UNTUK INDONESIA
Lima Rahasia Mengatasi Ketiak Gelap
Tagar akan memberikan lima rahasia untuk memutihkan ketiak secara alami
Ketiak putih. (Foto:stylecraze)

Jakarta - Tidakkah Anda malu, saat mengenakan pakaian tanpa lengan ketiak terlihat gelap? Persoalan ketiak gelap itu hal umum dan bahkan banyak orang yang berjuang untuk menemukan solusi yang tepat.

Tapi jangan khawatir, Tagar akan memberikan lima rahasia untuk memutihkan ketiak secara alami. Berikut daftarnya yang telah dirangkum dari Medical Daily pada Kamis, 12 September.

KunyitKunyit. (Foto: Pixabay)

1. Kunyit

Selain memiliki fungsi sebagai bumbu dapur, kunyit sebenarnya bisa membantu menghilangkan ketiak gelap karena mengandung senyawa yang disebut curcumin yang berfungsi untuk menyelesaikan hiperpigmentasi dan mengatur produksi melanin.

Menurut Alivebynature, curcumin memiliki efek hormon andrenocotropic yang disekresi oleh kelenjar hipofisis yang membatasi sekresi sehingga stimulasi produksi melanin berkurang. Hal ini dapat menyebabkan kulit lebih kering.

Untuk membuat ramuan kunyit, ambil susu dingin sekitar 5-6 sendok makan pada mangkuk, kemudian tambahkan sekitar satu sendok teh kunyit. Aduk hingga bubuk tercampuir dengan sempurna.

Kemudian rendam kapas dalam larutan dan oleskan pada ketiak. Biarkan semalaman dan bersihkan pada pagi hari. Untuk hasil maksimal, lakukan secara teratur.

TomatTomat mengandung antioksidan berupa likopen yang berpean mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. (Foto: pixabay)

2. Tomat dan Gula

Buah tomat memiliki anti inflamasi yang berfungsi untuk mencerahkan kulit dan mampu mendetoksifikasi kulit.

Sementara gula berfungsi untuk membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Bahkan, bukan rahasia umum lagi jika gula banyak digunakan sebagai scrub alami yang efektif membersihkan kulit dan membuatnya halus kembali.

Baca juga: Tidak Selamanya Putih Langsing itu Cantik

Untuk membuat scrub dari Tomat dan Gula, iris tipis-tipis buah tomat, kemudian celupkan satu irisan tomat ke dalam mangkuk gula, lalu usapkan pada ketiak dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan.

Kentang dan TomatIlustrasi, dua jenis sayuran yang mengandung nikotin. (Gambar: Ist)

3. Kentang

Kentang memiliki asam ringan yang dapat diterima dengan baik oleh ketiak. Bahkan, dikatakan bahwa tanaman umbi bertepung bagus untuk alternatif pemutihan.

Untuk melakukan trik ini, iris kentang yang sudah dibersihkan. Tempelkan potongan tersebut ke bagian ketiak dan pijat perlahan. 

Gunakan sebanyak mungkin irisan dan diamkan beberapa menit sebelum dibilas dengan bersih.

MentimunCara mengonsumsi mentimun yang terbaik adalah dengan dimakan begitu saja tanpa diolah. (Foto: pixabay)

4. Mentimun

Sayuran yang disinyalir menyegarkan ini ternyata memiliki efek memutihkan kulit, karena mengandung enzim dan garam alami yang membantu perbaikan sel.

Selain itu, mentimun juga mengandung antioksidan yang baik dan pelemas otot saraf yang baik serta dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menghilangkan lingkaran hitam.

Untuk mendapat hasil yang baik, gosokan irisan mentimun di area ketiak yang gelap. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan hal ini secara teratur.

Perang OborMInyak Kelapa. (Foto: Tagar/Padhang Pranoto)

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa diketahui memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mencerahkan kulit. Minyak jenis ini memiliki antibakteri, anti inflamasi dan pelembab yang membantu meningkatkan kondisi keseluruhan dari integument.

Menurut DIY Remedies, minyak kelapa dapat mencegah akumulasi mikroba jahat pada kulit dan juga dapat mendetoksifikasi pori-pori kulit serta menghilangkan masalah kulit yang menyebabkan penggelapan.

Selain itu, kandungan vitamin E dan asam lemak jenuh juga menyehatkan kulit sehingga bisa dengan mudah menyembuhkan bekas luka dan tanda gelap.

Tidak sulit untuk melakukannya, cukup beberapa tetes minyak kelapa untuk memijat ketiak. Lakukan selama beberapa menit, lalu cuci dengan air hangat dan sabun selama 15 menit.

Untuk hasil memuaskan lakukan dua hingga tiga kali sehari. []

Berita terkait
Lima Olahraga yang Baik Buat Lansia
Berolahraga merupakan kebutuhan wajib setiap manusia. Tak terkecuali bagi orang tua, dengan melakukan rutinitas ini, tubuh akan menjadi sehat.
Lima Tips Menjaga Kesehatan Otak Bagi Lansia
Salah satu organ yang harus dijaga khususnya bagi orang lanjut usia adalah otak. Karena otak menjalankan peran kesadaran dan kemampuan berfikir.
Sensasi Bunga Kamboja untuk Perawatan Kecantikan
Bunga Kamboja erat dengan hal mistis dan kerap digunakan dalam ritual. Namun dibalik itu semua, bunga kamboja bermanfaat untuk kecantikan.
0
Pelajar Tewas di Danau Toba, Sekolah Abai Pengawasan?
Pihak sekolah membantah jika kematian Putri Margaretty Sinambela di Danau Toba akibat kurang pengawasan guru pendamping.