UNTUK INDONESIA
Sensasi Bunga Kamboja untuk Perawatan Kecantikan
Bunga Kamboja erat dengan hal mistis dan kerap digunakan dalam ritual. Namun dibalik itu semua, bunga kamboja bermanfaat untuk kecantikan.
Bunga Kamboja. (Foto: pixabay)

Jakarta - Selama ini bunga kamboja kerap dikaitkan dengan hal berbau mistis. Tetapi tidak banyak yang tahu, bunga ini ternyata dapat dijadikan sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan.

Hal itu dibenarkan FMCG Product Specialist EIG Dermal Wellness, Rizla Ridhayati Zulka yang mengatakan, bunga kamboja memiliki manfaat sebagai aktioksidan alami yang melindungi kulit dari polusi.

"Kamboja berperan sebagai antioksidan alami yang melindungi kulit dari polusi. Kulit wajah kita juga butuh perlindungan," ujar Zulka di Jakarta, Rabu, 4 September 2019.

Menurut Zulka, bunga kamboja memiliki kandungan vitamin E dan emolien yang dapat melindungi kulit dan memberi efek relaksasi, sehingga mendukung regenerasi sel kulit.

Selain itu, bunga yang warnanya indah ini juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, serta membuat kulit lebih elastis. 

Bunga yang memiliki nama latin Plumeria ini dinilai juga dapat membantu mencerahkan, melembabkan, dan menghidrasi sel, sehingga terhindar dari faktor penuaan dini.

Mengutip catatan dari berbagai sumber, selain berguna untuk relaksasi, zat tersebut juga dapat melemaskan otot dan menyehatkan kulit.

Berikut manfaat Bunga Kamboja yang telah dirangkum Tagar:

1. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Selain kandungan vitamin E dan emolin yang meningkatkan elastisitas kulit, bunga kamboja juga mengandung glukosa yang dapat melembabkan kulit, menenangkan kulit, serta mencegah kulit kering dan pecah-pecah.

2. Mencegah Iritasi

Bunga yang digunakan masyarakat Bali dalam berbagai ritual ini ternyata juga mengandung zat anti bakteri yang dapat mencegah iritasi. Dengan demikian wajah akan lebih bersih dan terhindar dari jerawat melalui pemakaian secara teratur.

3. Mencegah Penyakit Kulit

Zat anti bakteri yang terkandung dalam bunga kamboja tidak hanya mampu mengatasi iritasi, tetapi juga mampu menyembuhkan kutil dan gatal-gatal.

4. Meningkatkan Kolagen

Satu lagi manfaat luar biasa yang terkandung di dalam bunga kamboja adalah meningkatkan kadar kolagen dalam kulit yang membantu kulit tetap kenyal serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Melihat manfaat di atas, bunga kamboja memang identik dengan mistis, namun lain hal ternyata dapat dijadikan untuk perawatan kulit. []

Berita terkait
Tidak Selamanya Putih Langsing itu Cantik
Perempuan cantik selama ini lekat dengan kulit putih, rambut panjang, memiliki tinggi semampai layaknya model. Namun hal tersebut terbantahkan.
Kulit Kering, Yuk Buat Masker Wajah dari Pisang
Mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya menggunakan masker pisang.
Rambut Kok Menyebabkan Jerawat di Wajah?
Coba tunjuk tangan, siapa yang seringkali malas untuk keramas? Tahukah Anda, sebenarnya kebiasaan menjaga kebersihan rambut mempengaruhi wajah?
0
Wacana Penghapusan Izin Mendirikan Bangunan
Pengamat Properti sekaligus Direktur Indonesia Property Watch Ali Tranghanda tidak menyetujui rencana pemerintah hapus aturan IMB.