit menjadi susah untuk menyerap nutrisi dan akan mengurangi nutrisi penting dari kesehatan wajah.

4. Kanker Kulit

Remaja perempuan hormonnya sedang berkembang, bahan kimia yang terkandung dalam makeup dapat menyebabkan efek ketidaksuburan, bahkan berisiko terkena kanker kulit.

Selain itu, jika bakteri telah memasuki ke dalam tubuh, maka terjadilah infeksi mata, batuk-batuk, dan herpes.

Makeup bisa mengembangbiakkan bakteri dari waktu ke waktu, terutama produk berbahan cair seperti foundation, maskara dan lip gloss.[]

Berita terkait
Bahaya Asap Kebakaran Hutan dan Lahan Bagi Kesehatan
Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia memiliki efek samping bagi kesehatan masyarakat sekitar.
Tujuh Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh
Madu hitam memiliki kandungan yang masih alami. Rasanyapun lebih pahit sehingga sering disebut madu hitam pekat.
Lima Tips Menjaga Kesehatan Otak Bagi Lansia
Salah satu organ yang harus dijaga khususnya bagi orang lanjut usia adalah otak. Karena otak menjalankan peran kesadaran dan kemampuan berfikir.
0
Alasan Driver Ojol Aksi Mogok Makan di Yogyakarta
Sejumlah driver ojek online (ojol) dari Go Car dan Grab Car menggelar aksi mogok makan sejak Selasa, 22 Oktober 2019.