LIPI: Karakter Politik Puan Maharani Menurut Tanggal Lahir

Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo menyampaikan karakter politik Puan Maharani berdasarkan tanggal kelahirannya jika maju Pilpres 2024.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPR RI Puan Maharani. (Foto: Tagar/ Instagram/ puanmaharani)

Jakarta- Pakar Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wasisto Raharjo menyampaikan karakter politik Puan Maharani berdasarkan tanggal kelahirannya. Puan Maharani lahir pada tanggal 6 September 1973, Wasisto mengatakan bahwa Puan memiliki kemampuan sebagai orator dan bakat memimpin. 

Ia menyampaikan hal ini lantaran Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani saat ini juga sedang ramai di perbincangkan masyarakat akan maju pada pemilihan presiden 2024. 

“Menariknya mungkin saja bakat pemimpin ini adalah warisan genetik dari Presiden Soekarno," ujar Wasisto saat diwawancarai pada Rabu, 9 Juni 2021, yang dilihat pada Minggu, 13 Juni 2021. 

Ia juga mengatakan bahwa Puan Maharani merupakan Ketua DPR yang kini sedang menjabat. Namun, selama ini ia dikenal publik sebagai anak dari Megawati.


Menariknya mungkin saja bakat pemimpin ini adalah warisan genetik dari Presiden Soekarno.


“Hal ini tentu menjadi beban politik tersendiri bagi politisi yang dalam tanda kutip ingin mengalahkan nama besar keluarganya sendiri, ucapnya. 

Wasisto mengatakan bahwa dalam menjabat sebagai ketua DPR, Puan Maharani cenderung bermain aman atau mungkin menjalankan konstitusi dalam DPR kurang terdengar oleh publik. Hal ini dapat menjadi kendala bagi Puan Maharani jika ia maju dalam Pilpres 2024. 

“Puan Maharani sendiri belum ada maneuver-manuver politik secara pribadi, yang bisa menaikkan nama beliau," kata Wasisto.

Peluang Puan Maharani, kata Wasisto, untuk mengikuti Pilpres 2024, sangat terbuka lebar, karena partai PDIP sendiri merupakan partai yang memenangkan pemilu 2019. 

“Hanya saja ada hambatan tersendiri yaitu kendala-kendala kultural patriarki yang masih melekat. Yang berarti jarang sekali perempuan bisa menempati posisi-posisi tertentu," ucapnya. 

Menurut Wasisto dengan adanya bias gender ini dapat menghalangi posisi Puan Maharani untuk dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi. []

Berita terkait
Puan Maharani: Indonesia Terus Ada Selama Pancasila Ada di Hati Kita
Ketua DPR RI Puan Maharani, mengajak seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Denny Siregar: PDIP Usung Puan Maharani 2024, Saya Golput
Denny Siregar mengatakan pasti golput kalau PDI Perjuangan mengusung Puan Maharani dalam Pilpres 2024. Harga mati buatnya memilih Ganjar Pranowo.
Puan Maharani Kecam Serangan Israel ke Palestina
Ketua DPR RI Puan Maharani, mengecam keras serangan Israel kepada warga sipil Palestina di Jalur Gaza yang mengakibatkan ratusan orang meninggal.
0
LIPI: Karakter Politik Puan Maharani Menurut Tanggal Lahir
Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo menyampaikan karakter politik Puan Maharani berdasarkan tanggal kelahirannya jika maju Pilpres 2024.