UNTUK INDONESIA
Pinus Pengger dan 4 Wisata Instagramable di Yogyakarta
Pinus Pengger salah satu wisata Yogyakarta yang sedang hits di jejaring sosial. Selain itu ada beberapa wisata menarik lainnya.
Pinus Pengger salah satu tempat wisata di kota Yogyakarta. (Foto: Instagram/thejourneyofjogja)

Jakarta - Pinus Pengger salah satu wisata Yogyakarta yang sedang hits di jejaring sosial. Provinsi bergelar daerah istimewa ini punya banyak sekali spot menarik. Beberapa di antaranya baru diketahui berkat para traveler Instagram.

Berikut deretan tempat wisata di Yogyakarta yang kekinian dan Instagramable, telah dirangkum Tagar dari berbagai sumber:

1. Pinus Pengger

Salah satu obyek wisata malam di Yogyakarta yang hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Pinus Pengger.

Pengelola Pinus Pengger dari masyarakat sekitar telah menghias kawasan Pinus Pengger agar semakin Instagramable dengan menambahkan beberapa spot foto.

Sukses memaksimalkan potensi obyek wisata ini untuk menjadi spot wisata malam favorit yakni, sisi barat terlihat gemerlap lampu Kota Yogyakarta yang begitu indah. 

Tarif untuk menikmati keindahan malam di Pinus Pengger sangat terjangkau. Tarif masuk Rp 3.000 per orang. Ada jasa fotografer dengan tarif  Rp 4.000 per file foto yang bisa dibawa pulang.

Pinus PenggerPinus Pengger salah satu tempat wisata di kota Yogyakarta. (Foto: Instagram/thejourneyofjogja)

2. Pintu Langit Dahromo

Pintu Langit Dahromo berjarak sekitar 6,5 kilometer sebelah selatan Pinus Pengger. Lokasinya sama-sama ada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Obyek wisata ini unik, karena terdapat ornamen berupa pintu seolah menuju di langit.

Latar belakang ornamen pintu itu adalah hamparan pemandangan terbuka ke arah barat. Biasanya, obyek wisata ini mulai banyak dikunjungi dari sore hingga malam hari. Keindahan matahari terbenam dapat disaksikan di obyek wisata ini.

Saat malam tiba, gemerlap lampu Yogyakarta mulai menjadi latar belakang foto yang begitu menawan. 

Selain pintu langit, ornamen lainnya adalah piano langit. Pengunjung bagaikan sedang bermain piano dengan latar gemerlap lampu Yogyakarta dari ketinggian.

Tarif masuk obyek wisata ini adalah Rp 2.500. Tidak ada jasa fotografer, sehingga pengunjung harus membawa perlengkapan fotografi sendiri.

Pintu Langit DahromoPintu Langit Dahromo salah satu tempat wisata di kota Yogyakarta. (Foto: Instagram/voilajogja)

3. The World Landmarks Merapi Park

Terletak di kawasan Kaliurang, tak jauh dari Museum Gunung Merapi, The World Landmarks Merapi Park menawarkan pesona wisata berupa taman yang dilengkapi dengan aneka miniatur landmark dunia.

Di taman yang asri dengan udara sejuk khas pegunungan ini wisawatan bisa menyaksikan aneka landmark dunia yang berdiri dengan gagah. 

Beberapa landmark yang familiar adalah Menara Eiffel, kincir angin khas Belanda, Menara Pisa, Patung Liberty, Jam Big Ben di Kota London, dan masih banyak lagi.

Meskipun hanya miniatur landmark, tempat ini diusahakan semirip mungkin dengan kondisi di negara asalnya. Misalnya di bawah kincir angin Belanda terdapat rimbun bunga tulip.

Masing-masing landmark dipisahkan oleh taman bunga, sehingga wisatawan bisa berfoto dengan leluasa. Pastikan sebelum berkunjung ke Merapi Park gadgetmu full baterai, sebab disini semua spotnya instagramable.

