UNTUK INDONESIA
Lima Wisata Indramayu Daerah Asal Iis Dahlia
Kampung halaman Iis Dahlia di Indramayu menyimpan segudang wisata yang wajib dikunjungi, pesonanya tak kalah dengan wisata Indonesia lainnya.
Lima Wisata Indramayu Daerah Asal Iis Dahlia. (Foto: Instagram/pesona_ciayumajakuning)

Jakarta - Indramayu kampung halaman Iis Dahlia memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang memukau dengan wisata tersembunyi, mulai dari situs budaya, bersejarah, wisata alam, dan spot foto kekinian yang menarik untuk disambangi.

Berikut Tagar rangkumkan lima wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang di Indramayu.

1. Pulau Biawak

Pulau BiawakLima Wisata Indramayu Daerah Asal Iis Dahlia. (Foto: Instagram/ulaubiawak_indramayu)

Indramayu memiliki pulau yang dihuni biawak, di tempat ini dapat ditemukan ratusan hewan bertubuh coklat itu. Seperti dikuti dari Situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, nama pulau ini diberikan oleh Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Indramayu. 

Setiap matahari terbenam, ratusan biawak dengan panjang hingga 1,5 meter berenang ke tepian pantai untuk berburu makan. Selain itu, pulau seluas 120 hektare ini ditumbuhi pohon bakau, tempat tinggal para biawak.

Selain itu, ada mercusuar yang dibangun pada tahun 1872 dengan 16 lantai. Dari atas dapat menikmati keindahan Pulau Biawak secara keseluruhan. Kedatangan dan kepergian matahari pun akan lebih memesona apabila dilihat dari puncak mercu suar. 

2. Curug Citayam 

Curug CitayamLima Wisata Indramayu Daerah Asal Iis Dahlia. (Foto: dharmaayunagari)

Curug Citayam Indramayu berada di Desa cikawung, Indramayu. Belum banyak yang mengetahui destinasi wisata ini, karena letaknya yang sulit dijangkau. 

Jika berbicara masalah keindahan, Curug Citayam menawarkan kejernihan air yang berasal dari mata air dan kedamaian yang akan membuat hati tentram

Walau air terjun ini merupakan buatan manusia, tidak mengurangi keindahan yang ditawarkan. Bangunannya berkonstruksi semen segi empat.

Di samping kiri dan kanan dinding air terjun dipenuhi tanaman. Dinding bagian depan dibuat model relief batu besar, bentuknya indah dan menarik.

3. Situs Buyut Banjar

Situs Buyut BanjarLima Wisata Indramayu Daerah Asal Iis Dahlia. (Foto: surgaindramayu)

Situs Buyut Banjar berada di Desa Bulak Kidul Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Di tempat ini ada legenda monyet banjar yang berjumlah 41 ekor. 

Situs ini dikeramatkan masyarakat sekitar, biasanya ramai dikunjungi pada waktu tertentu, seperti malam Jumat kliwon, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Menurut cerita masyarakat sekitar, 41 ekor monyet penghuni Situs Buyut Banjar merupakan para prajurit yang terkena kutukan karena tidak mematuhi perintah dari Sang Pangeran. 

4. Pantai Tirtamaya

Pantai TirtamayaLima Wisata Indramayu Daerah Asal Iis Dahlia. (Foto: Instagram/pesona_ciayumajakuning)

Pantai Tirtamaya berada di Juntikedokan, Juntinyuat, Indramayu, Jawa Barat. Keberadaannya di dekat pusat kota, membuat mudah dijangkau dan ditemukan. 

Pemandangan yang ditawarkan disebut wisatawan sangat menawan, tak mengherankan jika betah berlama-lama menikmati pemandangan semabri bersantai.

Pantai Tirtamaya menjadi salah satu wisata favorit masyarakat Indramayu. Kondisi pantai terbilang romantis dan dramatis. Apalagi didukung dengan eksotisme matahari terbit serta sunset yang menjadi panorama yang menghibur sejauh mata memandang.

5. Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan IndahLima Wisata Indramayu Daerah Asal Iis Dahlia. (Foto: Instagram/pesona_ciayumajakuning)

Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat terletak di desa balongan, Kecamatan indramayu, Kabupaten indramayu, Provinsi jawa barat.

Biasanya, objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Pantai yang indah menjadi daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan selalu datang kembali.

Lingkungan alamnya terbilang masih asri. Meski pasir pantainya tak putih, tetapi cukup halus serta aman untuk bermain anak-anak. Di sini, bisa menikmati sunset dan sunrise, karena bibir pantai yang cukup panjang dan luas. 

Selain itu, Pantai Balongan Indah juga menyajikan kapal-kapal nelayan yang bersandar, menambah kecantikan pemandangan pantai. []

Berita terkait
Tempat wisata Bulan Madu Romantis di Belahan Dunia
Akhir tahun sangat cocok bagi pasangan suami-istri yang ingin berbulan madu (honeymoon) ke tempat wisata romantis, berikut Tagar berikan ulasannya.
Wisata Kampung Halaman UAS di Asahan Sumatera Utara
Kampung halaman UAS di Asahan, Sumatera Utara memiliki wisata alam dengan pesona alam yang menakjubkan. Destinasi pas untuk libur akhir pekan.
Terhipnotis Lima Wisata Luar Ruang Filipina
Wisata Filipina mampu menghipnotis setiap wisatawan dengan keindahan laut, gunung, dan pantai yang memiliki pasir putih yang lembut.
0
Pasien Suspek Corona asal Sibolga Meninggal di Medan
Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kota Sibolga meninggal dunia di Rumah Sakit Martha Friska Medan.