UNTUK INDONESIA
Enam Destinasi Wisata Salju di Musim Dingin
Musim salju menjadi momen yang tepat untuk berlibur sembari menghabiskan liburan akhir tahun.
Salju yang menutupi hutan bambu Arashiyama di Kyoto. (Foto: insidetokyo.com)

Jakarta - Beberapa wilayah di dunia akan memasuki musim salju pada akhir 2019. Tidak sedikit orang ingin memanfaatkan musim salju untuk kegiatan berlibur.

Berikut Tagar rangkum enam destinasi wisata salju di dunia.

1. Salzburg, Austria

Kota kelahiran komponis dunia, Mozart ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada saat musim salju. Ada beberapa lokasi wisata yang bisa jadi pilihan untuk didatangi yaitu di kota yang terletak di kaki Pegunungan Alpen ini. 

Disana kamu bisa kunjungi Pusat Kota Tua Salzburg yang menjadi situs warisan dunia UNESCO dan berwisata ke kastil abad pertengahan Hohensalzburg. 

Turis juga dapat mengunjungi rumah kelahiran Mozart yang terletak di Jalan Getreidegasse, pusat kota Salzburg.

Selain berwisata sejarah, Kota Salzburg memiliki beberapa resor yang menawarkan wahana ski dan olahraga musim dingin.

SalzburgPemandangan Kota Salzburg saat musim salju. (Foto: Pixabay/Gerald Lobenwein)

2. Amsterdam, Belanda

Ibu kota Belanda ini ternyata memiliki sejumlah destinasi wisata musim dingin. Setiap akhir November hingga tahun baru, kota ini mengadakan festival musim dingin yang berisi beragam acara, seperti pertunjukan cahaya lampu yang ditata sedemikian rupa. 

Dengan kepopulerannya tersebut, membuat festival ini dijuluki Amsterdam Winter Festival.

Selain mendatangi festival musim dingin di Amsterdam, kamu bisa mengunjungi kanal-kanal yang membeku untuk berselancar atau berjalan kaki. 

Hal itu merupakan fenomena langka dan hanya terjadi selama musim dingin.

AmsterdamPertunjukan cahaya dalam acara Festival Musim Dingin di Amsterdam. (Foto: amsterdamology.com)

3. Kyoto, Jepang

Kota yang berada di sebelah timur Pulau Honshu ini, biasanya setiap musim dingin dan salju selalu ramai dikunjungi turis dari dalam dan luar Jepang. 

Salju yang menutupi atap bangunan-bangunan tradisional Jepang di Kyoto membuat pemandangan di sana sangat indah dan menakjubkan, seperti di Kuil Kiyomizudera, Kinkaku-Ji, Ginkaku-Ji, dan Istana Nijo.

Banyaknya situs sejarah di Kyoto tersebut tidak terlepas dari status kota itu sebagai ibu kota Kekaisaran Jepang dari 794 hingga 1868. 

Selain mengunjungi situs-situs bersejarah, pengunjung juga dapat mendatangi hutan bambu Arashiyama yang tertutup salju.

ArashiyamaSalju yang menutupi hutan bambu Arashiyama di Kyoto. (Foto: insidetokyo.com)

4. Anhui, China

Provinsi Anhui di China memiliki sejumlah destinasi wisata di musim salju yang sayang untuk dilewatkan. Daya tarik utama daerah tersebut adalah menikmati suasana musim salju di Pegunungan Huangshan. 

Pengunungan ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. 

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Gunung Jinhua dengan kuil yang terletak di puncaknya. Wisata alam, juga dapat menjadi pilahan wisatawan untuk menikmati panorama dan sejumlah lokasi sejarah, seperti perkampungan tradisional, Xidi Gugunluo dan situs kota tua Huizhou. 

Gunung HuangshanPemandangan Pegunungan Huangshan di Provinsi Anhui, China. (Foto: chinadiscovery.com)

5. Desa Sinterklas, Finlandia

Desa Sinterklas merupakan desa wisata yang berada di kota Rovaniemi, Finlandia. Daerah ini disebut-sebut sebagai referensi tempat tinggal tokoh populer Sinterklas.

Ada sejumlah tempat wisata salju disana yang bisa kamu datangi di desa ini, seperti mengunjungi Arctic Circle, Museum Sinterklas sebagai tempat penyimpanan koleksi kendaraan salju para Sinterklas, hingga menikmati Aurora Borealis yang muncul selama 150 malam dalam setahun.

Meski desa, lokasi wisata ini memiliki letak yang strategis. Terdapat beberapa hotel berbagai kelas untuk tempat wisatawan menginap. 

Dari desa ini hanya berjarak dua kilometer menuju Bandara Rovaniemi, yang merupakan salah satu bandara tersibuk di Finlandia.

Desa SinterklasDesa Sinterklas yang berada di Kota Rovaniemi, Finlandia. (Foto: Pixabay)

6. Gapyeong, Korea Selatan

Gapyeong merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan (Korsel). Tempat ini menjadi salah satu lokasi liburan musim dingin terbesar di Korsel. 

Terdapat beberapa destinasi wisata salju unggulan di sana, seperti Danau Cheongpyeong, taman hiburan bernuansa Prancis, Petite France, atau menikmati hutan yang tertutup salju di Kalbongsan.

Selain wisata alam, ada pula lokasi wisata olahraga ski dan seluncur di Bukit Gapyeong. Setiap akhir tahun, kota ini mengadakan festival musim dingin dengan pertunjukan budaya dan lampu yang membuat suasana kota menjadi cantik untuk tempat berfoto.

Festival GapyeongFestival lampu di Gapyeong, Korea Selatan. (Foto: seoulistic.com)

Baca juga:

Berita terkait
Menjelajahi Masjid Tertua di Banten
Masjid ini diklaim merupakan yang tertua di Banten dan peninggalan Sultan Banten pertama, Sultan Maulana Hasanuddin.
Gunung Luhur dan Lima Wisata Negeri di Atas Awan
Objek wisata negeri di atas awan itu bisa menjadi hal yang sangat populer untuk dikunjungi, salah satunya Gunung Luhur di Banten.
Pinus Pengger dan 4 Wisata Instagramable di Yogyakarta
Pinus Pengger salah satu wisata Yogyakarta yang sedang hits di jejaring sosial. Selain itu ada beberapa wisata menarik lainnya.
0
Pengamat Sebut Gerindra Bisa Jadi Koalisi-Kritis
Apabila Gerindra bergabung ke pemerintahan Jokowi, partai tersebut bisa berperan menjadi koalisi-kritis.