UNTUK INDONESIA
Lima Wisata yang Menarik Hati di Wonosobo Jawa Tengah
Wonosobo banyak menyimpan destinasi wisata yang menarik namun belum dikelola secara maksimal. Lokasi yang strategis cukup menarik wisatawan.
Wisata Wonosobo. (Foto: Instagram/@padang_edelweiss)

Jakarta - Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Di kabupaten yang terletak persis di tengah-tengah provinsi Jawa Tengah ini sebenarnya banyak menyimpan destinasi wisata yang menarik namun belum dikelola secara maksimal.

Wonosobo berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.

Sebagian besar adalah daerah pegunungan, sehingga wisatawan bisa menikmati udara sejuk dari berbagai tempat wisata Wonosobo yang menarik. 

Berikut rekomendasi objek wisata di Wonosobo yang jadi favorit para pelancong

1. Dieng

DiengDieng. (Foto: Instagram/@mau_kemana_si)

Destinasi wisata Kabupaten Wonosobo satu ini telah menjadi ikon pariwisata Wonosobo dan hits di kalangan wisatawan. Kurang lengkap ke Wonosobo tanpa menyambangi Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. 

Lokasinya berada di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Banyak destinasi wisata yag dapat dikunjungi di sekitar Gunung Dieng, mulai dari Telaga Warna, Kawah Sikidang, Gunung Prau, Bukit Sikunir, Candi Dieng hingga Telaga Menjer. 

Jaraknya sekitar 30 km dari Kota Wonosobo. Ada banyak banget objek wisata yang pastinya nggak boleh terlewatkan untuk dikunjungi. Ada satu acara rutin yang dihelat setiap tahunnya di dieng, yaitu Dieng Culture Festival, sebuah festival yang menggabungkan unsur musik, budaya dan wisata jadi satu.

Hawa yang dingin memberikan kesejukan yang luar biasa bagi wisatawan. Tentu harus mempersiapkan diri jika mengunjungi Dieng dengan pakaian yang tebal. Karena suhu udara di tempat ini bisa mencapai 15 sampai 20 derajat celcius, lho! Hal ini disebabkan oleh letak geografis Wonosobo yang berada pada ketinggian 2.093 mdpl.

Lokasi persisnya di Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00. Tiket masuk Rp 10.000 dengan biaya tiket masuk bervariasi di setiap objek wisata.

2. Waduk Wadaslintang

Waduk WadaslintangWaduk Wadaslintang. (Foto: Instagram/@meidianto_)

Waduk indah ini memiliki luas hingga dengan 2.626 hektar ini layak masuk ke dalam daftar objek wisata di Wonosobo yang harus Toppers kunjungi. Waduk ini dikelilingi dan dihiasi panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang indah nan eksotis.

Wisatawan akan dimanja dengan menikmati keindahan sekitar wisata alam Wonosobo dengan berkeliling menggunakan perahu mesin atau perahu dayung yang tersedia.

Lokasinya berada di Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk masuknya cukup merogoh kocek Rp 4.000 (dewasa) dan Rp 3.000 (anak di bawah 5 tahun). 

3. Curug Sikarim

Curug SikarimCurug Sikarim. (Foto: Instagram/@wonosoboku)

Air Terjun Sikarim atau yang biasa dikenal dengan Curug Sikarim ini cukup memberikan kemanjaan bagi wisatawan yang punya jiwa petualang dan suka tantangan untuk menguji adrenalin. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter.

Lokasinya yang berada di tengah hutan, wisatawan harus menyusuri jalan yang agak panjang berliku disertai kerusakan di sepanjang jalan. Namun tidak perlu khawatir, karena setiap perjalanan, wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang indah.

Pemandangan hijau dari barisan perbukitan yang membentang serta ladang pertanian yang menghampar.

Lokasinya berada Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, untuk tiket masuknya cukup menyediakan uang Rp 6.000 saja.

4. Lubang Sewu

Lubang sewuLubang sewu. (Foto: Instagram/@wonosobohitz)

Pada tahun 2015 wisata Lubang Sewu ini diresmikan, sehingga belum seterkenal objek wisata lainnya di Wonosobo. Namun tidak berarti antusiasme wisatawan rendah.

Bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing pas menyambagi tempat ini. Selain itu, Lubang Sewu salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Lubang Sewu adalah ketika musim kemarau, karena ketika musim penghujan datang, bebatuan yang menjadi ikon destinasi wisata ini kerap tenggelam.

Lokasinya di Desa Erorejo, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, masuknya hanya dengan Rp 10.000.

5. Pemandian Air Hangat Kalianget

Pemandian air hangat KaliangetPemandian air hangat Kalianget. (Foto: Instagram/@rintofs)

Air hangat yang mengandung belerang terasa sangat menyegarkan di tengah udara dingin yang menyelimuti Wonosobo. Selain itu, objek wisata Wonosobo ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Para wisatawan juga dapat memanfaatkan berbagai fasilitas lainnya disini, seperti lapangan tenis, lapangan bola, taman bermain, dan hutan kota.

Lokasinya terletak di Jalan Raya Wonosobo-Dieng Km. 3, Wonosobo. Untuk waktunya buka setiap hari dari pukul 7:00 – 19:00. Tiketnya hanya Rp 3.000. []

Berita terkait
Enam Destinasi Wisata Salju di Musim Dingin
Musim salju menjadi momen yang tepat untuk berlibur sembari menghabiskan liburan akhir tahun.
Pinus Pengger dan 4 Wisata Instagramable di Yogyakarta
Pinus Pengger salah satu wisata Yogyakarta yang sedang hits di jejaring sosial. Selain itu ada beberapa wisata menarik lainnya.
Gunung Luhur dan Lima Wisata Negeri di Atas Awan
Objek wisata negeri di atas awan itu bisa menjadi hal yang sangat populer untuk dikunjungi, salah satunya Gunung Luhur di Banten.
0
5 Rekening Arisan Online di Makassar Diblokir Polisi
Polda Sul-Sel menemukan sejumlah rekening yang dijadikan sebagai penampungan uang hasil penipuan arisan online.