LIPI: Karakter Politik Tito Karnavian Menurut Tanggal Lahir

Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati menjelaskan karakter politik dan tantangan Mandagri Tito Karnavian berdasarkan tanggal kelahiran.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Foto: Tagar/JPNN)

Jakarta – Pakar Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wasisto Raharjo Jati menjelaskan karakter politik dari sosok Menteri Dalam Negeri (Mandagri) Tito Karnavian berdasarkan tanggal kelahirannya, yaitu tanggal 26 Oktober 1964.

Wasisto mengungkapkan bahwa karakter politik Tito Karnavian merupakan sosok yang bertanggung jawab, hal ini bisa dilihat dari pengalamannya yang pernah menjadi Kepala Datasemen Khusus (Densus), dan petinggi kepolisian.

“Hal lain pula yaitu seberapa besar publik melihat pak Tito sebagai sosok yang non polisi, hal ini penting agar publik imbang dalam melihat tokoh,” ujar Wasisto saat diwawancarai di kanal YouTube Tagar TV, Rabu, 9 Juni 2021, dilihat Senin, 14 Juni 2021.


Saya pikir narasi pribadi ini penting untuk beliau jaga karena jangan sampai beliau lupa dengan sosok yang dulu melekat pada dirinya.


Menurut Wasisto, selama ini Tito Karnavian lebih dikenal sebagai mantan petinggi polisi, dimana kiprahnya sebagai menteri belum banyak tersiar luas.

Ia mengatakan sosok Tito yang lebih dikeal sebagai kepala Densus yang membuat ia memiliki nilai plus dimata masyarakat, karena ia paham terkait isu dan permasalahan terkait terorisme

“Saya pikir narasi pribadi ini penting untuk beliau jaga karena jangan sampai beliau lupa dengan sosok yang dulu melekat pada dirinya," ujarnya.

Menurut Wasisto, tantangan bagi Tito Karnavian jika dirinya maju pada Pilpres 2024, tidak adany keterikatan dalam partai politik mana pun Karena seseorang yang ingin mencalonkan dirinya sebagai Capres maupun Cawapres adalah wajib menjadi kader partai tertentu. 

“Hal ini mungkin menjadi PR terbesar beliau jika ia masih belum bergabung pada kader partai tertentu," ucapnya. []

(Selfiana)

Berita terkait
Tito Karnavian: Kunci Sukses Pembangunan SDM Bukan SDA
Mendagri menekankan, konsep pembangunan harus diarahkan pada penguatan sumber daya manusia bukan sumber daya alam.
Tito Karnavian Ingin Program Vaksinasi Dipimpin Langsung Kepala Daerah
Mendagri meminta kepala daerah turun tangan mempercepat progam vaksinasi Covid-19 agar kekebalan kelompok dapat segera dicapai.
Tito Karnavian: Klaster Tarawih Ada di Beberapa Daerah
Mendagri menyampaikan bahwa terdapat klaster tarawih di beberapa daerah. Untuk itu Mendagri meminta kita untuk mematuhi protokol kesehatan.
0
Partai PSI Buka Suara Soal Figur yang Cocok Jadi Capres 2024
Kader PSI Faldo Maldini menyampaikan pendapatnya terkait figur yang cocok untuk menjadi calon presiden di Pilpres 2024 dengan beberapa kriteria.