Menikmati pemandangan ala luar negeri ini tak perlu mengeluarkan uang banyak. Cukup Rp 15.000 saja.

The World Landmarks Merapi ParkThe World Landmarks Merapi Park di Yogyakarta. (Foto: Instagram/jogjatrends)

4. Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan salah satu spot petualangan yang menantang di Yogyakarta. Berlokasi di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, setiap akhir pekan, spot ini selalu terlihat ramai oleh para petualang dari berbagai daerah.

Spot petualangan ini sudah dibuka dari pukul 5 pagi, dan tutup sampai jam 6 sore. Hal tersebut dikarenakan oleh fakta di mana Tebing Breksi merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat dan menikmati momen matahari terbit dan terbenam.

Tebing Breksi ini kalau dilihat-lihat, mirip dengan beberapa spot petualangan lain yang sudah terlebih dahulu populer. Sebut saja seperti Bastei Rocks di Jerman, Grand Canyon di Amerika dan beberapa spot petualangan lainnya.

Bahkan, saking unik dan keindahan alamnya yang luar biasa, beberapa tahun yang lalu, mantan Presiden Amerika, Barrack Obama hampir saja mengunjungi Tebing Breksi untuk kali pertama. Namun, dari beberapa sumber, kedatangan tersebut terpaksa dibatalkan.

Tebing BreksiTebing Breksi di Yogyakarta. (Foto: Instagram/info.di.jogja)

5. Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok KlatenUmbul Ponggok Klaten di Yogyakarta. (Foto: Instagram/umbulponggok)

Pesona kota Yogyakarta tak hanya terlihat di darat saja. Terlebih, wisata airnya juga cukup mencuri perhatian, membuat ingin berlibur kesana.

Salah satunya adalah Umbul Ponggok Klaten yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Untuk yang belum tahu, Umbul Ponggok Klaten ini dulu sebenarnya adalah sebuah sumber mata air alami yang berbentuk kolam. Karena kian hari makin populer, lokasi wisata ini kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata yang keren dan nyaman.

Meski terlihat seperti kolam, tapi bukanlah sebagai kolam renang biasa, karena disini bisa merasakan sensasi berenang bersama ikan air tawar yang berwarna-warni yang memang sudah ada sejak lama di Umbul Ponggok.

Tidak hanya itu saja, biasanya Umbul Ponggok Klaten ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan diving. Selain itu, juga bisa dijadikan sebagai tempat menikmati snorkeling atau berenang lucu disini.

Snorkelling di tempat ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan snorkeling di lautan. Karena kolam renang alami di Klaten ini adalah sebuah sumber mata air alami. Tidak ada arus atau ombak sama sekali di Kolam Alami Umbul Ponggok. Konon sudah ada sejak zaman Belanda.

Namun, belakangan ini kolam renang alami yang berukuran kira-kira 50 x 25 meter dan kedalaman antara 1,5-2++ meter ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan underwater photograpy atau fotografi bawah air untuk berswafoto dengan ikan-ikan di dasar. []

Berita terkait
Lima Tempat Wisata di Kota Madiun
Berbagai tempat wisata di Madiun yang dapat dikunjungi mulai wisata alam, budaya hingga wisata hiburan yang menyenangkan.
Lima Tempat Wisata Paling Angker di Indonesia
Namun, selain keindahan alamnya yang memukau, wisata di Indonesia juga menyimpan misteri tersendiri, seperti tempat angker atau seram.
Empat Lokasi Wisata di Aachen, Tempat BJ Habibie Kuliah
Kota kecil di sebelah tenggara Berlin tersebut ternyata memiliki beberapa lokasi wisata yang kental dengan nilai sejarah.
0
Nobel Ekonomi 2019, Penelitian Tentang SD Inpres di Indonesia
Nobel Ekonomi tahun 2019 dimenangkan tiga ekonom dari Amerika. Salah satunya mengangkat riset tentang Sekolah Dasar (SD) Inpres di Indonesia.