UNTUK INDONESIA
Gunung Luhur dan Lima Wisata Negeri di Atas Awan
Objek wisata negeri di atas awan itu bisa menjadi hal yang sangat populer untuk dikunjungi, salah satunya Gunung Luhur di Banten.
Desa Mamullu yang berada di Sulawesi Barat tepatnya di Kampung Pakem, Kecamatan Pana, Mamasa. (Foto: traveltodayindonesia)

Jakarta - Destinasi wisata negeri di atas awan, pastinya memiliki daya tarik sendiri bagi para traveler. Bagaimana tidak?Sensasi panorama alamnya memberikan gambaran fantasi sendiri. 

Jadi tak salah, objek wisata negeri di atas awan itu bisa menjadi hal yang sangat populer untuk dikunjungi. 

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber sebagai rekomendasi buat kamu yang menyukai wisata negeri di atas awan. 

1. Wisata Negeri di Atas Awan Gunung Luhur

Negeri di atas awan Gunung LuhurNegeri di atas awan Gunung Luhur di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: infohotelmurahkan)

Belakangan ini, pegunungan berselimut lautan awan alias Negeri di Atas Awan Gunung Luhur, di Desa Citorek Kidul, Banten menjadi viral di media sosial. Akibatnya, wisata ini semakin menjadi banyak dikunjungi orang.   

Puncak Gunung Luhur mencapai 1.037 meter di atas permukaan laut. 

Medan di sekitar wisata itu sebagian besar berbukit, dengan titik tertinggi di sekitarnya adalah Gunung Sanggabuana yang mencapai 1.920 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan 13,3 kilometer di sebelah timur Gunung Luhur. 

Dari Jakarta, menuju ke lokasi wisata Gunung Luhur  itu membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan jarak tempuh 78 kilometer. Untuk ke sana bisa dicapai dengan menggunakan mobil sampai ke puncak. 

2. Dataran Tinggi Lolai

Dataran Tinggi LolaiDataran Tinggi Lolai terletak di Toraja, Sulawesi Selatan tepatnya di Kampung Lolai. (Foto: Instagram/@olipedelhut)

Destinasi wisata negeri di atas awan yang bisa dikunjungi ada di Dataran Tinggi Lolai, Toraja, Sulawesi Selatan, tepatnya di Kampung Lolai. 

Kampung Lolai terletak di pegunungan yang memiliki ketinggian 1.300 Meter di atas permukaan laut. Dengan kondisi tersebut, kamu dapat merasakan udara dingin dan pemandangan yang dihiasi awan.

Jika sudah di puncak, kalian tidak mampu lagi melihat dataran di kaki gunung itu. Itu karena sudah tertutup hamparan awan putih. 

Daya tarik lautan awan ini akan semakin terlihat, apabila kamu datang ke lokasi pada pukul 05.00 dini hari.

Cahaya sunrise yang terpantul awan membuat pemandangan disana akan semakin indah dan menakjubkan.

Pengunjung juga dianjurkan untuk menginap, jika ingin menikmati wisata dengan maksimal. Di sana kamu bisa membuat tenda di puncak gunung. 

Di daerah objek wisata tersebut juga terdapat Tongkrongan Lempe yang berupa tempat dengan teras di atas gunung. 

3. Desa Mamullu

Desa Mamullu di Sulawesi BaratDesa Mamullu yang berada di Sulawesi Barat tepatnya di Kampung Pakem, Kecamatan Pana, Mamasa. (Foto: traveltodayindonesia)

Jika ingin melihat negeri di atas awan, kamu bisa mengunjungi wisata Desa Mamullu yang berada di Sulawesi Barat, tepatnya di Kampung Pakem, Kecamatan Pana, Mamasa.

Daerah pegunungan di desa itu selalu diselimuti kabut dan embun. Tapi, jika ingin menikmati wisata itu dengan lebih puas, Anda bisa datang di saat suasana cerah. Karena disaat itu, kamu dapat melihat gulungan awan yang menyejukan.

Wisata ini memang masih kurang fasilitas dan tergolong masih agak liar. Jika ingin kesana, pastikan kamu membawa perlengkapan yang lengkap dan tetap waspadalah selama perjalanan ke atas perbukitan itu.  

4. Wisata Batutumonga

Wisata Batutumonga di TorajaWisata Batutumonga terletak di Lembang Suloara, Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara. (Foto: Instagram/@inthahattu)

Wisata ini juga sebagai salah satu destinasi yang bisa didatangi untuk menikmati negeri di atas awan. Lokasinya terletak di Lembang (desa) Suloara, Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara.

Objek wisata ini terletak di Lereng Gunung Sesean. Jika Anda sudah di atas puncak, pastinya mata kamu akan menikmati keindahan gulungan awan.

Wisatawan yang berkunjung ke sana pasti tidak akan menyesal dan kecewa dengan pemandangan alam yang disuguhkan itu. 

5. Bukit Banyon

Bukit Banyon di Jawa TimurBukit Banyon ini berada di perbatasan Desa Widoro dan Karanganyar, Kecamatan Gandung Sari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. (Foto: Instagram/@kriecaktrenggalek)

Wisata ini juga bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan alam negeri di atas awan yang menakjubkan. 

Bukit Banyon ini berada di perbatasan Desa Widoro dan Karanganyar, Kecamatan Gandung Sari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. 

Efek pesona bagaikan negeri di atas awan ini akan lebih jelas dinikmati pada pagi hari yaitu antara pukul 05.00 sampai 08.00. 

Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati lebih lama kabut dan awan yang masih terlihat tebal. Hal itu disebabkan karena posisi Bukit Banyon yang ada di ketinggian 1.175 Meter di atas permukaan laut.

6. Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur  BaliPura Lempuyang Luhur terletak di  Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem Bali. (Foto: Instagram/@myindonesiajourney)

Jika ingin melihat pemandangan negeri di atas awan yang dipadu dengan bangunan Pura tua, tentu kamu bisa datang ke Pura Lempuyangan Luhur. Wisata ini terletak di Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem Bali.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, Anda harus mendaki Gunung Lempuyangan. Sesampai di atas, tentu mata kamu akan dimanjakan dengan panorama pegunungan dan awan yang indah. 

Namun, hal yang mengagumkan lainnya adalah adanya Pura yang menambah pesona wisata ini. 

Di sana Anda, bisa berswafoto di antara gerbang pura dengan background awan bergulung, serta cahaya sunrise. Tunggu apa lagi, kamu tidak akan menyesal mengunjungi kawasan wisata tersebut.[] 

Baca juga

Berita terkait
Lima Wisata Alam Menyejukkan di Pekalongan
Pekalongan merupakan tempat wisata di Jawa Tengah yang berlokasi di deretan pantai utara pulau Jawa. Berikut lima lokasi wisata di Pekalongan.
Lima Destinasi Wisata Umat Kristen di Indonesia
Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, keharmonisan tersebut juga dapat dilihat dari keberagaman lokasi wisata rohani di Indonesia.
India dan Empat Wisata Murah di Luar Negeri
Ada beberapa negara yang dikenal memiliki biaya hidup murah sehingga tidak terlalu mahal untuk dikunjungi.
0
Pengamat Sebut Gerindra Bisa Jadi Koalisi-Kritis
Apabila Gerindra bergabung ke pemerintahan Jokowi, partai tersebut bisa berperan menjadi koalisi-kritis.