UNTUK INDONESIA
Teliti Pilih Produk Makeup, Rentan Bahaya Merkuri
Tetapi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengingatkan untuk lebih memperhatikan bahaya dari merkuri di produk kecantikan.
Ilustrasi perempuan setelah menggunakan skin care. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta - Tetapi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengingatkan untuk lebih memperhatikan makeup, krim kulit, sabun kecantikan, antiseptik, hingga lotion yang mengandung merkuri.

Mengutip fda.org, Jason Humbert dari kantor urusan pengaturan FDA mengatakan bahwa produk ilegal yang diproduksi akan dipromosikan melalui media online dengan aplikasi di seluler rentan mengandung merkuri.

Merkuri memiliki konsekuensi yang cukup serius bagi kesehatan.

Selain itu, biasanya produk ini biasanya dipasarkan sebagai pencerah kulit dan anti penuaan yang menghilang bintik-bintik noda dan keriput pada wajah. Untuk itu, jangan mudah percaya, harus periksa labelnya terlebih dahulu.

Jika terdapat kata-kata merkuri klorida atau calomel di dalamnya, harus segera berhenti menggunakan produk tersebut.

Paling mudah dikenali adalah tidak terdapat label. Jika menemukan hal, jangan gunakan produk tersebut karena pada Undang-Undang Federal mewajibkan agar bahan-bahan kosmetik dicantumkan label.

Jason mengatakan, jika ada produk kosmetik yang menggunakan bahasa selain Bahasa Inggris itu juga menandakan bahwa produk tersebut dipasarkan secara ilegal.

Menurut penasehat senior FDA, Arthur Simone MD, merkuri memiliki konsekuensi yang cukup serius bagi kesehatan. Bahaya tidak hanya bagi orang yang menggunakan produk yang mengandung merkuri tetapi juga bagi keluarga.

"Keluarga Anda mungkin menghirup uap merkuri yang dilepaskan dari produk ini. Anak-anak Anda mungkin menyentuh handuk atau handuk yang terkontaminasi merkuri. Sesederhana itu bisa menyentuh pipi atau wajah seseorang," kata Simone, dikutip dari laman fda.org pada Kamis, 5 September 2019.

Simone menambahkan, orang yang rentan terpapar keracunan merkuri yakni, ibu hamil, bayi menyusui, dan anak kecil. Bagi anak kecil dapat menyebabkan perkembangan otak dan sistem saraf. []

Berita terkait
Manfaat Semangka untuk Kecantikan
Semangka biasanya dikenal sebagai buah yang menyegarkan untuk menghilangkan dahaga, karena mengandung banyak air di dalamnya.
Buah Merah Rahasia Kecantikan Perempuan Papua
Perempuan Papua memiliki cara tersendiri untuk merawat kulit agar tidak kering dan kusam, yaitu dengan memanfaatkan Buah Merah.
Luna Maya Perlihatkan Kecantikan Alami, Apa Respon Faisal Nasimuddin?
Luna Maya memperlihatkan kecantikan alaminya.
0
Wacana Penghapusan Izin Mendirikan Bangunan
Pengamat Properti sekaligus Direktur Indonesia Property Watch Ali Tranghanda tidak menyetujui rencana pemerintah hapus aturan IMB.